Perkiraan Biaya Mudik Jakarta Surabaya dengan Mobil Pribadi

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Dengan adanya tol Transjawa, biaya mudik Jakarta Surabaya pun jadi lebih bisa di prediksi kisarannya… Khususnya bagi pengguna mobil pribadi.

Advertisement

Sebenarnya, biaya mudik dengan mobil pribadi bisa jadi lebih mahal dibanding angkutan umum. Tapi pun begitu, membawa kendaraan sendiri jelas lebih fleksibel bagi kita. Terutama setelah kita tiba di kampung halaman tercinta, disana kita akan membutuhkan kendaraan pribadi. Kita butuh alat transportasi untuk bersilaturahmi ke rumah saudara-saudara yang agak jauh letaknya.

Jadi, berapa sih perkiraan biaya mudik Jakarta Surabaya??

Menurut perencana keuangan, Andi Nugroho (DetikOto, 17/5/2019), setidaknya ada 4 poin yang harus Om Bro persiapkan. Yaitu ongkos bensin, ongkos tol, biaya makan selama dalam perjalanan, dan biaya cadangan darurat.

Simulasi Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi (Jakarta – Surabaya)

Hokeh, kita buat simulasinya dalam angka perkiraan Om…

1. Biaya Tol
Menurut data BPJT, biaya tol Transjawa untuk perjalanan Jakarta ke Surabaya adalah Rp675.500. So… Saldo e-toll card punya Om Bro harus lebih dari nominal tersebut…

2. Bahan Bakar
Perkiraan konsumsi bahan bakar…

Kita ambil contoh konsumsi bahan bakar low MPV semisal Avanza, dengan asumsi konsumsi sebesar 12,5 km/liter.

Dengan jarak Jakarta – Surabaya yang sejauh 759,61 km, maka konsumsi bensinnya ialah sekira 60,77 liter. Di kalikan harga Pertalite Rp7.850, maka jumlah totalnya adalah Rp477 ribuan.

3. Uang Makan
Selama perjalanan, kita tentu perlu makan, buang air ke toilet, atau pun kebutuhan lainnya…

Advertisement

Iya Om… Meskipun Om Bro berpuasa, tapi tentu kan Om Bro bakal makan saat berbuka puasa dan seterusnya selama perjalanan di tempuh malam hari.

Masalahnya ialah, harga makanan di sepanjang perjalanan cenderung naik di musim mudik. Maka Mtb kira patutlah kalau Mtb anggap Rp25.000/orang / sekali makan. Dengan asumsi 4 orang dalam mobil (suami – istri – 2 anak), jika masing-masing makan tiga kali, berarti total Rp300.000.

Kenapa sampai Rp300 ribuan??

Soale musim mudik kan biasanya macet Om… Tidak mustahil perjalanan Jakarta – Surabaya bisa menghabiskan waktu 24 jam atau bahkan lebih.

3. Biaya Darurat
Sebelum berangkat mudik, jelas Om Bro harus memastikan kondisi mobil baik-baik saja. Namun begitu, dana cadangan darurat tetap harus dipersiapkan untuk antisipasi terjadinya kemogokan. Untuk itu, Om Bro musti siapkan dana cadangan setidaknya Rp1,5 juta. Asumsinya untuk derek dalam tol Rp500.000, dan biaya ke bengkel Rp1 juta untuk perbaikan kerusakan ringan.

Sekarang kita hitung total…

. Biaya tol Rp675.500
. Bahan bakar Rp477.000
. Uang makan Rp300.000

Total sekali jalan adalah Rp1.452.500
Maka berarti Rp2.905.000 untuk dua kali perjalanan (mudik dan balik).

Ditambah dana cadangan darurat Rp1,5 juta, berarti jadi Rp4.405.000. Gede kan Om…?? Iyaahh… Lumayan gede lah Om, segitu mah… (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *