oplet si doel anak sekolahan

Oplet Si Doel Sekarang Bernilai Rp1 Miliar…!! Dulu Rp500 Ribuan…

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Siapa sangka harga Oplet Si Doel sekarang mencapai Rp1 miliar, bahkan lebih. Iya Om… Mtb katakan lebih lantaran si empunya tidak melepas ketika ada tawaran harga Rp1 M. Maka artinya bahwa mobil unik dan langka itu patutnya di hargai lebih dari nominal itu.

Advertisement

Tapi tentu kondisinya sudah tidak seperti dulu lagi Om… Sudah banyak perbaikan yang dilakukan oleh Rano selama ini… Maka itu sampai ada orang yang menawarkan harga Rp1 miliar demi ingin memiliki oplet tersebut.

Iya Om… Oplet Si Doel saat ini sudah melalui tahapan proses restorasi.

oplet si doel anak sekolahan

Bagian eksteriornya sih tetap mempertahankan bodi lama… Namun mesinnya telah diganti dengan kepunyaan MINI Cooper 2013.

Om Bro… Puluhan tahun lalu oplet pernah menjadi kendaraan angkutan umum di Jakarta. Tapi itu sudah lama sekali… Mtb juga tidak tahu.

Saat Mtb pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta di tahun 1991, saat itu Mtb baru berusia 9 tahun. Itu pun di Jakarta hanya beberapa hari saja… Hanya sekedar berkunjung ke rumah saudara… Setelah itu yaa Mtb pulang lagi ke kampung halaman di Banjar Patroman.

Sembilan tahun kemudian di tahun 2000 Mtb kembali ke Jakarta untuk waktu yang sedikit agak lama. Hingga 1,5 tahun. Saat itu oplet sudah tidak ada lagi di sekitaran Senen, Jatinegara, hingga Duren Sawit. Entah sih kalau di pinggiran ibu kota.

Tahun 2001 Mtb kembali ke kampung halaman, lantas di tahun 2007 Mtb berangkat lagi ke ibu kota. Lumayan lama… Hingga akhir tahun 2014, barulah Mtb balik kampung. Tapi jelas di rentang tahun itu, Jakarta sudah jauh lebih modern lagi. Jangankan oplet, Bajaj oranye 2-tak dan Bemo pun sudah sulit ditemui.

Advertisement

Setelah tahun 2014, Mtb tidak ada rencana merantau lagi ke ibu kota untuk waktu yang lama. Jika pun Mtb kembali ke Jakarta, palingan untuk tujuan tertentu dalam waktu pendek. Begitulah niat Mtb untuk tetap menetap di kampung kelahiran Mtb, Ciamis…

Wakakakakak…!! Malah jadi berkisah masa lalu Mtb sendiri… Yowis kita balik lagi ke bahasan Oplet Si Doel sekarang…

Om Bro… Oplet Si Doel yang dikoleksi oleh aktor yang sekaligus mantan Gubernur Banten itu aslinya adalah Morris Minor lansiran tahun 1957.

Memiliki oplet adalah mimpi Rano sejak dulu saat ia masih sekolah. Kisah sedihnya ialah, kala itu Rano tidak punya uang bahkan hanya untuk sekedar naik oplet saja… Rano hanya bisa melihatnya setiap kali berangkat ke sekolah.

Atas dasar itulah maka saat dirinya membuat sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’, ia memerintahkan pada Art Director untuk membeli oplet sebagai properti film. (Rano Karno – Viva, 1/7/2019).

Oplet itu sendiri dulunya dibeli dari Surabaya. Mobil bekas tabrakan Om… Ngeri… Mesinnya 1.600cc, saat itu harga belinya hanya Rp525 ribu dengan kondisi yang sudah tidak layak jalan.

Om Bro… Seperti yang Mtb ceritakan di atas, awalnya oplet itu dibeli untuk properti film. Maka kondisi mobil dibiarkan apa adanya untuk penguat alur cerita…

Setelah itu Rano melakukan restorasi pada opletnya. Dan siapa sangka Oplet Si Doel Anak Sekolahan sekarang sudah pernah ada yang menawar Rp1 miliar…

Tapi tentu Rano tidak akan rela melepas oplet Si Doel yang bersejarah baginya itu… (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *