toyota kijang innova

Penjualan Mobil MPV Mei 2018, Rajanya Masih Innova & Xpander

Advertisement

Motorisblog.com – Penjualan mobil MPV Mei 2018. Om Bro…!! Sebelum ini, beberapa tahun yang lalu, ada banyak produsen otomotif asal China yang mencoba peruntungannya di Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau dibanding brand Jepang. Namun sayang… Karena kualitas dan dukungan purna jual yang kurang baik, mereka harus beramai-ramai gulung tikar.

Advertisement

Tapi mereka tidak putus asa. Kini, salah satu pabrikan Negeri Tirai Bambu datang ke Indonesia dengan persiapan yang lebih matang.

Om Bro… Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), brand Wuling yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat, berhasil menjadi salah satu brand kuat di Indonesia. Angka distribusi sejak Januari hingga Mei 2018 menunjukkan kenaikan yang baik. Jika di bulan Januari penjualannya hanya sebanyak 927 unit, maka di bulan Mei melonjak hingga hampir dua kali lipatnya, yakni 1.765 unit. Dan jika diakumulasikan selama 5 bulan, jumlah distribusinya telah mencapai total 6.981 unit.

Brand Wuling bahkan telah masuk ke dalam daftar mobil terlaris di Indonesia. Dia masuk menjadi ranking 9 di bulan April 2018, dan merangsek naik ke urutan 8 dibulan berikutnya, Mei 2018. Hal itu memaksa Datsun dan Nissan untuk rela tergeser ke peringkat 9 dan 10.

So… bagaimana penjualan Wuling di segmen Medium MPV?

Penjualan mobil Medium MPV 2018

Om Bro… Mobil keluarga kasta menengah berkapasitas tujuh penumpang semakin banyak peminatnya. Pun dengan kasta terendahnya. Pokoknya, judulnya, mobil MPV tengah naik daun lah gitu.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat wholesales selama bulan Mei 2018 mencapai 6.068 unit. Masih cukup tinggi meski turun dari bulan sebelumnya yang berada di angka 6.651 unit. Juga lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 8.373 unit.

Singgasana kelas Medium MPV masih diduduki oleh Toyota Kijang Innova dengan angka distribusi sebanyak 5.011 unit. Diikuti kemudian oleh pendatang baru asal Tiongkok, Wuling Cortez yang angkanya masih terpaut jauh, yakni 661 unit.

Advertisement

Selanjutnya ada mobil keluarga pintu geser, Toyota Sienta dengan penjualan 255 unit, kemudian ada MPV bermesin diesel, Isuzu Panther sebanyak 81 unit. Terakhir, Nissan Grand Livina yang punya penjualan sebanyak 56 unit saja.

So… artinya segmen Medium MPV benar-benar dikuasai oleh Kijang Innova secara mutlak. Tapi Mtb fikir sangat wajar sih… mengingat perjalanan Kijang sejak generasi kotak, super, kapsul hingga sekarang menjadi Innova. Sudah puluhan tahun memang nama Kijang melekat di benak masyarakat Indonesia.

Penjualan mobil Low MPV Mei 2018

Selain dikelas medium, jenis mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang pun marak di kasta terendah (low multi purpose vehicle (Low MPV)). Dikelas ini, juaranya adalah yang juga merupakan mobil terlaris di Indonesia, yakni Mitsubishi Xpander dengan jumlah distribusi sebanyak 7.601 unit.

Jumlah distribusi Xpander tersebut meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, April, yang hanya mencapai 7.097 unit saja.

Bertenggernya Xpander di puncak singgasana pada bulan Mei 2018 juga menandakan bahwa sudah keempat kalinya Toyota Avanza harus rela menjadi runner up dengan angka distribusi sebesar 6.480 unit.

Di posisi ketiga ada Suzuki Ertiga yang penjualannya mencapai 4.449 unit.

Meski rankingnya hanya berada di urutan ketiga, namun sejatinya angka penjualan Ertiga meningkat tajam. Sebelumnya, di bulan April, Ertiga hanya laku sebanyak 1.894 unit saja.

Kembaran Avanza, yakni Daihatsu Xenia di bulan Mei 2018 terjual sebanyak 3.082 unit dan menempati peringkat ke empat. Sama sperti yang lain di atas, Xenia juga mengalami peningkatan jumlah penjualan setelah sebelumnya di bulan April terjual sejumlah 2.941 unit.

Berikut ini data lengkapnya,

. Mitsubishi Xpander: 7.601 unit

. Toyota Avanza: 6.480 unit

. Suzuki Ertiga: 4.449 unit

. Daihatsu Xenia: 3.082 unit

. Honda Mobilio: 2.764 unit. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *