Penjualan Spacy Maret 2018, Sepertinya Dia Telah Binasa…?

Motorisblog.com – Penjualan Spacy Maret 2018. Om Bro…!! Belum gamblang mengenai nasib motor punya Mtb ini. Pasalnya, beberapa sumber menyatakan bahwa Spacy FI saat ini tidak di produksi dan tidak bisa di pesan, sementara pihak AHM menyatakan bahwa motor tersebut masih dijual. Bahkan disitus resmi Honda Indonesia pun produknya masih dipajang.

Om Bro…!! Walau pun secara total penjualan motor Honda selalu mendominasi, namun tidak semua produk laku keras. Contohnya Supra GTR 150 dan Spacy ini yang angka distribusinya selalu memprihatinkan.

Menurut informasi yang Mtb ciduk dari VIVA, penjualan total motor Honda selama bulan Maret 2018 adalah 384.187 unit. Dan menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), angka tersebut lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya, Februari yang hanya 339.152 unit saja. Namun, dari jumlah yang ratusan ribu tersebut, skutik Spacy FI tidak tercatat dalam penjualan meski hanya satu unit saja. Dengan kata lain, penjualan Spacy Maret 2018 adalah nol unit.

Honda Spacy pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 dengan masih menganut sistem karburasi. Bermodal bintang iklan BCL (Bunga Citra Lestari), Spacy sempat mendapat sambutan hangat dari masyarakat (termasuk Mtb) karena beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Sebagai skutik golongan entry level, Spacy memiliki kelebihan dalam hal harga yang paling murah di antara jajaran skutik Honda yang lain. Dia pun memiliki kelebihan dalam hal kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 5,5 liter serta volume bagasi yang muat helm full face, yakni sebesar 18,5 liter. Namun sayang… segala kelebihan Spacy tersebut tidak dibarengi dengan desain yang menarik bagi konsumen Indonesia.

Desain gambot nan wagu dari Spacy membuat orang-orang lebih memilih Vario yang notabene memiliki kubikasi mesin lebih besar. Sementara untuk urusan harga, para konsumen tampak lebih prefer pada Beat series mengingat desainnya yang lebih memanjakan mata.

Hari berlanjut… Spacy semakin sepi peminat hingga tak terjual satu unit pun selama bulan Februari – Maret 2018.

Informasi terbaru dari Viva menyebutkan bahwa saat ini Spacy FI tidak lagi tersedia di dealer-dealer sekitaran Jakarta. Alasannya adalah karena belum ada lagi kiriman dari pabrikan alias stop produksi. Jadi, jika ada Om Bro / Sista yang menginginkan Spacy, maka dipastikan untuk saat ini tidak dapat dipesan.

Berita tersebut bertolak belakang dengan pernyataan Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya beberapa waktu lalu yang mengklaim bahwa AHM masih menjual Spacy FI. Juga bertolak belakang dengan masih dipajangnya produk tersebut pada situs resmi AHM.

Intinya, nasib Honda Spacy FI belumlah jelas, apakah akan dibinasakan atau akan dibangkitkan lagi seperti Suzuki Nex?

Honda Spacy FI menggendong mesin empat langkah berpendingin udara dengan kipas dengan kubikasi 108,2 cc. Daya maksimum 8,6 daya kuda (DK) dan torsi maksimum 8,9 Newton meter (Nm) dengan harga jual saat ini Rp14,5 juta. (Mtb – Penjualan Spacy Maret 2018).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: