honda vs yamaha

Pilih Yamaha atau Honda? Pahami Kelebihan & Kekurangan

Advertisement

Motorisblog.com – Pilih Yamaha atau Honda?? Begitu kira-kira pertanyaan Mtb dulu banget saat hendak beli motor yang pertama kali. Hingga dari pertanyaan itulah akhirnya Mtb mengamati motor-motor entry level dari kedua brand tersebut.

Advertisement

Di tahun 2013 lalu saat seorang teman penunggang Mio Soul melihat tunggangan baru Mtb, dia mencibir. Dia bilang, “Spacy jelek, gendut”.

Mtb sih pasrah saja karena memang iya… Spacy jelek.

Mtb kredit Spacy bukan karena bagus tapi karena saat itu murah pisan DP-nya…

Tapi yang membuat Mtb kaget ialah saat dia mengatakan bahwa Vario 125 juga jelek dan lebih bagus Mio Soul (generasi pertama).

Nah… disini Mtb mulai curiga. Sepertinya ini orang fanatik merk nih… Maka kemudin Mtb lanjut test dia. Mtb katakan bahwa sebelumnya Mtb test ride Mio J dan suspensi Mio J itu keras dan getaran mesinnya terasa sampai setang.

Eh… dia tanggapannya begini:

“Ah, kamu test ride motor yang udah bodol kali… yang shock-nya udah mati. Kalo mau test motor baru dong, yang baru keluar dari dealer”.

Lah… padahal Mio J yang Mtb jajal juga motor kinyis-kinyis yang baru turun dari dealer.

Nah… bener ketahuan kan… Dia fanatik merk… tidak tahu karakter motor-motor entry level Yamaha yang selalu pakai suspensi stiff… juga tidak tahu karakter motor-motor Honda yang jok-nya sekeras papan penggilesan

… dan lain sebagainya.

Pilih Yamaha atau Honda?? Pahami Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

Kelebihan Motor Honda

Merk Honda dalam kiprahnya didunia persilatan roda dua, tidak pernah pamer performa mesin pada iklan produknya di kelas entry level.

Sejak jaman generasi bebek Astrea hingga kini, iklan motor Honda entry level selalu selow… tidak sekali pun membuat iklan yang motornya ngebut.

Honda astrea star 1989

Dan memang bukan disitu keunggulan motor-motor Honda di kelas low end.

Honda vs Yamaha Bagus Mana? Inilah 7 Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan Keduanya

Jadi apa kelebihan motor Honda??

Kelengkapan Fitur

Sejak tahun 2006 di era Vario Karbu generasi Pertama, Honda sudah mulai menawarkan motor komersil dengan fitur yang terbilang lengkap dibanding produk-produk kompetitor saat itu.

Hingga sekarang… lebih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan Honda pada lini produk menengah ke bawah…

Selain itu Honda juga tetap mempertahankan karakter suspensi lembut yang nyaman… juga telah mengaplikasikan teknologi enhanced Smart Power (eSP) yang diklaim semakin menghemat pemakaian bahan bakar dan menaikkan tenaga yang mesin.

Honda juga mendahului kompetitor dalam pengaplikasian beberapa fitur modern di kelas low end, diantaranya:

  • ACG Starter
  • Parking Brake Lock System
  • Side Stand Switch
  • Answer Back System
  • Idling Stop System (ISS)

dan lain-lain…

Kelebihan Motor Yamaha

Sementara Yamaha sejak beberapa tahun silam sudah mulai memperkenalkan teknologi Die Alumunium Cilicon (Diasil) Cylinder dan Forged Piston yang dikalim mampu meningkatkan performa dan durabilitas mesin motor.

Sesuai dengan namanya, silinder pada mesin Yamaha dibuat dari campuran bahan alumunium dan silikon. Silinder model ini diklaim 3 kali lebih awet dari silinder biasa.

Sementara Forged Piston adalah piston yang dibuat dengan cara di tempa… bukan dicetak seperti pada umumnya.

Advertisement

Perpaduan antara Diasil Cylinder dan Forged Piston ini diklaim dapat meningkatkan daya tahan komponen tersebut dibanding silinder dan piston konvensional… bahkan Yamaha berani memberikan garansi selama 5 tahun untuk dua komponen tersebut.

Selain itu Yamaha juga menciptakan tandingan teknologi eSP punya Honda melalui teknologi yang diberi judul ‘Blue Core’.

Emblem blue core yamaha

Prinsip dasar dari Blue Core adalah sama dengan eSP punya Honda… yaitu mengurangi friksi antar komponen di dalam mesin, sehingga power mesin meningkat dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Kelebihan Blue Core vs eSP, Ternyata Sama saja dengan Teknologi 1990-an

Lebih dari itu Yamaha juga membrojolkan teknologi Variable Value Actuation (VVA) yang diklaim mampu membuat torsi merata disemua putaran mesin.

Perkara kelengkapan fitur, Yamaha juga sekarang sudah tidak ketinggalan lagi… Fungsi-fungsi setara kompetitor juga telah diaplikasikan oleh Yamaha… misale:

  • Fitur SSS yang seperti ISS punya Honda
  • Starter Yamaha yang juga bersuara senyap
  • Side Stand Switch
  • Pengunci Rem Belakang

dan sebagainya…

Komparasi Lebih Lengkap

Brand Image… Pilih Yamaha atau Honda??

Meski setelah tahun 2011 hingga pertengahan 2018 lalu data AISI menunjukkan kemerosotan penjualan motor Yamaha, namun secara brand image Yamaha di Indonesia tidaklah luntur. Yamaha tetap membayang-bayangi image Honda di tanah air.

Melihat Data AISI 2017 Mundur Hingga 2005, Seharusnya Yamaha Bisa Menjungkalkan Honda

Karena brand image yang sebanding, maka keduanya punya keseimbangan dalam banyak hal… diantaranya:

  • Resale value
  • Jaringan bengkel resmi
  • Ketersediaan spare part
  • Performa mesin
  • Durabilitas (keawetan produk)

dan lain-lain…

Kesimpulan

Jika melihat dari perbandingan di atas, untuk produk entry level dari keduanya memang tidak ada perbedaan yang signifikan.

Perbedaan yang lumayan terasa hanya pada karakternya saja… dimana Honda lebih lembut suspensi dan redaman getar mesinnya, sementara Yamaha relatif lebih responsif mesinnya.

Selain itu dikelas yang setara, Yamaha memang selalu memberi kubikasi mesin (cc mesin) yang lebih besar.

Tambahannya… disayangkan kelembutan suspensi dan peredam getar Honda harus disambut dengan permukaan jok yang keras. Sedangkan Yamaha yang joknya empuk, malah suspensinya keras.

Yo wiss… itu doang.

Jadi kalau Om Bro bingung pilih Yamaha atau Honda untuk dibeli, Mtb rasa konsentrasi pertimbangannya hanya disitu saja… Om Bro tinggal pilih mau yang lembut ya pilih Honda, kalau mau yang agresif ya pilih Yamaha.

Kalau perkara desain itu sih selera ya Om… Tergantung selera Om Bro yang enak dipandang mata itu yang mana…

Kalau masih kurang yakin, test ride dulu beberapa motor dari kedua merk itu supaya tahu ergonomi dan riding position-nya… Terus dirasakan feel-nya yang mana yang lebih cocok dengan karakter Om Bro masing-masing. (Mtb).

Advertisement

2 komentar untuk “Pilih Yamaha atau Honda? Pahami Kelebihan & Kekurangan”

  1. Bagus ulasan pean,,,tiap kelas ada juaranya,n pilihan kita sama siapa juaranya
    ,tapi selera g bisa dibantah tiap orang berbeda,kebanyakan masyarakat sekarang masih tetep keukeh pada brand n g semua mengerti tentang performa,n sebagian besar pilihan jatuh pada kenyamanan,

    1. Iya, Om Bro. Saya suka geli kalo ada orang uang fanatik merk. Gara-gara fanatik merk jadi cinta buta. Di kasih produk “ancur” juga masih di sembah-sembah. Kita yang waras mah lihat produk-perproduknya aja. Ngga peduli merk, selama produknya bagus, nyaman, perawatan mudah, ya di jabanin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *