Penyebab Kampas Kopling Boros dan Cara Berkendara Agar Kampas Kopling Awet

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kampas kopling boros pada motor. Utamanya ialah cara berkendara yang keliru…

Yup… Diciduk dari web resmi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), hal utama yang membuat kampas kopling motor boros ialah karena perilaku yang salah dalam berkendara.

Cara Berkendara Agar Kampas Kopling Awet

Om Bro…!! Sebagian dari cara biar kampas kopling awet ialah dengan melakukan pola berkendara yang baik, yaitu:

1. Jangan sering buka tutup kopling sambil menghentak-hentakkan putaran grip gas. Kalo istilah di kampung Mtb itu “digaur-gaur”. Atau kalau pakai istilah anak jaman now itu disebut “blayer-blayer”.

2. Jangan menggantung setengah tuas kopling. Gantunglah cita-citamu setinggi langit. Wkwkwkwk…

Ngga Om…

Jangan menggantung setengah tuas kopling, karena cara itu akan membuat kampas kopling lebih cepat menipis gegara gesekan yang tidak semestinya terjadi.

3. Jangan menahan tuas kopling pada posisi gear masuk, misale saja ketika jalanan macet atau saat berhenti di lampu merah.

Lantas, bagaimanakah cara yang benar??

Cara yang benar ialah dengan memindahkan gear pada posisi netral, kemudian lepaskan tuas gas. Begitulah seharusnya ketika kita jeda atau berhenti lebih dari satu menit.

4. Tepatkan setting tuas kopling pada jarak main 1,5 cm-2 cm.

Settingan kopling yang terlalu dekat memang akan memudahkan proses perpindahan gigi percepatan. Namun pada setelan seperti itu, Om Bro jadi harus menekan setengah tuas kopling di saat Om Bro melaju pada kecepatan rendah. Yang akibatnya akan terjadi efek seperti bahasan nomor 2 di atas.

Demikianlah 4 tips cra membuat kampas kopling awet…

Dengan mengaplikasikan cara-cara tersebut di atas, kinerja kopling bisa lebih maksimal, dan usia pakai kampas kopling menjadi lebih awet.

Om Bro…!! Motor bertransmisi dan berkopling manual memiliki kelebihan dalam hal akselerasi yang lebih agresif dan spontan dibanding motor bebek atawa skutik. Namun kampas kopling yang telah aus dapat menyebabkan slip pada saat perpindahan gigi transmisi.

Selain itu, mesin pun jadi tidak bertenaga saat kampas kopling telah menipis.

Pada pemakaian normal, rata-rata usia pakai kampas kopling motor ialah sejauh 15.000 – 20.000 km jarak tempuh atau dua tahun masa pemakaian. Begitu menurut keterangan dari web Suzuki Indonesia. Namun , usia pakai kampas kopling yang sebenarnya bisa jadi lebih awet atawa lebih boros dari angka-angka tersebut, tergantung pola berkendara kita masing-masing Om… (Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *