Penyebab Bunyi Klotok klotok di CVT Mio M3 dan Skutik Lainnya

Motorisblog.com – Om Bro…!! Meski sudah menjadi tunggangan sehari-hari, tapi tidak semua pemilik Mio M3 mengetahui penyebab Bunyi klotok klotok di CVT Mio M3 miliknya masing-masing. Bahkan bukan hanya Mio M3, tapi semua motor skutik entry-level yang beredar di jalanan Indonesia pada umumnya.

Terus kenapa pada judul di atas, Mtb sebut nama Mio M3??

Karena kasus terbaru yang Mtb ciduk, kebetulan terjadinya pada unit Mio M3 punya tetangga. Tapi sebelum itu, Mtb pun pernah mengalami masalah pada Honda Spacy FI 2013 dengan gejala suara yang mirip,, hanya beda lokasi dan beda komponen yang rusaknya saja.

Yup… Sepengalaman Mtb, umumnya penyebab motor matic bunyi kletek kletek alias klotok-klotok di area CVT box adalah karena dua hal, yaitu kerusakan roller atau kerusakan laher blok. Mungkin sih ada penyebab lainnya, namun baru dua hal saja yang berhasil Mtb ciduk.

Iya Om… Jadi kalau misale Om Bro mendapat pertanyaan, kenapa Motor Mio M3 bunyi kletek kletek?? Maka coba cek dua bagian itu, yaitu roller dan laher blok.

roller bekas yamaha mio m3 yang telah peyang

Perbedaannya adalah, jika suara klotoknya ada di ujung CVT bagian depan, kemungkinan yang rusak adalah roller. Sementara jika suara klotoknya ada di bagian belakang, kemungkinan part yang rusak adalah laher blok.

lokasi laher blok
Lokasi terpasangnya laher blok

Gejala seperti ini bukan hanya berlaku bagi motor Yamaha Mio M3 saja… Tapi pada semua skutik entry-level pada umumnya. Faktanya, Honda Spacy milik Mtb pun pernah mengalami hal serupa.

laher blok
(Bearing) laher blok Honda Spacy FI
Harga Roller Mio M3 125
yamaha mio m3 dalam perbaikan

Mtb tidak menelisik berapa harga roller Mio M3 yang original. Mtb hanya mengintip bon perbaikan motor Mio M3 punya tetangga yang di dapatnya dari bangkel umum… Bukan bengkel resmi Yamaha.

nota servis ganti roller yamaha mio m3

Disitu tertulis harga roller tipe racing untuk Mio M3 adalah Rp65.000… Tapi itu pun Mtb ngga tau apa merk-nya. Soale tetangga yang punya motor tersebut, tidak begitu faham pada dunia persilatan roda dua. Jadi pas Mtb tanya-tanya, dia malah bingung jawabnya. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: