spesifikasi honda pcx hybrid

Perlukah Sepeda Motor Hybrid Indonesia Sebelum Masuk Era Motor Listrik??

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Entah sudah ada yang lain atau belum, tapi untuk brand besar saat ini, sepeda motor hybrid Indonesia baru ada dari brand Honda saja…

Advertisement

Yup… Motor hybrid Honda tersebut adalah PCX Hybrid…

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, perlukah di galakkan adanya motor hybrid di Indonesia sebelum nanti menuju motor bertenaga listrik secara penuh??

Om Bro… Aturan mengenai kendaraan listrik telah dikeluarkan melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan. Tapi begitu, regulasi saja tidak akan cukup untuk memajukan popularitas kendaraan listrik di Indonesia. Harus didukung dengan infrastruktur yang memadai, juga harus dibarengi dengan strategi untuk mengubah minat masyarakat dari mengendarai kendaraan bermesin bakar ke arah kendaraan bermesin listrik.

Bagi beberapa produsen mobil, salah satu cara yang mereka tempuh untuk mengarahkan mindset masyarakat ke arah kendaraan listrik ialah dengan menciptakan mobil semi-listrik alias mobil hybrid atau plug-in hybrid.

Mesin hybrid adalah kombinasi dari mesin bakar dan mesin listrik… Sementara teknologi plug-in hybrid adalah mesin hybrid dengan kapasitas baterai yang lebih besar dan lebih kuat. Contohnya Mitsubishi Outlander PHEV yang kapasitas baterai hybridnya bahkan bisa dijadikan sebagai sumber listrik cadangan bagi kebutuhan listrik rumah tangga ketika terjadi mati lampu.

mitsubishi outlander phev

Contoh lain mobil-mobil hybrid dari beberapa pabrikan misalnya Toyota All New Camry Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, Prius Plug-in Hybrid dan Honda CR-Z Hybrid.

Advertisement

Selanjutnya kembali lagi pada pertanyaan awal, perlukah perusahaan roda dua menciptakan motor hybrid untuk menumbuhkan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik??

Menurut Sutjipto Atmodjo (Direktur Marketing PT Triangle Motorindo (produsen motor Viar)),, ternyata langkah tersebut tidak perlu dilakukan Om…

Karena apa??

Kerena konstruksi motor lebih simple dibanding mobil. Jadi untuk kendaraan roda dua, bisa langsung saja menuju motor listrik baterai murni… Tidak harus memproduksi dahulu motor hybrid sebagai alat transisi dari teknologi mesin pembakaran dalam (ICE) ke teknologi mesin listrik.

Dengan begitu, biaya untuk riset dan pengembangan pun jadi tidak akan terlalu besar. (DetikOto, 23/8/2019).

Di Indonesia sendiri untuk saat ini sudah ada beberapa merk motor listrik. Salah satunya adalah Viar Q1…

new viar q1 2019

Selain Viar Q1, ada juga motor listrik karya anak bangsa yang diberi judul ‘Gesits’. Tapi sayangnya hingga saat ini motor listrik Gesits belum kunjung memasuki tahapan produksi massal…

motor listrik gesits di iims 2019

Tapi pun begitu,, meskipun di atas ada pandangan bahwa “tidak harus” ada motor hybrid, tetap ada salah satu pabrikan yang menelurkan motor hybrid.

Iya Om… Honda buktinya. Dia memboyong PCX Hybrid untuk di pasarkan di Indonesia, selain juga PCX Electric tentunya…

honda pcx hybrid 2019

Yup… Honda punya produk PCX berteknologi hybrid. Teknologi untuk mendongkrak performa motor saat berakselerasi. (Mtb – Motor Honda Hybrid Indonesia).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *