Penyebab Lampu Sein Mati, Flasher dan Saklar yang Paling Dominan

Motorisblog.com - Penyebab lampu sein mati. Om Bro...!! Beberapa hari yang lalu Mtb sempat panik saat lampu sein Honda Spacy FI 2013 punya Mtb mati. Pasalnya, hari itu Mtb pas dapat order Grab Express jarak jauh, jadi ngga tenang kalau untuk orang yang biasa tertib pakai sein saat hendak berbelok, menyalip dan lain-lain. Ngga lucu kan, kalau tiap kali mau berbelok harus melambaikan tangan buat pengganti sein? Wkwkwkwk...!!

Om Bro...!! Sebelumnya lampu sein motor Mtb sudah pernah ada masalah, yakni saklarnya ngadat. Tapi saat itu tidak Mtb ganti. Mtb hanya bersihkan saca saklarnya, kemudian normal lagi. Jadi, pas kemari lusa itu lampu sein mati lagi, Mtb langsung berasumsi bahwa penyebab lampu sein mati kali inipun karena saklarnya rusak.

Salahnya, saat itu Mtb tidak memeriksanya dulu malah langsung membeli saklar baru. Eehh... ternyata setelah saklar baru di pasang, lampu sein tidak kunjung menyala.

Setelah melalui sedikit proses pencarian, akhirnya Mtb temukan bahwa masalahnya ada pada flasher.

Soal flasher dan lain-lain nanti Mtb beberkan di bawah.

GEJALA DAN PENYEBAB LAMPU SEIN MATI

Dari apa yang pernah Mtb alami sejak pertama kali memiliki motor sendiri, Mtb mengawinkannya dengan informasi di situs MOTOR Plus-online.com dengan hasil sebagai berikut,

1. Flasher Sein telah rusak

Flasher itu ibarat jantungnya lampu sein. Bentuknya kotak kecil berwarna hitam dengan dua shocket pipih menyamping. Lokasi penyimpanannya bisa berbeda untuk tiap-tiap motor, namun untuk Honda Spacy dan Vario, tempatnya ada di dada motor, di area baterai (aki).

penyebab lampu sein mati
Flasher Honda Spacy FI

Fungsi dari flasher adalah untuk mengatur jeda kedipan atau membuat sein berkedip.

Di dalam Relay Flasher terdapat sirkuit listrik yang mengatur arus agar membuka dan menutup titik sentuh secara bergantian sehingga menghasilkan kedipan pada lampu sein.

Jika flasher telah rusak, gejala yang dapat timbul ada dua. Pertama, lampu sein menyala terus tanpa kedipan, atau yang kedua, lampu sein tidak menyala sama sekali.

Jika lampu sein terus menyala tanpa kedipan, itu artinya flasher rusak saat titik sentuh di sirkuit tengah berada pada posisi bertemu. Sebaliknya, jika rusaknya flasher menyebabkan lampu sein tidak menyala sama sekali, maka itu berarti kerusakan terjadi pada saat titik sentuh di sirkuit tengah berpisah.

Soal harga flasher, Mtb tidak mencari tahu untuk part originalnya. Namun untuk part KW alias lokal, harganya hanya di kisaran Rp15-20 ribu. Dan untuk part flasher, semua motor menggunakan soket yang sama. Maka Om Bro tidak akan kesulitan mendapatkannya di pasaran.

2. Saklar (kontak) kotor atau rusak

Posisinya ada di stang bagian kiri, disekitar saklar klakson dan lampu dim (lampu jauh).

penyebab lampu sein mati
Posisi saklar lampu sein Honda Spacy FI

Masalah yang bisa timbul disini adalah kotoran dibagian dalamnya. Om Bro lepaskan dulu saklar tersebut, kemudian semprotkan contact cleaner untuk membersihkannya. Jika tidak kunjung sembuh, kemungkinan saklarnya sudah rusak. Ganti baru. Harga KW-nya murah, cuma Rp10 ribuan saja. Atau Om Bro bisa tanyakan langsung ke bengkel resmi motor Om Bro untuk informasi harga part originalnya.

penyebab lampu sein mati
Saklar lampu sein Honda Spacy FI

Dulu Mtb pernah mengalami masalah dibagian ini. Kemudian Mtb membersihkannya dengan cara mencelukan saklar yang sudah terlepas ke dalam bensin. Setelah itu Mtb angkat, di bersihkan sambil di tiup ke dalam celah-celahnya dan masalahpun selesai. Lampu sein kembali menyala normal.

Tapi, untuk cara membersihan dengan bensin, Mtb tidak anjurkan. Soale yang namanya saklar itu kan hubungannya dengan listrik, sedangkan bensin kan sifatnya mudah terbakar. Jadi setelah pembersihan, saklar harus benar-benar kering dulu untuk menghindari kemungkinan timbulnya percikan api.

3. Tegangan Aki tidak sesuai

Penyebab lampu sein mati berikutnya adalah karena voltase aki yang tidak sesuai (12V). Untuk urusan ini, sebaiknya diperiksa oleh mekanik yang berkompeten jika Om Bro tidak memiliki keahlian khusus.

4. Rangkaian Kabel dan soket penghubung

Rangkaian kabel-kabel dan soket-soketnya juga bisa menjadi penyebab terhambatnya aliran listrik. Jika Om Bro faham bagian ini, Om Bro bisa coba bersihkan dan pastikan semua soket dan kabel terhubung dengan benar.

5. Bohlam putus

Sepengalaman Mtb, bohlam lampu sein sanggup bertahan hingga bertahun-tahun. Namun, yang namanya ciptaan manusia tentunya tidak ada yang sempurna.

Nah... disini ada hal yang Mtb belum bisa jelaskan secara teknis. Jadi, ketika satu bohlam putus, maka 3 bohlam yang lain tidak mau mengedip. Menyala tapi tidak mengedip. Berarti keempat bohlam sein ini saling mempengaruhi dalam kerjanya sehingga tidak boleh mati salah satunya.

Mtb pernah mengalami hal seperti itu sewaktu masih menjadi penunggang motor bebek Honda Legenda 2 lansiran tahun 2002.

6. Kiprok rusak

Bener ngga ya, ejaanna "kiprok?". Soale Mtb hanya mendengar dari lisan... jadi tidak tahu ejaannya dengan teks.

Mtb belum sempat mencari referensi terpercaya untuk kasus ini. Hanya saja, saat masih pakai Honda Legenda, dulu, mekanik langganan menyarankan Mtb untuk mengganti kiprok ketika lampu-lampu motor sering putus.

Insya Alloh di lain waktu, Mtb akan bahas part yang satu ini. Harap maklum... saat ini Mtb tengah sibuk sekali dengan pekerjaan lain. Jadi agak kurang fokus dalam update blog. (Mtb - Penyebab lampu sein mati).

Related Post

Ibu-ibu Sein Kanan Belok Kiri… Hal Berikut I... Motorisblog.com - Ibu-ibu sein kanan belok kiri bukanlah hal baru. Cerita seperti ini sudah banyak di upload ke dunianya Mba Maya dalam bentuk artikel...
Mengatasi Lampu Motor Tiba-Tiba Mati dan Tips Sede... Motorisblog.com - Mengatasi ampu motor tiba tiba mati - Jika Anda merasa motor produksi jaman sekarang boros lampu dan accu (aki), mungkin ada benarny...

Leave a Reply