Pajak Mobil Hybrid di Indonesia: PPnBM-nya Hanya 15%

Motorisblog.com – Om Bro…!! Selain menurunkan PPnBM atas motor gede (moge).., PP Nomor 73 tahun 2019 juga memberi keringanan pajak mobil hybrid di Indonesia. Kini, PPnBM untuk kendaraan ramah lingkungan itu hanya sebesar 15% saja.

Pajak Moge di Indonesia Turun 30% pada Oktober 2021

Betul Om… Skema terbaru pajak kendaraan hybrid.., menetapkan tarif pajak berdasarkan konsumsi bahan bakar atau emisi CO2 yang dikeluarkan.

Selengkapnya mengenai peraturan pajak mobil hybrid, menurut aturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 tahun 2019.., tarif PPnBM mobil hybrid adalah hanya 15%. Namun nilai tersebut punya syarat.., yaitu jika konsumsi bahan bakarnya mencapai 15,5 km/liter… atau emisi CO2-nya di bawah 150 gram/km.

Dengan adanya kebijakan baru tersebut, maka harga jual mobil hybrid dapat ditekan menjadi lebih rendah.

Dengan adanya penurunan harga, diharapkan daya beli masyarakat dapat meningkat. Dengan begitu, maka populasi mobil hybrid bisa semakin bertambah. (Riki Rusdiono, Koordinator Kepala Cabang Auto2000 Wilayah DKI 1 – Kompas (29/10/2019)).

Tapi pun begitu.., besaran pajak bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi harga jual kendaraan. Ada banyak faktor lain yang juga ikut punya andil dalam penetapan harga kendaraan hybrid… diantaranya faktor finansial, kebijakan fiskal dan kurs rupiah terhadap US dollar.

Betul Om… Saat ini mobil-mobil hybrid yang dijual di Indonesia.., jalur penjualannya masih secara CBU… Jadi masih sangat terpengaruh oleh faktor-faktor tersebut.

Artinya, selama tidak ada gejolak pada hal-hal di atas.., maka dampak penurunan tarif PPnBM terhadap mobil hybrid akan terasa. (Handy, Sales Knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM) – Kompas (29/10/2019)).

Tanggapan Toyota Tentang Pajak Mobil Hybrid di Indonesia

Menanggapi syarat PP Nomor 73 tahun 2019 tersebut.., Toyota mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar mobil-mobil hybrid Toyota sudah mumpuni… yaitu lebih 15,5 km/liter.

Salah satu contohnya ialah Toyota Crown Hybrid yang menjadi kendaraan dinas para menteri.., konsumsi BBM-nya diklaim mampu menembus 30 km/liter dalam kondisi tertentu.toyota crown 2.5 hv g-executive 2019 menteri kabinet jokowi

Spek dan Harga Mobil Toyota Crown 2.5 HV G-executive

Lebih dari itu.., belum lama ini Toyota juga telah melakukan pengujian konsumsi mobil-mobil hybrid mereka… dengan menempuh perjalanan Banyuwangi – Bali.

Dari hasil pengujian tersebut.., tercatat Toyota C-HR Hybrid dapat menempuh jarak sejauh 22 km… dengan 1 liter bensin. Sementara Corolla Altis Hybrid, konsumsi BBM-nya adalah 26 km/liter.

Segini Konsumsi BBM Mobil Hybrid 5 Model Toyota

Itu artinya, mobil-mobil hybrid Toyota punya efisiensi tinggi… dan memenuhi syarat PP Nomor 73 tahun 2019. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: