Penyebab Konvoi Motor Arogan: Karena Hal Ini Om…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Kasus konvoi motor arogan sudah berulang kali viral di dunia maya… Entah itu dilakukan oleh rombongan moge, motor-motor premium dan semi-premium, atau pun rombongan motor-motor standar biasa. Hingga lama kelamaan muncul pertanyaan, apa sih yang membuat mereka jadi songong dan seolah seperti ingin menguasai jalanan??

Yup… Bener pisan Om… Dalam suatu rombongan konvoi motor, ada kencenderungan mereka memperlihatkan sisi eksklusivitas-nya. Akibatnya, muncul kesan sikap arogan dari para peserta konvoi, yang pada saat-saat tertentu dapat menimbulkan perselisihan dengan pengguna jalan lain.

Jadi, kembali lagi pada pertanyaan, apa sih yang membuat mereka jadi bersikap seperti itu??

Menurut logika sederhana Mtb, sebenarnya tidak ada penyebab yang istimewa dari fenomena tersebut. Segala arogansi itu lahir semata-mata karena indikasi over pride alias over pede saja…

Nah, sikap percaya diri yang berlebihan itu sendiri muncul karena mereka beramai-ramai. Jadi, tidak ada bedanya dengan tingkah bocah-bocah remaja yang beraninya tawuran, padahal kalau seorang diri, belum tentu mereka berani… Meskipun memang ada juga orang yang kadang berani / arogan meski pun dia sendirian…

Intinya sih, kurangnya kesadaran akan tehnik berkendara dan kesadaran akan perilaku berkendara yang baik.

Tapi… Memang sih ada sisi lain yang membuat konvoi motor bersikap seperti itu. Salah satunya ialah sebagai bentuk upaya supaya rombongan konvoi tidak tercerai-berai. Maka kadang memang mereka harus bersikap seperti orang arogan demi mempertahankan kesatuan rombongan.

Selain itu juga masih ada sebab lain… Misale saja pada konvoi motor gede (moge)… Mereka memang sulit untuk melaju dengan kecepatan rendah lantaran resiko overheat pada mesin dan sebagainya… Juga karena bobot motor yang amat berat, yang membuat mereka kesulitan untuk melaju dengan kecepatan rendah, meski di tikungan jalan sekalipun.

Lebih dari itu, bobot moge yang berat, juga membuat pengendaranya tidak dapat melakukan pengereman mendadak secara sembarangan.

Jadi pamungkasnya, jika dijalanan kita mendapati perilaku arogan dari rombongan konvoi motor, maka akan lebih bijak jika kita menghindar saja. Hindari hal-hal yang dapat memicu perselisihan, meski pun kita merasa ada dalam posisi yang benar.

Karena apa??

Karena orang yang kuat bukanlah orang yang mampu memenangkan perkelahian… Tapi orang yang mampu meredam emosi dan hawa nafsunya sendiri. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: