Pabrik Wuling Cikarang, Produk China dengan Standar Amerika

Motorisblog.com – Pabrik Wuling Cikarang. Om Bro…!! Mohon maaf, ini bukan soal fanatisme kebangsaan. Tapi Mtb harus jujur bahwa selama ini Mtb kurang respect terhadap produk-produk China. Entah itu motor, gadget atau pun perangkat elektronik lainnya. Namun, bukan berarti Mtb menyama ratakan segala hal yang berbau-bau China sebagai hal dengan kualitas buruk. Misalnya saja soal kulinernya… Banyak menu-menu makanan dengan gaya khas Cina yang Mtb suka.

Nah, untuk perkara produk otomotif, merk Wuling pun sepertinya menjadi salah satu brand yang patut di perhitungkan. Pasalnya, setelah beberapa bulan mengaspal di jalanan RI, Wuling mendapat respon jumlah penjualan yang cukup baik untuk ukuran pendatang baru.

HARGA WULING TAK TERPENGARUH KURS DOLLAR US

Salah satu kelebihan mobil Wuling dapat terlihat dari harga jualnya yang tidak begitu terpengaruh oleh nilai tukar dolar AS terhadap rupiah. Soale selama ini Wuling memang menggunakan patokan nilai tukar Yuan, karena sebagian besar komponennya didatangkan dari China untuk kemudian dirakit di pabrik Wuling Cikarang. Jadi, dalam kondisi kurs USD sedang melonjak tinggi pun tidak serta-merta memberi pengaruh signifikan pada harga jual Wuling.

PRODUK PABRIK WULING CIKARANG DI EKSPOR KE ASEAN, INDIA DAN AMERIKA LATIN

Kemudian, selain hanya stabil dalam hal harga, Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia, Arif Pramadana dan Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani pun menyebutkan bahwa pabrik Wuling Cikarang pun akan mengikuti Mitsubishi Xpander dalam hal ekspor ke negara-negara ASEAN dan beberapa negara lainnya. Yang tentunya akan disesuaikan dengan demand alias kondisi negara ekspor.

Untuk mod mobilnya sendiri rencananya Confero atau Cortez yang tengah dalam studi untuk ekspor ke ASEAN, India dan Amerika Latin.

UJI TABRAK PRODUK PABRIK WULING CIKARANG DILAKUKAN DI JEPANG

Hal lain yang menarik dari Wuling Indonesia adalah bahwa tes tabrak atau crash testnya di lakukan di Jepang. Bukan di China, meskipun brand tersebut berasal dari sana. Hal ini tentunya menjadi nilai plus bahwa produk China yang biasanya memiliki kualitas dibawah standar Jepang, ternyata kali ini diuji dengan pengujian standar Jepang.

Sebenarnya ada sih tempat uji tabrak mobil Wuling di China, tapi khusus untuk yang buatan Indonesia, pengujian dilakukan di Jepang.

Wah… berarti hasil produksi pabrik Wuling Cikarang lebih istimewa pengujiannya nih…

PRODUK WULING CIKARANG DIJAMIN TIDAK ADA CACAT PRODUKSI

Pihak Wuling pun berani mengklaim bahwa produk-produknya telah dipastikan tidak akan ada cacat sedikitpun sebelum di kirim ke tangan konsumen. Jika pun ada defect kecil, mobil tersebut tidak akan dikeluarkan dari pabrik. Nantinya akan dikebalikan dan di repair online oleh special group bagian repair.

Jaminan tidak ada cacat tersebut, dinyatakan pihak Wuling, berlaku untuk semua bagian, termasuk mesin dan cacat bagian cat akibat debu sekali pun.

ALAMAT DAN KAPASITAS PRODUKSI PABRIK WULING CIKARANG

Pabrik Wuling Motors (Wuling) berlokas di Greenland International Industrial Centre (GIIC), Cikarang, Jawa Barat. Telah beroperasi sejak tahun 2017 dengan apasitas produksi mencapai 120.000 unit/tahun. Dilengkapi dengan teknologi “Global Manufacturing System” (GMS) dengan total investasi mencapai USD 700 juta.

Saat ini pabikan Wuling di Cikarang tersebut telah memiliki 700 orang pekerja dan akan terus bertambah haingga dapat memenuhi 3.000 lapangan kerja.

Mobil Wuling produksi Cikarang dirakit secara lokal, namun masih ada beberapa komponen yang didatangkan utuh dari China, yaitu mesin dan komponen baja. Alasannya, untuk memproduksi mesin, Wuling memerlukan casting plant, engine plant dan power train yang tentunya membutuhkan investasi yang cukup mahal. So, untuk dapat memproduksi mesin di Indonesia, Wuling harus memastikan dulu bahwa volume penjualannya sudah dapat memenuhi kapasitas produksi, yakni sebanyak 120,000 unit/tahun.

Saat ini bagian yang paling banyak dilokalkan adalah body part.

KENYAMANAN KARYAWAN PABRIK CIKARANG

Untuk mengurangi ketidaknyamanan pekerja akibat cuaca panas, Wuling mengaplikasikan kipas angin berukuran besar. Alasannya karena jika menggunakan AC, maka biaya pembuatan pabrik tentu jadi lebih mahal yang pada akhirnya dapat berpengaruh pada harga jual mobil. Namun begitu, pada beberapa area, mosalnya bagian paint shop, sudah terpasang AC karena wilayah tersebut sensitif otomation, jadi harus cool.

Wuling hadir di Tanah Air pada bulan Juli 2017 dan sekarang telah memiliki pabrik sendiri yang kala itu diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wuling adalah bagian dari General Motors (GM) Amerika dan mengklaim bahwa seluruh pabriknya telah memenuhi standar GM Global.

Pabrik Wuling Cikarang berdiri di atas lahan seluas 60 hektar. Terdiri dari 2 fasilitas, yakni 30 hektar pabrik manufaktur mobil dan 30 hektar untuk supplier park.

Pabrik tersebut telah memproduksi dua model MPV, yakni Wuling Confero dan Cortez.

Pabrik Wuling di Cikarang menggunakan standar pengecekan manal, yaitu setelah dirakit body, dilihat, dibersihkan, kemudian di cek manual dengan mata dan tangan.

Jika sudah lulus pemeriksaan akhir, maka mobil akan ditutup dengan lapisan khusus agar tidak cacat dari debu yang sedikit sekalipun, khususnya pada bagian cat.

Saat ini pabrikan Cikarang telah mampu memproduksi 15 unit mobil/jam. Angka tersebut akan terus dimaksimalkan hingga 25 unit/jamnya. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: