Pentingnya Helm Bagi Pengendara Motor, Bukan Hanya Melindungi Kepala dan Menghindari Tilang

Motorisblog.com – Pentingnya helm bagi pengendara motor bukanlah hanya melindungi kepala saja, Om Bro…!! Juga bukan hanya melindungi diri dari tilang polisi. Tapi lebih dari itu, helm juga mengurangi resiko cidera tulang leher. Karena itulah, di mana pun, di negara mana pun, setiap pengendara sepeda motor pasti diwajibkan menggunakan helm.

Namun begitu, menurut rilis berita di DetikOto, ada sebuah anggapan yang menilai bahwa menggunakan helm justru meningkatkan resiko cidera tulang tulang servikal (tulang leher) yang dapat mengakibatkan pemotor jadi lumpuh. Opini tersebut di lemparkan ole sekelompok anti-helm itu yang tidak disebutkan namanya oleh sumber Mtb (detikm.com). Katanya, penggunaan helm hanya akan memindahkan kekuatan ke leher saat terjadi kecelakaan.

Tapi kemudian anggapan itu dapat dipatahkan melalui sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Neurosurgery.

pentingnya helm bagi pengendara motor

Menurut detikOto yang bersumber dari Canada Motoguide, penggunaan helm sama sekali tidak meningkatkan risiko cedera leher. Justru helm malah mengurangi risiko cedera leher. Hal itu di ungkapkan oleh penulis jurnal, Paul S. Page, Zhikui Wei, dan Nathaniel P. Brooks.

Kesimpulan dari studi tersebut di atas di dapat dari catatan 1.061 korban kecelakaan sepeda motor yang berada di pusat trauma Level 1, University of Wisconsin Hospital Trauma Center. Data menunjukkan bahwa dari jumlah di atas, tercatat bahwa 738 korban di antaranya tidak menggunakan helm, sedangkan 323 lainnya menggunakan helm.

Dari 738 orang tersebut, 114 orang mengalami cedera tulang leher (15,4%). Sedangkan pada orang yang menggunakan helm, hanya ada 24 pengendara yang mengalami cedera tulang leher (7,4%).

Dari 114 orang di atas, terdapat 10,8% yang mengalami patah tulang leher. Sementara itu, dari 24 pengendara yang mennggunakan helm, hanya 4,6% yang mengalami patah tulang leher.

Dari hasil studi di atas juga di dapat hasil bahwa pemotor tanpa helm yang mengalami cedera ligamen sebesar 3,9%. Sementara itu, hanya 0,9% untuk pemotor dengan helm. (Mtb – Pentingnya helm bagi pengendara motor).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: