Penilaian GrabBike yang Wajib diketahui Agar Insentif Selalu Cair

Motorisblog.com – Penilaian GrabBike seolah sebuah momok yang menakutkan bagi para mitra driver yang jujur, Om Bro / Sista. Pasalnya, tidak jarang kejadian / pelanggaran kode etik yang tidak disengaja bisa berujung pada sanksi yang beragam. Dari mulai pembekuan insentif, suspend sementara bahkan suspend permanen.

Membahas perkara penilaian GrabBike, hubungan terdekatnya adalah penilaian dalam penentuan insentif. Maksudnya adalah penilaian yang menjadi ambang batas ketentuan pencairan insentif, baik itu insentif harian atau pun insentif lainnya.

Ada beberapa hal yang sudah Mtb bahas di blog ini, termasuk ketentuan waktu dan kode etik mitra yang merupakan syarat penerimaan insentif. Nah, kali ini Mtb akan bahas salah satu bagian penting lainnya yang meliputi perhitungan nilai penerimaan, penilaian (bintang) dan pembatalan. Ketiga hal tersebut adalah yang paling vital. Paling menentukan apakah Om Bro dapat menerima insentif atau pun tidak.

Hokeh… kita langsung saja ke TKP…

Nilai penerimaan, adalah jumlah order yang kita terima dihari dan minggu bersangkutan

Kelau menurut dari konsultasi Mtb dengan Customer Service Grab via email, dalam hal ini order yang batal pun termasuk dalam perhitungan. Contohnya begini,

Misalnya dihari tersebut Om Bro / Sista menerima order yang terselesaikan sebanyak 4 perjalanan dan cancel 1 perjalanan, maka nilai penerimaan Om Bro / Sista tetap 100%. Namun, jika (umpamanya) pada order yang ke-6 Om Bro / Sista mengabaikan (atau terabaikan secara tidak sengaja sehingga aplikasi terkunci), maka order ke-6 tersebut menjadi minus bagi nilai penerimaan. Sehingga hasil penerimaannya menjadi,

* 4 order sukses + 1 order batal + 1 order terabaikan = 6 order.

Nah, jumlah 6 order tersebut menjadi,

* 1 order terabaikan dibagi 6 total order dikali 100 (persen) = 16,7%

* Maka, dihari tersebut nilai penerimaan Om Bro adalah 100% – 16,7% = 83,3%

penilaian grabbike

Jika mengacu pada aturan di area Mtb dengan syarat penerimaan minimal 85%, maka insentif Om Bro / Sista dihari itu akan hangus. Tapi, jika batas waktu insentifnya masih banyak, Om Bro masih berkesempatan untuk menaikkan nilai penerimaan. Seiring bertambahnya order yang Om Bro / Sista terima, maka nilai penerimaan pun akan naik kembali.

Nilai penerimaan Grab Bike akan kembali nol (100%) pada hari Senin setiap minggunya

 

Penilaian (Bintang / penilaian penumpang)

Ini bagian yang paling sulit dikontrol. Pasalnya, penilaian bintang diberikan oleh konsumen langsung. Jadi cara mempertahankannya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik sehingga memuaskan konsumen.

Nilai bintang tidak kembali normal pada hari Senin

Nilai bintang dihitung oleh sistem Grab dari 100 pesanan terakhir. Cara perhitungannya adalah dengan menjumlahkan seluruh bintang, kemudian dibagi 100. Contoh,

Misalnya pada 100 order terakhir Om Bro mendapatkan 80 kali bintang 5 dan 20 kali bintang 4, maka nilai bintang Om Bro / Sista adalah,

(80 x 5) + (20 x 4) / 100 = 4,8.

Nah, untuk mendapatkan insentif, minimal nilai bintangnya adalah 4,5.

Menurut informasi resmi dari halaman bantuan GrabBike, ambang batas nilai driver minimal adalah 4,8. Artinya, jika Om Bro / Sista punya nilai dibawah 4,8 bintang, maka performa Om Bro tergolong “kurang bagus”. Maka bekerja keraslah untuk memuaskan konsumen agar bintang Om Bro menjadi naik.

 

Pembatalan

Untuk nilai pembatalan, perhitungannya adalah sama dengan nilai penerimaan. Hanya saja, angka yang digunakannya terbalik. Jadi, kalau melihat contoh diatas dari 6 total order tadi, maka nilai pembatalannya adalah 16,7%.

Pada aplikasi GrabBike driver, pembatalan yang menurunkan performa adalah pembatalan yang dilakukan oleh drivernya sendiri. Sementara pembatalan yang dilakukan oleh konsumen tidaklah mengurangi performa driver.

Nilai pembatalan maksimal untuk area Mtb (Priangan Timur) adalah 8%.

Nilai penerimaan dan nilai pembatalan mempunyai imbas ganda, yakni pada performa harian dan performa mingguan. Jadi, selain dihitung berdasarkan jumlah order dihari tersebut, pun dihitung dengan total order selama minggu bersangkutan.

Menurut pengalaman Mtb, angka penilaian penerimaan yang ditampilkan di aplikasi adalah dari jumlah order mingguan. Sehingga pembatalan hari ini bisa berimbas pada penilaian hari berikutnya hingga pergantian minggu (Hari Senin).

Contohnya,

Jika dihari tersebut mengambil contoh 6 order diatas, sementara dihari-hari sebelumnya dalam minggu itu Om Bro sudah punya 14 order (selesai mau pun batal), maka totalnya adalah 20.

Dari total 20 order dengan satu pembatalan, maka nilai pembatalannya adalah, 1 : 20 x 100 (persen) = 5% (Mtb – Penilaian GrabBike).

4 tanggapan untuk “Penilaian GrabBike yang Wajib diketahui Agar Insentif Selalu Cair

  • 24 Oktober 2018 pada 22:23
    Permalink

    Bang, kan hp saya ni bunyi dan getar, tanda ada oredrao yg masuk. Tapi di layar hp GK ada tuh tulisan terima orderan, jadi yg terlihat hanya peta saja, padahal jelas ada orderan masuk. Dan alhasil beberapa detik kemudian muncul gembok yg berarti saya udah GK ngambil orderan tsb. Saya jadi bingung bang.. mohon pencerahannya

    Balas
    • 24 Oktober 2018 pada 23:53
      Permalink

      Yup. Di kampung saya, hal seperti itu di sebut “metel”. Artinya terpental.

      Jadi, pas hp bunyi itu memang ada order masuk, tapi kemudian terpental, pindah ke driver lain.

      Penyebabnya ada dua hal,

      Pertama masalah sinyal.

      Pas ada order masuk, sinyal kita pas turun, jadi ordernya loncat keluar dari hp kita.

      Penyebab yang kedua ialah masalah sistem. Atau lebih tepatnya, ada bug di aplikasi Grabnya itu sendiri.

      Kalo ngga salah, dulu versi 5.34.0 yang sering kejadian.

      Ngga apa-apa. Itu lazim terjadi di aplikasi Grab. Ngga tiap hari kejadian.

      Tapi misale Om Bro sering mengalami masalah itu, solusinya harus update ke versi terbaru.

      Kalo udah update masih saja terjadi, maka kembalikan (down-grade) aplikasinya ke versi lama.

      Saya ada tutorial cara down-grade ke versi lama di blog ini.

      Coba ketik “down grade grab” di kolom pencarian blog ini.

      Balas
  • 15 November 2018 pada 08:00
    Permalink

    bagaimana jika penumpang tidak memberi bintang sama sekali, karena hanya sekedar mengggunakan saja,… bagaimana nasib rating grabbike nya???

    Balas

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: