pabrik shockbreaker yss

Pabrik Shockbreaker YSS, Proses Canggih, Kualitas Setara Suspensi MotoGP

Motorisblog.com – Pabrik shockbreaker YSS. Om Bro…!! Untuk blogger papan atas sekelas Lek Iwanbanaran, Mang Kobayogas dan lain-lain, yang namanya Visir Factory sudah menjadi hal lumrah. Seperti pula kali ini, mereka dan beberapa orang blogger/vlogger lainnya diundang oleh USS dan TDR untuk meninjau pabrik suspensi YSS si Thailand.

Langsung saja ke reviewnya…

Jika (misalnya) diantara Om Bro sekalian ada yang beranggapan bahwa pabrikan YSS adalah hanya industri kecil (bahkan home industry), maka sejatinya pandangan itu keliru jauh… Pabrik shockbreaker YSS di Thailand adalah industri besar. Malahan semua komponen dibuat dari nol disana. Tidak ada istilahnya impor komponen untuk dirakit ulang…

Dan hebatnya lagi, dibeberapa line produksi, proses pengerjaannya dilakukan menggunakan teknologi robotic.

Produk suspensi YSS sudah ada di Indonesia sejak awal dekade 2000-an dan sudah hampir 30 tahun berdiri di Thailand. Konon, YSS ini masih satu grup dengan TDR… Maka dari itu, undangan untuk pada blogger/vlogger tersebut pun datangnya dari kedua brand itu.

Kokasi pabrik shockbreaker YSS berada di Samutprakan, Bangphli Thailand. Jaraknya sekira 45 menit perjalanan dari Bangkok.

Proses produksi

Proses produksi diawali dari sebuah ruangan besar yang berisi besi baja roll dengan diamater bervariasi. Yakni ruangan bahan mentah untuk spring suspensi.

pabrik shockbreaker yss
Bahan dasar spring

Bahan baja rol dimasukkan ke dalam mesin besar dari ujungnya melalui lubang mesin. Dan saat keluar, gulungan bahan baja tersebut sudah berbentuk spiral.

pabrik shockbreaker yss
Spring setengah jadi

Spring kasar itu kemudian dibawa kedalam alat khusus (heater room) untuk proses pematangan dengan cara dipanaskan pada suhu hingga 400 derajat celcius. Nah, dari sini keluarnya sudah menjadi spring yang mengkilap.

Sesudah matang dan mengkilap, spring kemudian digantung sebelum di tes QC (Quality Control), lantas ujungnya di papas… dibuat rata untuk dudukan pada saat pemasangan pada motor, nantinya.

Lulus uji QC, spring digantung lagi untuk kemudian dibawa oleh robot menuju proses painting (pengecatan). Selesai… spring pun memasuki area coating dan terus dikerjakan secara robotic sampai finish.

pabrik shockbreaker yss
Proses painting

Beres proses pembuatan spring, selanjutnya, spring akan diproses dan disatukan dengam komponen-komponen lain seperti inner tube, damper dan lain-lain yang juga dibuat dari nol di pabrik tersebut.

Satu hal hebat lainnya lagi adalah pada tahap tes durability… Disana, spring akan ditekan berulang-ulang oleh mesin khusus hingga 200.000 kali secara random. Jadi jelas… bicara perkara kualitas, YSS ini tidak main-main. Pantaslah jika mereka sampai memiliki produk steering damper YSS dan part-part racing lainnya. Boleh dikatakan, saat ini YSS merupakan perusahaan terbaik dalam produk after market sepeda motor. Terbukti YSS sudah dieksport ke 48 negara dunia dengan kapasitas produksi hingga 2 juta pasang suspensi pertahun.

Boss YSS sendiri, Mr. Pinyo (CEO) mengatakan bahwa YSS sudah mensupport tim racing AP Honda Thailand di kelas ARRC AP250. Juga WSSP 300 untuk tim Kawasaki.

Salah satu petinggi YSS, Mr. Greg (asal Australia) mengklaim bahwa produk part after market YSS dibuat dengan bahan material yang sangat bagus. Bahkan untuk beberapa lini produk, kualitasnya sejajar dengan brand Ohlins yang notabene brand besar dengan harga part yang relatif mahal.

Mr.Greg berani mengklaim demikian karena sebelumnya dia bekerja di pabrikan “brand kuning” sebagai tenags engineering dan baru 2 tahun ini bergabung dengan YSS. Jadi dia tahu betul… (Mtb).

Tinggalkan Komentar