cvt box area

6 Penyebab CVT Motor Matic Berisik (yang Paling Umum)

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Dulu… Mtb pernah sharing di blog ini perkara penyebab CVT motor matic berisik. Ketika itu yang terjadi pada motor Honda Spacy punya Mtb adalah rusaknya roller, sekaligus dengan rumah rollernya itu sendiri.

Advertisement

Selain itu, Mtb juga pernah mendapati bunyi klotok-klotok pada area CVT yang disebabkan oleh rusaknya laher blok.

Dan baru-baru ini Mtb menciduk informasi bahwa ada part lain yang juga bisa menjadi penyebab CVT motor berisik.

Diciduk dari Dodi, salah satu personel bengkel ‘Wijaya Motor’, Bekasi, Jawa Barat (Viva, 3/3/2019), bahwa ada beberapa komponen yang jika rusak dapat menimbulkan suara berisik.

Langsung bae kita cekidot…

Penyebab CVT Motor Matic Berisik

1. Rumah Roller

rumah roller honda spacy fi
Lokasi bergeraknya roller pada rumahnya lama-kelamaan akan tergerus. Ini hal normal seiring usia pakai yang semakin hari semakin bertambah.

Selain karena usia pakai, jika Om Bro sering membawa beban berat pun dapat membuat rumah roller menjadi lebih cepat rusak. Dan jika sudah rusak, tarikan motor jadi berat dan serasa tertahan, bahkan menjadi lemah di tanjakan. Kejadian ini pernah Mtb alami sendiri di masa lalu dan pernah Mtb kisahkan di blog ini…

Menurut Dodi, alur roller pada rumah roller sebaiknya diberi gemuk supaya lebih awet.

2. Roller

roller honda spacy
Demikian juga dengan rollernya… Roller yang telah peyang pun akan menyebabkan masalah yang sama dengan di atas. Selain itu, roller yang telah rusak (atau bahkan hancur) pun dapat menimbulkan suara berisik (tek… tek… tek…) di area CVT Box bagian depan). Dan jika sudah seperti itu, maka roller harus diganti.

Sama seperti rumahnya, roller juga sebaiknya diberi gemuk dahulu sebelum dipasang agar jadi awet.

Advertisement

3. V-Belt

cvt belt
Untuk sabuk penggerak ini, tidak ada cara perawatan yang dapat dilakukan. Pemeriksaannya harus dilakukan secara visual. Jika telah retak-retak dan tampak getas, sebaiknya segera diganti baru. Jangan tunggu sampai putus ditengah jalan.

4. Kampas Sentrifugal

Jika kampas sentrifugal telah tipis, biasanya akan muncul suara berdecit di area CVT Box bagian belakang. Selain itu, tarikan motor juga bakal melambat meski putaran gas telah dibetot dan rpm mesin meraung tinggi.

5. Damper Teflon

Fungsinya ialah untuk menahan getaran pada rumah roller. Jika damper teflon telah rusak, biasanya akan muncul suara klotok-klotok pada kondisi putaran langsam (stasioner / idle).

Sebaiknya ganti damper teflon setiap kali Om Bro mengganti roller. Dengan begitu, usia komponen roller set akan menjadi lebih awet.

6. Laher Blok

laher blok
(Bearing) laher blok Honda Spacy FI
lokasi laher blok
Lokasi terpasangnya laher blok

Rusaknya laher blok pun akan menimbulkan suara klotok-klotok di area CVT Blok bagian belakang. Masalah ini juga telah pernah Mtb alami dan telah pernah pula Mtb kisahkan di blog ini…

Continously Variable Transmission (CVT) pada motor matik berfungsi sama dengan rantai-gear set pada motor manual dan bebek… yaitu sebagai penyalur tenaga dari mesin untuk menggerakkan roda. So… Jika ada komponen di area CVT Box yang rusak atau aus, biasanya akan muncul suara-suara berisik yang tidak wajar. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *