Penjualan PCX 2018: Februari Baru Seperempat Nmax

Motorisblog.com – Penjualan PCX 2018 – Om Bro…!! Usaha Honda untuk menusuk pasar NMax di Indonesia sepertinya masih samar-samar dalam hasil penjualan bulan Februari 2018 kamarin ini. Hasilnya baru seperempat dari jumlah penjualan lawan. Namun begitu, angka tersebut belum bisa dibilang gagal, mengingat inden dibelakangnya yang masih sangat panjang.

Honda All New PCX 150 lokal 2018 pertama kali diperkenalkan pada bulan Desember 2017 lalu. Kemudian dirilis resmi 2 bulan kemudian, yakni bulan Februari 2018.

Bicara perkara penjualan ronde pertama, data AISI yang di rilis oleh Detik.com mencatat angka 9.661 unit untuk distribusi Honda PCX 150. Masih sangat jauh dibanding rivalnya, Yamaha NMax 155 VVA.

Namun begitu, maxi scooter yang dirakit di Plant AHM Sunter tersebut telah berhasil menerobos masuk ke dalam data 10 besar penjualan motor Februari 2018, yaitu menempati posisi ke-8.

Hal yang menarik disini adalah kenyataan bahwa pasar NMax ternyata tidak terganggu dengan kehadiran PCX lokal. Data membuktikan bahwa ternyata di bulan Februari kemarin penjualan wholesales Nmax 155 justu naik.

Dari data yang ada, di bulan Januari 2018 lalu NMax terdistribusi sebanyak 28.402 unit. Dan di Februari, angkanya malah menjadi 34.044 unit, padahal di bulan tersebut Honda sudah mulai mendistribusikan PCX lokal.

Dengan begitu jika digabungkan, pasar skutik maxi 150 cc memang sedang mengalami kenaikan. Iya Om… NMax naik hampir 6.000 unit, ditambah penjualan perdana PCX yang lebih dari 9.000 unit, artinya penjualan skutik maxi 150 cc di Indonesia di bulan Februari naik sekira 15.000 unit dibanding bulan sebelumnya.

Melihat kenyataan diatas, maka berarti target distribusi PCX 150 cc belum tercapai.

Informasi sebelumnya perkara target penjualan, AHM telah mematok angka 12.000 unit/bulan alias 150.000 unit/tahun.

Tapi tenang… Jika Om Bro penggemar PCX lokal, Om Bro tidak perlu berkecil hati… Soale angka itu adalah angka wholesales, yaitu jumlah distribusi dari pabrik ke dealer. Artinya angka penjualan PCX masih bisa naik lagi jika perjalanan produksi dan distribusinya sudah stabil.

Menurut keterangan dari Deputy Head of Corporate Communications PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbudin, PCX lokal itu masih inden. Jumlah pesanannya masih lebih banyak dibanding jumlah distribusinya.

Wajar… produk baru memang biasanya seperti itu. Soale, saat launching dulu itu kabarnya PCX sudah terpesan sebanyak 12.000 unit.

Hal lainnya adalah bahwa meski masih jauh tertinggal dari NMax, namun angka penjualan PCX sudah jauh lebih baik dibanding sebelum diproduksi di Indonesia.

Yup… Dulu waktu masih CBU, PCX sama sekali tidak pernah masuk 10 besar. Bahkan penjualannya pun hanya terhitung ratusan unit saja perbulannya. (Mtb – Penjualan PCX 2018 Februari).

Tinggalkan komentar