Penjualan MPV Maret 2018, Kijang Innova Tak Tergoyahkan

Motorisblog.com – Penjualan MPV Maret 2018. Om Bro…!! Data penjualan mobil dari Gaikindo memang tidak secepat data penjualan motor dari AISI. Seperti pun kali ini, data penjualan mobil untuk bulan Maret pun baru muncul ke berbagai media setelah memasuki bulan Mei. Berbeda dengan data penjualan motor yang sudah muncul sejak tanggal belasan di bulan berikutnya.

Om Bro… Secara umum, setiap bulan dan setiap tahun, mobil keluarga alias multi purpose vehicle (MPV) selalu mencatat angka penjualan yang lebih banyak dibanding mobil jenis lain, misalnya city car, hatchback atau pun sport utility vehicle (SUV). Wajar sih ya… Soale mobil jenis MPV kan lebih bisa muat banyak penumpang. Jadi istilahnya, lebih multiguna. Tidak hanya untuk pemenuhan hobi saja.

Om Bro… Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kelas MPV dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu low (bawah), medium (menengah) dan upper (atas). Nah, dalam hal sudah terbagi, MPV kelas menengah ternyata memiliki data wholesales paling tinggi dibanding kelompok lain. Begitu pun pada data penjualan bulan Maret 2018 dimana Gaikindo mencatat penjualan sebanyak 7.063 unit.

penjualan mpv maret 2018

Jumlah 7 ribuan unit tersebut sejatinya lebih tinggi dari bulan Januari dan Februari, namun masih lebih rendah bila dibanding dengan penjualan di bulan yang sama tahun 2017. Selisihnya pun tidak sedikit, yakni selisih seribuan unit.

PENJUALAN MPV MARET 2018

Masih seperti waktu-waktu sebelumnya, penjualan kelas Medium MPB masih didominasi oleh Toyota Kijang Innova dengan catatan angka 5.168 unit.

Dominasi Kijang Innova sangat tampak jelas dimana mobil-mobil lainnya hanya mampu terjual sebanyak ratusan unit saja di bulan tersebut. Sebut saja Nissan Grand Livina yang hanya mampu menorehkan penjualan sebanyak 721 unit saja. Juga ada Wuling Cortez yang hanya punya jumlah penjualan sebanyak 629 unit. Namun, khusus untuk wuling, jumlah penjualan sebanyak 6 ratusan unit pun sudah terbilang bagus, mengingat dia adalah pendatang baru di industri roda empat tanah air.

Lanjut…

Angka penjualan ratusan unit pun tidak hanya dialami oleh merk lain saja. Nyatanya Toyota Sienta pun hanya terjual sebanyak 434 unit sepanjang Maret 2018. Dan terakhir, mobil yang di masa lalu pernah memiliki popularitas tinggi karena mesin dieselnya, Isuzu Panther, hanya terjual sebanyak 100 unit saja. (Mtb – Penjualan MPV Maret 2018).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: