Penjualan Xpander vs Avanza Maret 2018, Toyota Punya Jurus Pamungkas

Motorisblog.com - Penjualan Xpander vs Avanza Maret 2017. Om Bro...!! Duel sengit kedua mobil LMPV ini masih terus berlanjut. Penjualan salip-menyalip dengan kemenangan dipihak Xpander pada dua bulan terakhir, yakni Februari dan Maret 2018. Toyota pun tentunya tidak tinggal diam untuk memenangkan kembali Avanza. Dia telah menyiapkan segala jurus bahkan ajian pamungkas untuk merebut lagi pasarnya di Indonesia.

Mitsubishi meluncurkan Xpander saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 lalu. Memiliki desain unik dibanding merk lain, Xpander telah membuat banyak orang penasaran hingga akhirnya ngiler dan tergiur untuk membelinya.

Wakakakak...!! Ada kali orang pengen mobil sampe ngiler?

Menurut data yang dirilis Viva, Xpander yang berkapasitas tujuh penumpang telah terdistribusi sebanyak 7,400 unit pada Februari 2018. Dan ini merupakan kali pertama Xpander mengungguli Avanza.

Sebenarnya saat itu Xpander hanya unggul tipis dari Toyota Avanza, namun mengingat kedigdayaan Avanza selama belasan tahun menjadi raja low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia, maka pencapaian Xpander ini merupakan suatu prestasi yang sangat besar. Tidak mudah bagi suatu produk baru untuk dapat merontokkan dominasi pasar produk lama. Harus punya inovasi dan strategi yang sangat brilian. Dan hal tersebut nyatanya mampu di tunjukkan dengan baik oleh Mitsubishi.

Mtb sendiri, dulu merasa penasaran dengan sosok Xpander ini. Bukan apa-apa... soale iklannya begitu gencar di berbagai media. Nah... Om Bro / Sista pun kemungkinan merasa penasaran seperti Mtb sampai akhirnya membeli mobil tersebut.

Hokeh... kembali ke penjualan...

Menurut data yang Mtb ringkus dari Viva, Toyota Avanza pada bulan Februari 2018 hanya terdistribusi sebanyak 6.773 unit. Lebih rendah sebanyak 627 unit dibanding Xpander. Sedangkan menurut informasi dari Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, pada bulan Maret 2018, wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) untuk Avanza adalah sebanyak 7.097 unit. Lumayan naik ketimbang bulan sebelumnya.

Tapi ternyata kenaikan angka distribusi Avanza belumlah mampu menyusul penjualan Xpander. Kabarnya, wholesales Xpander pada bulan Maret lalu adalah 7.493 unit. Bahkan retail salesnya (penjualan ke konsumen) lebih tinggi, yakni 9.338 unit. Demikian informasj yang diberikan oleh Deputy Group Head of Planning and Communication Group MMKSI, Intan Vidiasari. Maka itu artinya, Avanza tetap masih tertinggal sejumlah 404 unit dari Xpander.

Dari informasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan angka penjualan Xpander adalah selaras, baik wholesales maupun retailsales. Teorinya, wholesales lebih tinggi dari retailsales, maka akan terjadi penumpukan produk digudang dealer. Sedangkan jika retailsales lebih tinggi dar wholesales, maka itu artinya bahwa indent cukup panjang sehingga kapasitas produksinya kewalahan.

So... meskipun penjualan Xpander selaras naik, tapi indentnya masihlah sangat panjang.

Secara rinci, data MMKSI menunjukkan angka kenaikan wholesales Mitsubishi Xpander pada tiga bulan pertama di tahun 2018 ini, sebagai berikut,

. Januari: 7.079 unit,
. Februari: 7.400 unit,
. Maret: 7.493 unit,

STRATEGI TOYOTA DALAM PERANG PENJUALAN XPANDER VS AVANZA MARET 2018

Menanggapi data penjualan Xpander vs Avanza Maret 2018, maka muncullah kabar bahwa saat ini Toyota tengah melakukan "gerakan senyap". Caranya ialah dengan terus menggenjot suplai Avanza ke dealer-dealer.

Kabar terbaru yang Mtb ciduk dari Viva, saat ini Toyota telah memasok sekira 9.200 unit Avanza dengan harapan agar calon konsumen menjadi lebih mudah dalam melakukan pembelian. Dengan cara itu, maka diharapkan Avanza akan mampu meraih kembali dominasi kompetitor yang saat ini masih punya daftar inden panjang. Demikian menurut Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.

Kabar lain menyebutkan bahwa selain Avanza, Toyota juga menggenjot suplai Rush untuk mengantisipasi permintaan yang terus naik seiring edisi terbaru. Intinya, saat ini Toyota tengah terus melakukan fulfil demand alias memenuhi permintaan dari konsumen. Begitu informasi dari Executive General Manager PT.TAM, Fransiscus Soerjopranoto. (Mtb - Penjualan Xpander vs Avanza 2018).

Related Post

Harga Mobil Bekas Toyota, Daihatsu, Honda dan Dats... Motorisblog.com - Harga mobil bekas Toyota, Daihatsu, Honda dan Datsun di bawah Rp100 juta. Om Bro...!! Ada kalanya seseorang berminat membeli mobil, ...
Pilihan Mobil Bekas 2018, LMPV dan LCGC Masih Menj... Motorisblog.com - Pilihan mobil bekas 2018. Om Bro...!! Ada beberapa hal yang sejujurnya Mtb baru tahu. Salah satunya ialah perkara jual beli dan harg...
Avanza vs Rush 2018, Kompensasi yang di Sengaja... Motorisblog.com - Avanza vs Rush 2018. Om Bro...!! Sepertinya penyusutan penjualan Avanza pada bulan Februari lalu bukan hanya karena persaingan denga...
Lama Inden Rush 2018, Terios, Yaris dan Xpander Motorisblog.com - Lama inden Rush 2018. Jika kebetulan ini kali pertama Om Bro hendak membeli mobil, sepertinya perkara inden juga perlu dipertimbangk...
Kurs Dollar vs Harga Mobil, Benarkah Berpengaruh? Motorisblog.com - Kurs Dollar vs harga mobil. Om Bro...!! Kita tahu kalau produk-produk roda empat di Indonesia masih kebanyakan impor. Belum seperti ...
Penjualan Toyota Maret 2018 Naik Berkat Banyak Per... Motorisblog.com - Penjualan Toyota Maret 2018. Om Bro...!! Berkat banyaknya perubahan pada beberapa tipe produknya, Toyota berhasil mengerek angka pen...

Leave a Reply