Ojek Online KlikQuick Bukan Sekedar Ojek, Tapi Marketplace Lokal Berkelas Nasional

Motorisblog.com – Ojek online KlikQuick bukan sekedar ojek, tapi marketplace berbasis transportasi lokal. Inilah yang unik dan membedakan antara KlikQuick dibanding perusahaan transportasi online lainnya.

Ketika Om Bro / Sista mendengar kata Gojek, Grab dan Uber, pasti yang terlintas dalam benak Om Bro / Sista sekalian adalah bayangan ojek online, taksi online dan sejenisnya. Tapi tidak jika Sista / Om Bro membuka aplikasi KlikQuick. Setidaknya begitulah informasi yang Mtb dapat dari Teh Rina dan Teh Puji selaku Koordinator Cabang dan Koordinator Kecamatan di Kota Banjar Partoman.

Meski KlikQuick juga merupakan layanan ojek online, namun sejatinya fokus KlikQuick justru menjadi perusahaan marketplace berbasis transportasi lokal.

ojek online klikquick

Pengertian marketplace

Sejujurnya Mtb bukanlah ahli dalam tata bahasa. Namun dalam pengertian yang sederhana, marketplace KlikQuick adalah layanan transportasi yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli.

Maksudnya begini…

KlikQuick mengajak para pelaku UKM lokal untuk bekerja sama dalam memasarkan produknya. Kemudian, user (pelanggan / pembeli) dapat memesan produk yang diminati melalui aplikasi KlikQuick. Nah, pesanan tersebut untuk kemudian akan dikirimkan oleh rider / driver KlikQuick dari penjual ke pembeli.

Wwkwkwkwkwk…!! Sumpah Mtb bingung nyusun kalimatnya, jadi rancu dibacanya ya? Tapi nggak apa lah, yang penting Sista dan Om Bro sekalian faham maksud Mtb. Atau untuk lebih jelasnya, silahkan Sista / Om Bro download saja aplikasinya di Play Store.

Kelebihan KlikQuick dibanding perusahaan ojek online yang lain

Jangkauan luas

Menurut informasi yang Mtb dapat, saat ini layanan KlikQuick sudah tersedia diseluruh kota di Indonesia (kecuali di Lombok yang belum ada). Dan hebatnya, dikota-kota kecil seperti Banjar dan Ciamis pun telah tersedia.

Sekedar informasi, di Banjar saat ini layanan ojek online brand besar baru ada Grab saja. Itu pun belum ada kantor (pengurus) cabangnya. Malah, Gojek dan Uber sama sekali belum beredar di Banjar Patroman.

Kemudian, armada Grab yang sudah tersedia di Banjar pun hanya layanan ojek dan kurir paket saja. Berbeda dengan KlikQuic yang begitu masuk ke Banjar langsung memiliki layanan lengkap termasuk layanan Quick Food dan Quick Mart. Hal itu karena KlikQuick memang lebih fokus dalam marketplace dibanding ojek online.

Layanan lebih lengkap

Seperti yang diatas Mtb sebutkan, KlikQuick tidak hanya layanan ojek, tapi lebih lengkap dari itu. Jadi, selain layanan Quick Transport (ojek & mobil online) ada juga layanan Quick Mart (pesan antar belanjaan) Quick Shop, Quick Food (pesan antar makanan), Quick Courier (layanan kiriman paket / barang) dan Quick Laundry). Dan semuanya itu berbasis UKM lokal sehingga pemesanan dan pengiriman akan lebih cepat sampai ke tujuan.

Layanan KlikQuick sangat membantu saat Sista / Om Bro lapar dimalam hari atau saat cuaca hujan…

Tarif lebih rasional dengan prinsip keadilan

Perkara tarif, KlikQuick pun lebih masuk akal dibanding armada lain. Nah, karena kebetulan yang ada di Banjar adalah Grab, maka Mtb akan komparasi dengan layanan Grab Bike.

Pada tarif jarak pendek, Grab memang lebih murah dari KlikQuick. Tapi untuk jarak jauh justru sebaliknya, KlikQuick lah yang lebih murah.

Contoh tarif KlikQuick vs Grab diwilayah priangan timur (Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Pangandaran)

Tarif Grab adalah Rp5000 untuk 2,5 km pertama dan Rp2000/km selanjutnya. Jadi, jika Sista menggunakan layanan Grab Bike, maka Sista / Om Bro akan kena tarif Rp20,000 untuk jarak 10 km.

Kemudian, tarif KlikQuick adalah Rp6000 untuk 3 km pertama dan Rp1500/km selanjutnya. Dari situ Sista / Om Bro hanya akan kena tarif Rp16,000 untuk 10 km perjalanan.

Tuh, lumayan kan beda Rp4000. Coba kalau tiap hari selama sebulan… jadi Rp120,000 lho Sist…

Lalu untuk layanan kiriman paket… Grab menerapkan tarif Rp10,000 untuk jarak dekat. Sedangkan KlikQuick mengenakan tarif yang sama dengan layanan ojeknya, yakni tetap Rp6000.

Nah, kenapa diatas Mtb sebut “rasional”?

Nih… Sista / Om Bro… Tarif jarak dekat Rp5000 di grab itu sebenarnya yang masuk ke driver hanyalah Rp4000. Soale ada potongan komisi 20% untuk perusahaan. Sedangkan di KlikQuick, Rp6000 itu semua untuk rider. Tidak ada potongan dari perusahaan. Kita sebagai konsumen tentunya suka dikasih harga murah. Tapi kalau kita mau pakai hati nurani… jaman now uang Rp4000 itu cukup untuk apa? Kasihan lah driver ojeknya. Buat beli bensin, servis motor, makan minum selama bekerja. Apalagi dikota kecil seperti Banjar Ciamis yang konsumennya masih sedikit. Terus itu driver pulangnya bawa uang berapa untuk anak-istri?

Iya sih di Grab / Gojek / Uber ada insentif / bonus, tapi kalau Sista / Om Bro tahu, banyak hal rumit untuk mencapai bonus tersebut.

Singkatnya, peraturan dan tarif KlikQuick itu lebih manusiawi. Lebih adil, baik untuk rider atau pun untuk pengguna.

Layanan berbasis lokal

Seperti yang Mtb sebutkan diatas, KlikQuick dalam kerjasamanya adalah merangkul para pengusaha lokal. Maka, dengan menggunakan layanan KlikQuick, berarti Sista dan Om Bro telah membantu memajukan daerah Om Bro / Sista masing-masing.

Asli Indonesia

Om Bro / Sista pasti tahu lah… Grab itu asalnya dari Malaysia. Uber dari Amerika. Trus Gojek yang “katanya” Indonesia pun kabarnya sudah disusupi oleh investor dari Tiongkok. Sementara KlikQuick sampai saat ini masih Indonesia dan akan tetap Indonesia. Begitu menurut informasi dari Koordinator Cabang Banjar.

Ini maaf lho ya Om Bro / Sista… bukan maksud Mtb membeda-bedakan kebangsaan, tapi bukankah akan lebih baik kalau kita mencintai produk negeri sendiri. Betul?

Layanan yang tersedia di KlikQuick

Quick Transport
Yaitu layanan transportasi online motor (ojek online) dan mobil. (Di Banjar saat ini baru motor saja. Kedepan akan tersedia mobil juga).

Quick Mart
Yaitu layanan belanja ke supermarket. Sista tinggal pilih menu yang sudah tersedia didalam aplikasi, kemudian Sista bisa santai dirumah sembari menunggu armada KlikQuick datang mengirim barang pesanan.

Quick Shop
Hampir sama dengan Quick Mart, tapi basis belanjanya di toko-toko tradisional, bukan di Supermarket.

Quick Food
Nah, ini layanan favorit para pengguna jasa KlikQuick. Di Banjar, pemesan KlikQuick kebanyakan untuk layanan Quick Food. Menunya macam-macam sesuai dengan daerah Sista / Om Bro masing-masing. Ada bakso, mie ayam, seblak, kuliner serba cokelat dan lain-lain. Mudah dan cepat. Tinggal klik, lalu tunggu rider KlikQuick datang mengirim pesanan.

Quick Courir
Sejatinya ini adalah layanan kurir paket barang. Tapi selain itu, kadang pemesan juga menggunakannya untuk memesan makanan ketika menu yang dicari belum tersedia di aplikasi KlikQuick.

Quick Laundry
Nah, bagi Sista / Om Bro yang super sibuk dan tidak sempat nyuci, tinggal pilih saja layanan ini. Sekali klik, pakaian Sista / Om Bro sudah bersih, wangi dan licin.

Cara melakukan pemesanan di aplikasi Klik Quick

Cara pemesanan Quick Transport (layanan ojek online)
– pilih menu Quick Transport (menu pertama),

– masukkan alamat lokasi penjemputan, Sista / Om Bro pilih pilihan pencarian, kemudian ketikkan lokasi penjemputan. Lebih mudah dengan deteksi otomatis GPS, kemudian klik ikon “lokasi jemput”. Untuk deteksi GPS yang akurat, smartphone Sista / Om Bro harus memiliki GPS dengan setting akurasi tinggi.

ojek online klikquick

– masukkan alamat lokasi tujuan
– pilih pilihan “Lanjut”
– masukkan catatan untuk driver
Catatan ini berfungsi untuk memperjelas alamat tujuan.

ojek online klikquick

– pilih “Order Sekarang” dan Sista / Om Bro tinggal uncang-uncang kaki menunggu rider datang menjemput.

Cara pemesanan Quick Food

– pilih menu Quick Food, setelah itu akan tampil berbagai merchant / toko yang telah bekerja sama dengan KlikQuick

– pilih toko yang dikehendaki, maka akan terbuka daftar menu makanan yang tersedia

– pilih menu dan pilih “beli”
– masukkan jumlah porsi (jumlah pesanan)
– pilih “OK”
– pilih “CheckOut”
– masukkan alamat tujuan
– masukkan catatan untuk driver
Isinya seperti diatas, yakni untuk meperinci alamat tujuan kiriman. Selain itu juga berguna untuk request pesanan khusus. Misalnya Sista pesan baso kuah biasa, kemudian di catatannya Sista bisa isi keterangan “kuahnya dipisah supaya tidak berantem” (wkwkwkwk…!). Itu misalnya.

– pilih “Order Sekarang”… dan, taarraaaa…. beberapa menit kemudian pesanan telah sampai dan siap untuk disantap.

Oke Sista / Om Bro…?! Mari dukung produk asli Indonesia dan majukan UMKM lokal bersama KlikQuick…!! (Mtb)

Related Post

Selisih Waktu Tempuh Sepeda Motor vs Angkutan Umum Motorisweb.com - Motor vs Angkutan Umum. Belakangan ini, popularitas ojek online semakin naik seiring bertambahnya tingkat kemacetan dikota-kota besar...
Gojek, Layanan Ojek Online Berbasis Aplikasi untuk... Motorisweb.com - Ojek Online Berbasis Aplikasi. Jakarta memang kota terbesar di Indonesia. Hanya dalam hitungan bulan saja, selalu ada yang berubah da...
Cara Menggunakan GPS Saat Berkendara Agar Aman dan... Motorisblog.com - Cara menggunakan GPS saat berkendara. Om Bro...!! Hal yang sepele ini bisa jadi berbahaya, terutama bagi pengendara motor. Mtb meras...
Kenapa Insentif Grab Tidak Cair? Salah Satu Hal Be... Motorisblog.com - Kenapa insentif Grab tidak cair? Om Bro...!! Ada kasus baru yang Mtb temukan perkara insentif Grab, khususnya Grab Bike. Hal tersebu...
Penilaian GrabBike yang Wajib diketahui Agar Insen... Motorisblog.com - Penilaian GrabBike seolah sebuah momok yang menakutkan bagi para mitra driver yang jujur, Om Bro / Sista. Pasalnya, tidak jarang kej...
Tarif Ojek Online 2018, Grab vs KlikQuick di Prian... Motorisblog.com - Tarif ojek online 2018. Om Bro...!! Persaingan di dunia ojek online semakin ketat. Saking ketatnya hingga timbullah persaingan tidak...

Leave a Reply