Apakah Pertamax Turbo Bisa Membersihkan Mesin? Begini

Motorisblog.com – Om Bro! Ada perbedaan pemahaman yang Mtb dapati tentang rasio kompresi mesin berbanding oktan bahan bakar. Selain itu ada juga pertanyaan tentang apakah Pertamax Turbo bisa membersihkan mesin.

Pertamax Turbo untuk motor apa?

Pertanyaan seperti itu juga pernah Mtb dapati. Karena tidak semua orang memahami tentang rasio kompresi mesin dan oktan bahan bakar.

Secara singkat, spesifikasi Pertamax Turbo menjadi yang tertinggi ketimbang Pertamax dan Pertalite, namun lebih rendah dari Pertamax Racing.

Begini urutannya.

ProdukRON
Premium88
Pertalite90
Pertamax92
Pertamax Turbo98
Pertamax Racing100

Namun untuk produk Pertamax Racing, ia bukan produk komersil. Yang umum tersedia melalui dispenser SPBU Pertamina hanya Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo saja.

Apakah Pertamax Turbo Bisa Membersihkan Mesin?

Menurut klaim dari pihak produsen, yaitu PT Pertamina, katanya Pertamax Turbo mampu membersihkan hingga 80% kerak dalam ruang bakar. Sedangkan Pertamax 92 hanya mampu membersihkan sebanyak 20% saja.

Jika klaim tersebut benar, maka performa mesin akan selalu terjaga lantaran ruang bakar yang selalu bersih.

Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo

Secara nilai oktan, Pertamax Turbo punya angka RON yang lebih tinggi ketimbang Pertamax. Singkatnya, Pertamax Turbo punya mutu produk lebih baik ketimbang Pertamax.

Pertamax Turbo untuk Mobil Apa / Motor Apa?

Secara singkat, mobil yang cocok pakai Pertamax Turbo adalah kendaraan yang sudah berteknologi tinggi, misalnya sudah menggunakan sistem Turbocharger dan sebagainya.

Tapi Mtb tidak terlalu mencari informasi yang lebih spesifik lantaran fokus bahasan Mtb kali ini bukan ke arah situ.

Harga Pertamax Turbo

Saat Mtb menyusun tulisan ini, banderol Pertamax Turbo ada pada nominal Rp9850 perliter. Hanya selisih Rp850 ketimbang Pertamax RON 92 yang ada pada angka Rp9000.

Dengan selisih yang hanya sedikit itu Mtb rasa harga Pertamax Turbo masih cukup terjangkau.

Kompresi Pertamax Turbo

Menilik nilai RON yang mencapai angka 98, jelas produk Pertamax Turbo sangat cocok untuk mesin dengan rasio kompresi tinggi. Namun pada penggunaan harian yang Mtb lakukan, media kendaraan yang Mtb gunakan hanyalah skutik entry level Honda Spacy FI 2013 yang sudah sedikit naik rasio kompresinya.

Yup. Rasio kompresi standar Honda Spacy FI 2013 adalah 9.2:1. Namun motor Mtb ini sudah overbore 0.25 mm sehingga rasio kompresinya sedikit naik menjadi 9.3:1.

Kapasitas silindernya juga sedikit naik dari 108.04cc menjadi 109.11cc.

Begini datanya.

ParameterSpesifikasi AsalSpesifikasi Baru
Bore × Stroke50 × 55 mm50.25 × 55 mm
Kapasitas Mesin108.04cc109.11cc
Kapasitas Ruang Bakar11.74cc11.74cc
Rasio Kompresi9.2:19.3:1

Untuk lebih detailnya, silahkan Om Bro baca tulisan Mtb tentang cara menghitung cc motor.

Efek Pertamax Turbo

Dulu Mtb menganut aliran yang mengatakan bahwa bahan bakar (BBM) RON tinggi hanya cocok untuk mesin dengan rasio kompresi tinggi saja. Tidak cocok untuk mesin dengan rasio kompresi rendah. Karenanya motor Honda Spacy milik Mtb ini sejak awal selalu Mtb kasih minum BBM Premium atau Pertalite saja.

Ketika usia motor sudah menginjak tahun ke 8 dan performa mesin sudah banyak menurun, Mtb mulai menjajal BBM Pertamax 92 dan Pertamax Turbo 98.

Hasilnya?

  • Langsam motor jadi stabil
  • Mesin yang dulunya sering mati mendadak, sekarang tidak pernah terjadi lagi
  • Akselerasi awal jadi lebih gesit
  • Performa dan tenaga mesin jadi lebih ngisi dari rpm rendah hingga putaran atas

Menurut teori Mtb, kenaikan performa mesin yang Mtb rasakan bukan hanya karena angka RON yang lebih tinggi saja, tapi juga karena efek pembersihan mesin.

Betul Om. Teorinya, jika benar klaim dari pihak produsen bahwa Pertamax Turbo mampu membersihkan hingga 80% kerak dalam ruang bakar, maka performa mesin akan naik. Karena dengan kondisi ruang bakar yang bersih, maka pembakaran akan jadi sempurna sehingga keluaran tenaga jadi lebih optimal.

Selain itu Mtb juga menggunakan oli Pertamina Enduro Matic V yang konon mampu membersihkan ruang mesin dan katup secara lebih baik berkat sertifikasi AP SN yang ia kantongi.

Jadi teorinya, dengan kombinasi Pertamax Tubo dan oli Enduro Matic V, maka ruang bakar, ruang mesin dan katup / klep jadi lebih bersih.

Dengan kondisi dalaman mesin bersih, maka tentu performa motor akan jadi lebih maksimal.

Pertamax Turbo untuk Motor Beat?

Menurut logika Mtb, ketika Pertamax Turbo mampu memberikan performa baik pada Honda Spacy, maka ia pun akan memberikan hasil yang sama terhadap Honda Beat. Karena mesin Honda Spacy tidak terlalu jauh berbeda dengan Beat.

Meskipun sekarang Honda Beat 2020 sudah mengalami upgrade mesin dari basis Honda Genio, namun selisih kapasitas mesinnya tidak terlalu banyak.

Apalagi sekarang rasio kompresi mesin Honda Beat sudah naik dari 9.5:1 menjadi 10.0:1, tentu ia lebih cocok menggunakan bahan bakar RON tinggi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo ketimbang Premium dan Pertalite. (Mtb).

Tinggalkan komentar