penjualan mobil lmpv februari 2018

Pilihan Mobil Bekas 2018, LMPV dan LCGC Masih Menjadi Primadona

Motorisblog.com – Pilihan mobil bekas 2018. Om Bro…!! Ada beberapa hal yang sejujurnya Mtb baru tahu. Salah satunya ialah perkara jual beli dan harga mobil bekas yang ternyata cukup ramai peminat, terutama untuk kelas entry level dan LCGC. Mtb juga baru tahu kalau ternyata merk Eropa dan Amerika justru kurang di minati oleh pasar mobil bekas.

Ya… maklum selama ini Mtb hanya fokus pada bahasan motor… jadi tidak begitu faham akan dunia persilatan mobil. Dan sekarang ini ceritanya lagi belajar membahas mobil nih, Om Bro… jadi mohon maklum kalau ada salah-salah Mtb dalam pembahasan.

Om Bro…!! Jaman telah banyak berubah. Dimasa lalu yang lalu banget, umumnya orang-orang berjalan kaki. Sepeda onthel hanya milik orang kaya. Kemudian jaman berubah… sepeda onthel menjadi hal lumrah dan sepeda motor menjadi barang mewah. Namun sekarang… sepeda motor dan mobil entry level sudah menjadi hal biasa di dunia otomotif.

Selalu ada mobil baru tiap tahun… namun begitu, versi bekasnya pun tak pernah sepi dari peminat. Alasannya katanya karena harga yang lebih bersahabat, juga tidak perlu inden lama untuk memboyong si mobil ke rumah. Itu bagi si konsumen…

Kemudian bagi penjual pun, konon jual beli mobil bekas lebih menguntungkan dibanding mobil baru. Begitu kata Pak Diky. Atasan Mtb saat bekerja di PT.Panjunan Banjar beberapa tahun lalu. Pak Diki bisa bicara seperti itu karena dia pernah juga bekerja di bidang itu.

Cerita lain Mtb dapatkan dari viva.co.id yang bersumber dari Herjanto Kosasih, Senior Manager WTC Mangga Dua. Menurutnya, mobil bekas asal Eropa dan Amerika kurang di minati konsumen dan pedangang. Alasannya karena perputarannya lebih lambat. Lakunya lebih lama, sedangkan modalnya lebih besar. Lain dengan mobil bekas merk Jepang yang lebih laku karena didukung melimpahnya suku cadang.

Perkara jenisnya, mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) merupakan salah satu yang ramai peminat. Penyebabnya jelas, selain harga lebih terjangkau, dari sisi efisiensi bahan bakar pun lebih hemat.

Setidaknya ada 4 model LCGC yang ramai peminat saat ini, ialah Calya, Sigra, Agya, dan Ayla.

Kisaran harganya bervariasi. Calya kalau versi yang paling lengkap di kisaran Rp120 sampai Rp130 juta untuk yang produksi tahun 2016. Sigra di kisaran Rp100 juta – Rp110 juta, sedangkan Agya dan Ayla bekas di kisaran Rp80 jutaan untuk yang produksi tahun 2016.

Kalau Datsun harganya bisa lebih murah lagi… tapi jumlah peminatnya tidak terlalu banyak.

Cerita lain di bawa oleh mobil pabrikan China, Wuling Confero S. Dia berhasil menarik perhatian banyak kalangan karena harga yang lebih murah dibanding kompetitor. Tapi kalau sudah berstatus bekas, ternyata Wuling Canfero S tidak banyak diminati konsumen. Padahal penurunan harganya cukup banyak. Bisa sampai Rp15 juta dari harga barunya.

Penurunan harga senilai Rp15 juta tersebut bagi Wuling terbilang cukup besar. Soale banderol untuk unit barunya saja sudah terbilang murah.

Nah… Om Bro…!! Puncak bahasan Mtb kali ini bermuara pada Mitsubishi Xpander. Pasalnya, dia merupakan salah satu magnet di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2017. Dan benar saja… pada bulan Februari 2018 kemarin ini, XPander berhasil menggulingkan kekuasaan Avanza di kelas LMPV. Bahkan hingga saat ini pesanan Xpander masih ada puluhan ribu unit yang belum terkirim ke konsumen.

Dan karena indent unit baru cukup panjang, maka peminat Xpander bekas pun sangat banyak. Alasannya ya karena mereka enggan menunggu inden.

Lalu pertanyaannya, kenapa mobil yang baru meluncur kok sudah dijual lagi oleh pemilik lamanya?

Yang jelas bukan karena mutu yang payah…

Alasan yang paling umum ada 3 faktor,

. Karena butuh uang,
. Karena bosan setelah mencoba,
. Karena si pembeli hanya memanfaatkan mobilnya untuk membuat cetakan aksesori, semisal spoiler atau pun yang lainnya.

Nah… keuntungannya jika Om Bro membeli Xpander bekas, rata-rata kondisinya masih sangat bagus. Hal itu karena usianya yang masih sangat baru sehingga sangat jarang yang bekas tabrakan. Namun begitu, perkara harga, Xpander terbilang cukup bertahan. Meski statusnya bekas, namun harganya tidak berbeda terlalu jauh dibanding unit baru-nya. Kisaran perbedaannya hanya Rp10 jutaan saja…

Dan sebagai gambaran, berikut ini Mtb sajian daftar harga Xpander dalam kondisi baru untuk on the road Jakarta,

. Xpander Ultimate A/T – Rp250.4 juta,

. Xpander Sport A/T – Rp242.2 juta,

. Xpander Exceed A/T – Rp230 juta,

. Xpander Exceed M/T – Rp219.6 juta,

. Xpander GLS M/T – Rp213.6 juta,

. Xpander GLX M/T – Rp194.6 juta. (Khusus warna Quatz White Pearl, harganya lebih mahal Rp1.500.000). (Mtb – Pilihan mobil bekas 2018).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar