Peugeot Metropolis Allure 2019 Harga dan Spesifikasi

Motorisblog.com – Om Bro…!! Brand asal Perancis ini sempat memperkenalkan beberapa produknya di ajang IMOS 2018 lalu. Salah satunya ialah skutik bongsor Peugeot Metropolis Allure 2019. Yup… Skutik roda tiga yang masuk ke dalam segmen premium dengan desain khas Eropa.

Spesifikasi Peugeot Metropolis Allure 2019

Berat Kendaraan
. 256 kg

Tipe Mesin
. 4-tak SOHC 4 katup

Kapasitas Silinder
. 400cc

Power Maksimum
. 35,6 tk/7.200 rpm

Torsi Maksimum
. 38,1 Nm/5.750 rpm

Dimensi
. Panjang 215,2 cm
. Lebar 77,5 cm
. Tinggi 145 cm

Tinggi Tempat Duduk
. 78 cm

Ukuran Ban
. Depan 110/70-13
. Belakang 140/70-14

Rem Depan
. Cakram 230 mm

Rem Belakang
. Cakram 240 mm

Sistem Rem
. ABS

Suspensi Depan
. Hidrolik mono-shock

Suspensi Belakang
. Double adjustable shock

Kapasitas Bagasi
. 17 liter + 30 liter

Kapasitas Tangki Bahan Bakar
. 13 liter

Sistem Transmisi
. CVT

Fitur
. DRL LED
. Jok lebar
. Bagasi lega
. Pengaturan 4-level suspensi belakang
. Tombol pembuka jok
. Panel meter analog-digital
. Tilt Wheel System
. Tire Presure Monitoring System (sensor tekanan angin ban)
. Combi Brake System
. 3-riding Mode

Peugeot Metropolis Allure 2019 Harga

. Rp274 juta

Pilihan Warna
. Cokelat
. Silver
. Hitam

Review Peugeot Metropolis Allure 2019

Dilihat dari lekuk-lekuk tubuhnya, Peugeot Metropolis Allure 2019 nyaris seperti Django… Khas Eropa pisan lah ya Om… Bodinya cukup gambot, memastikan bahwa dia membutuhkan ruang parkir yang mumpuni, bahkan mungkin setara dengan ruang parkir khusus moge.

peugeot metropolis allure 2019

Bagian batok kepalanya diberikan windshield bening. Ketinggian winshield-nya dapat diatur secara manual, sesuai dengan kebutuhan berkendara Om Bro masing-masing. Sayangnya tidak ada dudukan plat nomor depan disana. Jadi kesannya belum disesuaikan untuk pasar Indonesia.

peugeot metropolis allure 2019

Pada kolong dada bagian depan Peugeot Metropolis Allure 2019 diberikan DRL LED. Lokasinya berada di tengah antara kedua roda depan dengan posisi tegak lurus. Tak hanya itu, area depan juga di rias dengan headlamp halogen dan grille selaiknya sebuah mobil.

peugeot metropolis allure 2019

Joknya tampak lebar dengan sandaran mungil di bagian belakang posisi pengemudi dan pembonceng. Tampak nyaman digunakan dalam perjalanan jauh.

Di area buritan terdapat behel berwarna silver berdesain menyatu dengan bodi. Sementara di antara behel tersebut terdapat area datar yang tersambung ke area bagasi dan dapat digunakan untuk memposisikan box. Atau jika pun tidak dipasangi box, area datar tersebut dapat digunakan untuk menyimpan sebuah helm. Penyimpanan helmnya pun aman lantaran dapat dikunci.

Sedikit ke bawah dari area flat tersebut terdapat stoplamp dengan model terpisah di sisi kiri-kanan. Menambah kesan besar dari desain yang memang sudah besar. Kemudian di sisi kanan-bawah terdapat knalpot berdesain minimalis…

Dalam hal membuka bagasi, Peugeot Metropolis Allure 2019 memberikan kemudahan dengan adanya tombol pembuka jok di sisi depan. Kapasitas bagasinya pun super lega. Bisa muat dua helm dan tas sekaligus.

Beralih ke area stang, disana ada berbagai tombol pengaturan. Misale saja di sisi kiri ada tombol pengaturan headlamp, lampu sein, dan juga tombol klakson. Sementara di sisi kanan ada tombol pengatur menu MID, tombol lampu jauh-dekat, serta tombol pengatur sistem Tilt Wheel. Dan di area tengah setang ada tombol parking brake.

Dashboard-nya memadukan desain retro-modern khas eropa. Speedometer dan tachometer-nya masih model analog, sedangkan panel digital LCD-nya memuat informasi bahan bakar, suhu mesin, odometer, rata-rata konsumsi bahan bakar, suhu udara saat berkendara, serta Tire Presure Monitoring System (sensor tekanan angin ban).

Terdapat pula rem kaki di sisi kiri, yaitu tuas kombinasi rem depan-belakang.

Kapasitas tangki bahan bakar Peugeot Metropolis Allure 2019 cukup besar. Karenanya Om Bro tidak perlu sering-sering mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar saat dalam perjalanan jauh.

Ketika berkendara, pada kondisi diam Om Bro harus mengaktifkan fitur ‘Tilt Wheel’. Fungsinya ialah untuk mengunci suspensi roda depan agar motor dapat berdiri pada posisi tegak. Fitur ini amat bermanfaat ketika Om Bro berkendara di kemacetan lalu lintas. Kaki tidak harus turun lantaran motor dapat berdiri tanpa menggunakan standar.

Fitur Tilt Wheel akan otomatis non-aktif saat grip gas diputar dan motor melaju pada kecepatan di atas 5 km/jam. Selain itu Om Bro juga dapat menonaktifkannya secara manual via tombol kontrol yang tersedia.

Peugeot Metropolis Allure 2019 mengusung fitur 3-mode berkendara. Ketiganya dibeda-kan dari fungsi ‘Traction Control’ yang memuat pilihan OFF, sport dan urban.

Om Bro…!! Di dunia persilatan skutik roda tiga, pemainnya tidak begitu banyak. Menurut penulusuran Mtb, hanya ada Yamaha Niken, Can-am Spyder, Piaggio MP3, dan Peugeot Metropolis ini… Iya wajar sih Om… Secara segmen ini belum memiliki banyak peminat. Para produsen pun baru bermain di kelas premium saja… Kelas dimana hanya sedikit kalangan yang mampu dan mau membelinya. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: