uji tabrak crash test

Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO di Dunia Persilatan Otomotif

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada pertanyaan yang mampir ke redaksi Mtb… Yaitu perkara perbedaan asuransi all risk dan TLO serta aplikasinya pada mobil dan motor… Kemudian Mtb jawab secara sederhana,, dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti oleh setiap orang.

Advertisement

Begini penjelasannya…

Jadi, secara singkatnya begini Om… Asuransi model all risk pada kendaraan bermotor adalah asuransi yang mengcover semua resiko… Termasuk resiko kecelakaan dan resiko hilang. Sementara asuransi model TLO adalah asuransi yang hanya mengcover kehilangan kendaraan saja… Tidak mengcover kerusakan akibat kecelakaan.

TLO adalah kependekan dari Total Loss Only… Jadi hanya kehilangan saja yang dijamin…

uji tabrak crash test

Dalam hal aplikasinya, asuransi model all risk biasanya hanya tersedia untuk mobil saja. Sementara untuk asuransi sepeda motor, model yang digunakan adalah asuransi TLO alias pertanggungan ketika unit motor hilang saja… (Rudy Chen, Chief Executive Officer Asuransi Astra – Viva, 20/9/2019).

Itu pun pada umumnya pemilik sepeda motor hanya mengasuransikan motornya pada saat unit masih dalam masa kredit… Jika unit motornya dibeli secara kredit.

Advertisement

Betul Om… Jarang pisan ada orang yang mau mengasuransikan motor-motor entry level atau pun kelas semi-premium ketika mereka membelinya secara cash. Tidak seperti konsumen kendaraan roda empat yang cenderung lebih memperhatikan asuransi kendaraannya.

Om Bro… Hingga saat ini, sepeda motor masih menjadi moda transportasi favorit masyarakat di Indonesia. Setiap tahun ada jutaan unit motor baru yang terjual di pasar roda dua tanah air… Maka tak heran jika jalanan di Indonesia di dominasi oleh kendaraan roda dua dibanding kendaraan lainnya…

Tapi pun begitu,, meski jumlah populasinya jutaan, jarang ada pemilik motor yang mementingkan proteksi motor dalam bentuk asuransi. Umumnya komsumen roda dua hanya memanfaatkan asuransi yang di perantarai oleh perusahaan pembiayaan (leasing) saja… Selanjutnya setelah kredit lunas, pemilik motor tidak pernah lagi mengasuransikan kendaraannya. (Mtb – Asuransi motor hilang masih kredit).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *