Penjualan Grand Livina 2018 Makin Tenggelam… Nissan Lavender Jawabannya…??

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Penjualan Grand Livina 2018 sungguh memprihatinkan. Angkanya hanya mencapai 2 ribuan unit, padahal dimasa lalu pernah mencapai 35 ribuan unit.

Advertisement

Iya Om… Disaat pabrikan lain “balapan” rilis model-model baru MPV dan SUV, Nissan tampak tidak bergerak selain hanya penambahan aksesoris dan ubahan minor yang tidak benar-benar baru. Praktis konsumen Indonesia pun merasa bosan sehingga penjualan Grand Livina semakin tahun semakin menurun.

Sebenarnya data penjualan Grand Livina pun pernah mengagumkan. Dia juga pernah menjadi salah satu bagian dari jajaran mobil terlaris didunia persilatan roda empat tanah air… Tapi ya itu… akibat minim update, minat masyarakat pun semakin menurun. …sehingga penjualan Nissan Grand Livina 2018 hanya membukukan angka 2.437 unit saja…

Jauh pisan dibanding distribusi wholesales Avanza yang mencapai 82.167 unit.

Dari rekam jejak data wholesales Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), sejatinya Grand Livina pernah mengalami masa jaya selama kurun waktu 2008 hingga 2013 lalu. Bahkan pada catatan rekor tertingginya, Grand Livina pernah terdistribusi sebanyak 35.422 unit dalam setahun.

Selain prestasi tersebut, ditahun 2010, Grand Livina juga mampu mengasapi penjualan Toyota Rush, Suzuki APV, Toyota Yaris, Honda CR-V dan Daihatsu Terios.

Tapi itu dulu… Kini pilihan mobil jenis MPV, SUV, dan lain-lain telah semakin beragam. Tidak hanya Avanza-Xenia saja, ada Ertiga, Mobilio, dan sebagainya.

Advertisement

Belum lagi jenis LCGC 7 seater, Calya-Sigra…

So… Grand Livina pun semakin ditinggalkan, …digerus oleh banyaknya pilihan mobil model MPV dan SUV dari berbagai brand di Indonesia.

Pamungkasnya… Gosip akan lahirnya Nissan Xpander alias Livina Xpander alias Nissan Lavender sepertinya akan menjadi harapan kebangkitan Nissan dimasa mendatang. Iya meskipun (mungkin) nantinya dia tidak berhasil “menempel” Avanza dan Xpander, namun setidaknya dia bisa diharapkan untuk mendekati jumlah distribusi Daihatsu Xenia.

Jadi rumusnya nanti:
. Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander
. Daihatsu Xenia vs Nissan Lavender

Kira-kira begitu Om…

Mtb menciduk kesimpulan seperti itu atas apa yang disampaikan oleh Hana Maharani, Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia (detikOto, 18/1/2019), bahwa Nissan tengah menjalankan proyek perluasan dan memperkuat jaringan dealer, serta tengah membangun produk-produk baru bergenre SUV dan MPV sekaligus.

Tambahannya Om… Nama ‘Lavender’ diatas baru sebatas dugaan atau sebutan dari media saja. Belum jelas nama apa yang nanti akan disematkan sebagai label dari produk baru Nissan. Yang jelas, sekarang Nissan tengah menjalin kerja sama yang arahnya (sepertinya) akan seperti kerja sama Toyota-Daihatsu. (Mtb – Penjualan Grand Livina 2018).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *