Perhatikan…!! Akibat Busi Tidak Cocok, Kendaraan Jadi Boros Bahan Bakar…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Banyak orang yang beranggapan bahwa komponen pembakaran yang satu ini sama saja untuk semua motor. Yang penting penampang fisik dan ulirnya sama. Padahal, akibat busi tidak cocok dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. (Sales and Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, Felix Ferdinand – Viva, 23/3/2019).

Betul Om… Salah satu tanda busi tidak cocok ialah konsumsi BBM menjadi lebih boros. Hal itu karena setiap busi punya bentuk ulir dan dimensi yang berbeda. Bahkan jika bedanya hanya 0,1 mm saja pun tetap tidak bagus untuk pembakaran.

Mesin sih tetap menyala meski busi motor tidak sesuai. Tapi pembakarannya tidak sempurna. Bensin bisa saja tidak terbakar habis, yang akhirnya dapat menimbulkan kerak di ruang bakar. So… Sebaiknya jangan memaksa menggunakan busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.

Lantas, bagaimana caranya untuk mencari tahu busi yang sesuai…??

Caranya ialah dengan melihat di buku panduan manual kendaraan, atau mencari tahu data spesifikasi teknis kendaraan di internet.

Cara lain yang dapat Om Bro lakukan ialah melalui web resmi NGK. Iya tentunya khusus untuk busi NGK yang cocok dengan kendaraan Om Bro sekalian.

Untuk mencari busi yang sesuai dari produk PT NGK Busi Indonesia, Om Bro hanya perlu mengakses alamat www.ngkbusi.com . Kemudian masukkan merk dan tipe kendaraan milik Om Bro. Ikuti instruksi selengkapnya, nanti bakal muncul busi rekomendasi yang cocok untuk mobil/motor Om Bro masing-masing. (Panduan pencarian selengkapnya akan Mtb tuliskan pada artikel terpisah…).

Cara ini amat membantu kita selaku end user dalam mencari busi merk NGK yang cocok untuk kendaraan kita sekalian.

Demikianlah Om… Busi (spark plug) merupakan komponen penting dalam mesin kendaraan. Fungsinya ialah sebagai pengantar pengapian mesin. Percikan apinya membakar bensin yang telah dikompres piston.

Jenis busi yang digunakan haruslah sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan. Karena jika tidak, maka posisi api kurang tepat lantaran dimensinya tidak sesuai. Akibatnya, pembakaran jadi tidak sempurna. (Mtb – Akibat busi mobil tidak cocok).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: