Pabrik Baterai Mobil Listrik Indonesia Telah Memasuki Tahap Pembangunan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Demi mengejar target 20% produksi kendaraan listrik pada 2025 nanti, pabrik baterai mobil listrik di Indonesia saat ini telah mulai memasuki tahap pembangunan. …atau lebih tepatnya telah dilakukan prosesi peletakan batu pertama.

Yup… Peletakan batu pertama telah dilakukan dalam rangkaian pembangunan pabrik bahan baku baterai lithium. Dialah PT QMB New Energy di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), yang berlokasi di Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu, Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartanto dan Menteri Koordinator Bidan Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa roadmap industri otomotif nasional ialah 20% kendaraan berbasis listrik pada tahun 2025 mendatang.

Jadi misale dalam satu tahun nanti industri otomotif nasional (misalnya) menghasilkan 5 juta unit produk, maka diharapkan 1 juta unit diantaranya ialah kendaraan listrik, baik mobil atau pun motor. (Kompas, 12/1/2019).

Nah, untuk mempercepat pencapaian target tersebut, maka pengembangan baterai dan power train elektrik motor perlu digenjot. Pasalnya, dua komponen tersebut ialah yang utama dalam unit kendaraan listrik.

PT QMB New Energy Materials dibangun atas kerja sama perusahaan Tiongkok, Indonesia, dan Jepang. Mereka adalah,
. GEM Co.,Ltd.
. Brunp Recycling Technology Co.,Ltd.
. Tsingshan
. PT IMIP
. Hanwa

…dengan besaran investasi total senilai US $700 juta aka sekira Rp9,8 triliun.

PT QMB New Energy Materials dibangun pada lahan seluas 120 hektare. Pabrik ini nantinya bakal memproduksi material energi baru dari nikel laterit, …yang merupakan bahan baku baterai lithium generasi kedua.

So… Mtb kira cukup membanggakan lantaran Indonesia yang menjadi tuan rumah dalam proyek ini, …yakni proyek smelter berbasis teknologi hydrometalurgi bagi pengembangan baterai kendaraan listrik.

PT QMB New Energy Materials punya kapasitas konstruksi sebagai berikut,
. Nikel 50.000 ton
. Kobalt 4000 ton

…dan akan memproduksi
. 50.000 ton intermedit nikel hidroksida
. 150.000 ton baterai kristal nikel sulfat
. 20.000 ton baterai kristal sulfat kobalt
. 30.000 ton baterai kristal sulfat mangan

Semua hasil produksi tersebut bukan hanya akan dipasarkan didalam negeri saja, tapi juga bakal diekspor ke negara lain. …sehingga nantinya punya nilai lebih lantaran tak lagi hanya mengekspor raw material, tapi lebih pada bahan baku siap produksi.

PT QMB merupakan industri baterai kendaraan listrik berteknologi canggih yang pertama di Indonesia dan menjadi salah satu yang terbesar didunia.

Dan pamungkasnya, sebagai daya dorong dalam pengembangan industri baterai lithium tersebut, telah ada 4 prinsipal Jepang yang siap menopang infrastruktur pengembangan mobil listrik di Indonesia. (Mtb – Pabrik baterai mobil listrik).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: