jakarta macet hari ini

Populasi Motor di Indonesia, Terbanyak di Dunia… Ngerii…!!

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada sumber yang mengatakan bahwa populasi motor di Indonesia menjadi yang terbanyak di dunia. Data tersebut jika dihitung dari perbandingan antara jumlah motor dengan jumlah manusia-nya.

Betul Om… Menurut data asosiasi produsen kendaraan Jepang (JAMA), jumlah motor di Indonesia 2019 adalah 1:2… Yaitu satu unit motor berbanding dua orang pengendara. Sementara angka rata-rata dunia, 1 motor berbanding 5,5 orang pengguna.

Sedangkan di beberapa negara lain yang jumlah populasi sepeda motor-nya cukup banyak, pun perbandingannya masih di bawah Indonesia. Seperti misale jumlah motor di Thailand dan Malaysia.., disana perbandingan populasinya adalah 1:3.

Pokoke intinya, populasi motor terbanyak di dunia adalah di Indonesia.

Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia 162,3 Juta Unit, Lebih dari Separuh Populasi Manusianya…

Tapi itu kalau dihitung dari perbandingan antara jumlah kendaraan dengan jumlah populasi jiwa-nya. Sementara jika dilihat dari total volume penjualannya, egara dengan populasi motor terbanyak adalah China dan India.

Berikut ini perbandingan populasi motor dengan pengguna, dibeberapa negara:

Negara Jumlah Motor Jumlah Orang
Indonesia 1 2
Thailand 1 3
Malaysia 1 3
Yunani 1 6
Italia 1 7
Jepang 1 12
Belanda 1 13-14
Jerman 1 13-14

Nah, jelas kan Om… Dari data diatas, tampak bahwa jumlah motor terbanyak di dunia secara perbandingan jumlah populasi adalah Indonesia. Sementara Jepang yang punya brand-brand besar, justru disana jarang orang pakai motor. Perbandingan populasinya hanya 1:12.

Lebih jarang lagi di negara-negara maju seperti Belanda dan Jerman. Jumlah populasi sepeda motor di kedua negara tersebut adalah 1:13-14.

Tapi itu negara-negara maju ya Om… Tidak bisa disamakan dengan Indonesia, China dan India.

Secara volume penjualan motor, Indonesia berada di urutan ke-3 setelah China dan India.

Om Bro… Dalam beberapa dekade ini, jalanan di berbagai kota di Indonesia dipadati oleh kendaraan roda dua. Dan dalam beberapa tahun terakhir ini, motor model matic yang dominan di pasar tanah air.

Indonesia memang belum seperti negara-negara maju semisal Jepang, Belanda dan Jerman. Tingkat kemakmuran rakyat Indonesia belum seperti mereka… Fasilitas transportasi umum di Indonesia pun belum sebaik negara-negara tersebut.

Lantaran transportasi umum yang mahal dan belum nyaman seperti di negara-negara maju.., maka masyarakat di Indonesia lebih memilih sepeda motor sebagai moda transportasi favorit.

Alasannya simple… Yaitu karena dengan sepeda motor, perjalanan bisa ditempuh dengan lebih cepat, lebih praktis dan lebih efisien.

Akibatnya, kepadatan populasi sepeda motor di Indonesia sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir ini. (Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar