Tips Perjalanan Jauh Naik Motor, Agar Aman dan Selamat

Motorisblog.com – Om Bro! Apapun kondisinya, mudik adalah salah satu momen bahagia yang selalu kita nantikan setiap tahun. So, kali ini Mtb bakal share tips perjalanan jauh naik motor.

Mudik naik motor menjadi salah satu pilihan favorit banyak perantau. Meskipun kita sekalian tahu efek naik motor jarak jauh adalah resiko kelelahan.

Yo wis, untuk meminimalisir resiko dalam perjalanan naik motor, berikut ini Mtb bagi tips mudik pakai motor matic dan manual.

Tips Perjalanan Jauh Naik Motor

Untuk keaamanan dan keselamatan perjalanan jauh dengan motor matic dan manual, berikut ini hal-hal yang harus Om Bro perhatikan.

Persiapan Pulang Kampung Naik Motor

Servis Motor Sebelum Memulai Perjalanan

Biasanya menjelang musim mudik, bengkel akan ramai oleh motor-motor yang hendak servis. Maka untuk mengantisipasi antrian, ada baiknya motor untuk mudik Om Bro servis jauh-jauh hari sebelum musim mudik tiba.

Bagi pengguna motor Yamaha, Om Bro bisa menggunakan aplikasi My Yamaha Motor untuk memilih bengkel resmi yang menyediakan fasilitas Service Kunjung Yamaha (SKY).

Perlengkapan Perjalanan Jauh Naik Motor

Persiapkan dan gunakan safety gear, yaitu:

  1. Helm
  2. Jaket
  3. Sepatu
  4. Celana panjang tebal
  5. Sarung tangan
  6. Masker

Untuk kenyamanan selama dalam perjalanan, pastikan semua perlengkapan tersebut berukuran pas dengan postur tubuh Om Bro sekalian.

Isi Penuh Tangki Bensin

Supaya tidak terlalu sering berhenti untuk isi bahan bakar, sebaiknya Om Bro isi penuh tangki bensin. Sementara kita tahu kebiasaan musim mudik adalah antrian panjang di SPBU. Maka untuk meminimalisir waktu terbuang saat mengantri, sebaiknya Om Bro isi penuh tangki motor.

Jangan Membawa Muatan Berlebih

Pahami bahwa kapasitas beban motor yang aman adalah hanya 125 kg saja, termasuk berat badan pengendara. Jadi Om Bro jangan membawa muatan berlebih karena dapat membahayakan keseimbangan saat berkendara.

Selain hanya bobot, dimensi barang bawaan juga harus Om Bro perhatikan. Singkatnya, dimensi barang bawaan jangan sampai melebihi lebar stang dan tinggi kepala pengendara.

Dalam Perjalanan

Sebaiknya pilih waktu perjalanan siang hari. Karena berkendara motor malam hari rawan mengantuk yang pada akhirnya dapat membahayakan keselamatan.

Jaga Jarak Aman

Pada musim mudik memang biasanya jalanan sangat padat. Namun sebisa mungkin Om Bro jaga jarak aman agar jangan sampai menyeruduk kendaraan di depan.

Jaga Kecepatan Berkendara

Pastikan kecepatan Om Bro seimbang dengan rata-rata kecepatan kendaraan lain. Jangan terlalu cepat ataupun terlalu lambat.

Fokus

Tingkatkan konsentrasi selama berkendara. Jangan lengah. Hindari hal-hal yang mendadak pada saat mengerem, berbelok maupun saat hendak berhenti, agar Om Bro tidak tertabrak kendaraan lain dari belakang.

Berkendara Secara Smooth

Jangan membetot gas dan mengerem sekaligus, utamanya jika Om Bro membawa boncenger atau memuat barang.

Pilih Jalur Alternatif

Pelajari jalur alternatif untuk pertimbangan jika jalur utama terlalu padat.

Kontrol Emosi

Perjalanan panjang berpotensi menimbulkan kelelahan berlebih. Sementara kelelahan mudah memancing emosi.

Pastikan Om Bro kontrol emosi karena emosi berlebih dapat meningkatkan resiko kecelakaan.

Jangan Lupa Istirahat

Jangan terburu-buru. Utamakan keselamatan. Istirahatlah setiap 2 jam sekali.

Patuhi Rambu Lalu-lintas

Tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan.

Jaga Stamina

Konsumsi makanan sehat dan minum air putih secukupnya selama dalam perjalanan.

Jangan memaksakan diri berpuasa jika tidak memungkinkan, karena orang dalam perjalanan boleh membatalkan puasa dan menggantinya pada hari lain.

Pastikan juga Om Bro cukup istirahat sebelum memulai perjalanan.

Nah, itulah beberapa tips perjalanan jauh naik motor. Untuk lebih lengkapnya, silahkan Om Bro membaca tulisan Mtb tentang cara berkendara motor yang baik dan benar. (Mtb – via Press Release YIMM, 6/5/2021).

Tinggalkan komentar