Pengguna Motor di Jepang Bisa Sewa Motor di Dealer Resmi Yamaha

Motorisblog.com – Pengguna Motor di Jepang – Om Bro…!! Beberapa bulan yang lalu Mtb pernah menuliskan perkara biaya pembuatan SIM di Jepang yang membutuhkan biaya hingga Rp40 jutaan… Dan dengan biaya sebesar itu, rata-rata pembuatan SIM baru selesai dalam waktu 3 bulan…

Selain itu, Mtb juga pernah membaca berita yang menyebutkan bahwa seseorang di Jepang lebih memilih punya 3 orang pacar ketimbang memellihara satu ekor motor berkapasitas 250cc.

Ada lagi informasi yang menyebutkan bahwa di Jepang, sebuah mobil hanya di ijinkan untuk beroperasi selama 5 tahun. Setelah itu, mobil harus di musnahkan. Dan jika si pemilik ingin tetap punya mobil, maka dia harus membeli unit baru.

Lah… apa iya?

Entahlah… Mtb belum pernah tinggal di Jepang, jadi tidak tahu kebenaran yang sesungguhnya… Namun jika benar, apa artinya itu…?

Itu artinya, kebijakan pemerintah Jepang dalam menentukan segala hal yang berhubungan dengan kendaraan bermotor sangatlah mahal. Entah itu pajaknya, harga motornya, biaya pemeliharaannya, dan lain-lain termasuk biaya pembuatan SIM-nya.

Di satu sisi, seakan pemerintah Jepang mempersulit transportasi bagi rakyatnya. Tapi disisi lain, pemerintah Jepang telah membangun segala transportasi massal yang serba cepat dan serba nyaman. Yang karena segala kebijakan tersebut, maka rakyat Jepang jadi lebih memilih untuk menggunakan jasa transportasi umum ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.

Efek positifnya jelas… Rakyat jadi lebih sehat karena banyak yang berjalan kaki dan bersepeda onthel, jalanan tidak macet oleh kendaraan bermotor dan jumlah polusi udara dapat ditekan hingga serendah-rendahnya.

Naaahh… karena semua hal di atas yang pada intinya menjadikan biaya hidup sebuah mobil/motor hingga sebegitu mahalnya, maka rental motor pun menjadi sebuah pilihan saat seseorang membutuhkan untuk menggunakan motor. Bahkan, saking bagusnya potensi bisnis persewaan motor ini, dealer Yamaha di Jepang sampai turut terjun membuka rental.

Ini menarik nih… Teman Mtb pernah di tangkap polisi gegara membuka rental motor.

Lah, apa salahnya ya?

Mtb heran, sampai kemudian Mtb tanya,

“Kamu kenapa sampai ditangkap polisi”?

Dia jawab,” Gara-gara saya buka rental motor”,

Saya makin ngga ngerti, “Emang apa salahnya kalo buka rental motor?”

Dia jawab lagi, “Soale saya buka rental motor punya orang lain pas tengah malam pas tokonya udah tutup”,

Wakakakakak…!! Itu sih maling namanya…

Hokeh… Kembali ke rental motor Yamaha di Jepang…

Om Bro…!! Bicara perkara rental motor, hal itu tentu bukan sesuatu yang aneh ketika di kelola oleh sebuah perusahaan atau perorangan secara umum. Tapi hal itu menjadi sesuatu yang baru ketika sebuah dealer resmi yang mengelolanya.

Informasi ini Mtb dapatkan dari Warungasep yang bersumber dari Ridertua dengan sumber awal yang tidak diketahui… Bahwa Yamaha Jepang telah mengumumkan rencana bisnis rental motor tersebut sejak 19 Januari lalu.

Sektor bisnis ini dinamakan “Yamaha Motorbike Rental” dan mulai beroperasi pada 1 Oktober 2018 dan berpusat di dealer Yamaha Motor YSP.

Informasi tersebut juga menyebutkan bahwa Yamaha Jepang berencana mendirikan lokasi rental motor tersebut hingga sebanyak 70 gerai hingga tahun 2020 nanti.

Wuuiiihhh….!! Kenapa Yamaha sampai turun ke dunia sewa-menyewa? Apakah pangsa pasar Yamaha di Jepang jeblok???

Ternyata bukan itu alasan utamanya. (Mungkin itu alasannya tapi bukan utama). Yamaha sampai memilih untuk terjun ke bisnis rental ini karena sebelumnya mereka telah melakukan survei… yang hasilnya…

…sekira sebanyak 70% pendapatan pemegang lisensi sepeda motor ternyata berasal dari orang yang tidak memiliki sepeda motor.

Ini rada berbelit nah bahasanya… pokoknya ya begitu lah…

Menariknya… ternyata tarif rental sepeda motor disana terbilang mahal lho, Om Bro… Taris sewa selama 24 jam mencapai 12.800 Yen (sekira Rp1,7 jutaan)… Bahkan jika sewanya per-delapan jam, tarifnya jadi lebih mahal…

Tarif untuk sewa selama 8 jam ialah 10,300 Yen (sekira Rp1,3 juta). Selama 24 jam berarti jadi Rp3,9 jutaan…

Uwowww…!! Mahal amir…??

Iya, memang mahal… Tapi tarif itu bisa menjadi alternatif jika Om Bro membutuhkan motor di Jepang hanya sesekali saja… bukan setiap hari. Karena ya itu tadi… akan butuh biaya yang jauh lebih besar bagi orang yang membeli/memiliki motor.

So… Motor apa yang di rentalkan oleh Yamaha Jepang?…?

yamaha tricity

Yang jelas sih bukan Mio Series… Unitnya ialah Yamaha MT-03, Yamaha Tricity dan lain-lain. (Mtb – Pengguna Motor di Jepang Bisa Sewa Motor di Dealer Resmi Yamaha).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: