barcode oli enduro matic

Peraturan SNI Oli Telah di Undangkan, Mulai Berlaku Tahun Depan

Motorisblog.com – Om Bro…!! SNI oli nantinya akan menjadi wajib bagi semua pelumas yang beredar di dalam negeri, khususnya produk lokal. Yup… Ketentuannya sudah ada pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia.

Permen tersebut telah di Undangkan sejak tanggal 10 September 2018 lalu, dan mulai berlaku pada 10 September 2019.

Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah salah satu cara dari pemerintah RI untuk perlindungan konsumen. Dengan wajib SNI ini, di harapkan akan menekan jumlah peredaran oli palsu serta oli-oli yang memiliki standar mutu rendah. Dengan wajib SNI ini pula diharapkan pengawasan terhadap oli impor akan semakin ketat.

Iya.. Oli-oli impor akan di seleksi lebih ketat…, misalnya saja, harus jelas asal-usulnya dan lokasi pabriknya.

Dengan wajib SNI ini pula nantinya pabrikan oli-oli bermutu rendah akan “dipaksa” untuk memilih, apakah dia akan meningkatkan mutu produknya atau berhenti dari bisnisnya.

Sebagai tambahan informasi, untuk saat ini oli-oli produksi Pertamina dan Federal sudah berlabel SNI. Mereka bahkan sudah sejak lama bersertifikat SNI. Sejak sebelum aturan wajib SNI itu ditetapkan.sni oli pertamina

Sementara itu, kabar lain juga menyebutkan bahwa produk oli dari Shell pun sudah launching untuk segera memenuhi standar wajib SNI tersebut.

Menurut Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, sertifikasi SNI tidaklah mempengaruhi nominal harga jual oli. Alasannya karena biaya standarisasi SNI tidaklah terbilang besar. (DetikOto, 2/11/2018). (Mtb – SNI Oli).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar