harga honda astrea grand

Penyebab Motor Tua Mogok Karena Tidak Dibangun Sampai Tuntas

Motorisblog.com – Penyebab motor tua mogok. Om Bro…!! Belakangan ini motor jadul tengah hangat di perbincangkan di berbagai media, terutama karena harganya yang fantastis, melebihi harga motor baru pada umumnya. Dan jelas… popularitas motor jadul alias motor tua dapat terangkat kembali karena adanya kalangan pehobi dan kolektor. Karena itulah jumlah populasi motor jadul masih tetap banyak di Indonesia.

Menciduk berita dari detikOto gelaran Otobursa di Pasar Gambir Expo, motor bebek antik banyak ditawarkan oleh berbagai peserta pameran. Salah satunya adalah C’Duck, yakni komunitas pencinta motor bebek Honda Astrea yang memajang motor antik mereka dengan penawaran harga mulai Rp5 juta hingga puluhan juta rupiah.

Konon bagi pecintanya, motor-motor tua memiliki daya tarik tersendiri, terutama karena menyimpan banyak cerita dan nostalgia bagi semua orang.

penyebab motor tua mogok
Honda Astrea Prima

 

Beragam motor bebek Astrea yang dipajang disana, dari mulai tahun produksi 1981 hingga 2004. Dan menariknya, semakin tua usia motor, malah semakin mahal mahal harganya. Iya tentu jika kondisinya baik dan orosinil. Dengan kondisi bagus seperti itu, harga motor bebek tahun 80-an bisa bisa tembus di atas Rp30 juta.

Penyebab motor tua mogok karena tidak dibangun sampai tuntas

Om Bro… Seperti pada umumnya, motor tua identik dengan sering mogok di jalan… Itu sangat mungkin terjadi jika motor tua yang Om Bro beli tidak dibangun ulang hingga tuntas. Wajar… karena usia yang sudah tua, maka dipastikan mesin dan sistem kelistrikan sudah tidak stabil lagi. Maka sekali lagi Mtb tegaskan bahwa motor tua hanya cocok untuk kalangan pehobi saja.

Karena apa?

Karena, saat Om Bro membeli motor tua, Om Bro harus mengeluarkan biaya dan waktu ekstra dalam membangun ulang si motor. Apalagi jika Om Bro ingin mengembalikan si motor pada kondisi original, maka proses pembangunan ulang motor akan menghabiskan dana yang cukup besar hingga tuntas. Karena itulah, karena waktu dan biaya yang ekstra itu, maka banyak pemberitaan yang menyebutkan bahwa harga motor tua bahkan bisa melampaui harga motor baru yang sekarang beredar di pasaran.

Singkat cerita, jika Om Bro menghendaki motor untuk aktifitas harian tanpa di dasari kecintaan pada motor klasik, maka Mtb sangat tidak menyarankan untuk membeli motor jadul. Akan lebih bijaksana jika Om Bro membeli motor baru atau motor bekas tahun muda. (Mtb – Penyebab motor tua mogok karena tidak dibangun sampai tuntas).

Tinggalkan Komentar