Perbedaan Busi Mobil dan Motor, “Katanya Bisa Tukeran…??”

Motorisblog.com – Fungsinya sama… Ukurannya pun kadang sama… Jadi, apa sih perbedaan busi mobil dan motor??

Betul Om…!! Secara teknis, pada dasarnya fungsi busi mobil dan motor adalah sama. Mereka sama-sama membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah menjadi kabut, guna menghasilkan energi gerak. Sementara energi gerak itu sendiri nantinya akan disalurkan menjadi energi putar ke bagian roda.

Jadi, apa sih perbedaan busi mobil dan motor??

Salah satunya ialah usia pakai, dimana busi mobil pada umumnya lebih panjang umur dibanding busi motor.

Lah, kenapa bisa demikian??

Karena kinerja mesinnya pun berbeda…

Busi motor didesain untuk bekerja pada putaran mesin lebih dari 10.000 rotation per minute (rpm). Karena putaran mesin motor memang di desain untuk berada pada kitiran tersebut. Sementara itu, putaran mesin mobil pada umumnya hanya berkisar 6 ribuan rpm atau bahkan kurang.

Naahh, karena setting mesinnya yang jauh berbeda seperti itu, maka dapat dipastikan bahwa businya pun berbeda.

Jadi tidak bisa ya bertukar busi mobil untuk motor??

Menurut update Viva.co.id (9/5/2019), selama panjang dan diameternya sama, busi mobil bisa saja dipasang pada mesin motor. Namun karena putaran mesin motor lebih tinggi, sedangkan busi mobil di rancang untuk putaran mesin yang lebih rendah, maka sudah barang tentu masa pakai busi bakal jadi berkurang. Misale jika busi tersebut diklaim kuat digunakan hingga 60.000 km jarak tempuh mobil, maka saat digunakan pada mesin motor,, usia pakainya paling hanya maksimal 30.000 km saja.

Begitu kira-kira Om… So, lebih baik tetap gunakan busi yang sesuai dengan anjuran pabrikan kendaraan kita masing-masing.

Ada banyak pisan jenis busi yang ditawarkan di luaran sana. Ada yang bahan pembuatnya berlapis emas, ada jenis busi iridium, juga ada busi standar. Om Bro tinggal sesuaikan saja dengan spesifikasi kendaraan Om Bro masing-masing. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: