Motor Terbang Resmi Dijual, Harga Rp2,1 Miliar, Biaya Pelatihan Rp141 Jutaan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Mengagumkan ketika motor terbang resmi dijual ke Dubai dan Amerika, …yang artinya akan menyebar juga ke negara-negara lainnya. Walau pun disayangkan… Performa motor terbang itu sendiri masih sangat terbatas, padahal harganya telah luar biasa.

Iya Om… motor terbang Hoverbike hanya mampu mengudara selama 40 menit dalam mode drone, bahkan hanya 10-25 menit jika dikendarai manusia.

So… dari performa tersebut, jelas pisan bahwa motor terbang buatan Rusia itu hanya cocok digunakan untuk perjalanan jarak dekat saja.

Om Bro…!! Wacana akan mobil / motor terbang masa depan memang telah lama berkumandang. Salah satu harapannya ialah bahwa alat ini bisa menjadi solusi atas masalah kemacetan yang semakin hari kian parah. Dan kini, di abad 21 ini, impian akan semua itu sudah mulai nampak meski masih amat jauh dari gambaran sebagai transportasi individu selaiknya mobil dan motor darat.

motor terbang hoverbike polisi dubai

Yup… Hoverbike tampaknya bakal memberikan harapan baru setelah kandasnya jetpack dan hoverboard dari minat konsumen.

Hoverbike S3 menjadi wujud dari motor terbang berbasis drone yang merupakan perangkat terbang pribadi. Inovasinya dilakukan oleh Hoversurf USA atas prakarsa seorang Rusia, Alex Atamonov setelah melalui masa pembuatan dan pengembangan selama bertahun-tahun lamanya.

Oh iya Om… Diatas tadi Mtb sebutkan motor terbang buatan Rusia. …maksud sebenarnya ialah buatan seorang Rusia di Amerika. Begitu kurang lebihnya…

Hoverbike telah dijual untuk pertama kalinya kepada polisi Dubai pada 2017 lalu. Namun begitu, latihan penggunaannya baru dilakukan pada tahun 2018 kemarin ini. Dan selanjutnya, Hoverbike akan mulai dijual secara terbuka ditahun 2019 sekarang ini.

Diciduk dari Autoevolution, Hoverbike S3 dibangun pada konstruksi yang menyerupai sepeda motor pada umumnya. Namun demikian, S3 dirancang hanya untuk dikendarai oleh satu orang saja. …tidak boleh lebih.

Bagian bodi dirancang monokok dari bahan karbon, komponen penggeraknya menggunakan baling-baling sebanyak empat buah, serta menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya, dan menggunakan komputer untuk kontrol operasionalnya.

Alasan penggunaan bodi monokok ialah karena kokoh dan punya bobot ringan. Terbukti Hoverbike S3 hanya punya bobot seberat 114 kg saja.

Hoverbike menggunakan tenaga baterai berdaya 12,3 kWh, dengan kemampuan terbang selama 40 menit dalam mode drone dan 10-25 menit jika dikendarai oleh manusia. (…tergantung cuaca dan berat badan pengendara).

Untuk pengisian ulang baterainya, diperlukan waktu selama 2,5 jam dengan metode charging portable.

Daya penggeraknya menggunakan 4 motor dengan baling-baling 3 bilah, dimana masing-masing motor meminta suplai power sebesar 33 kW.

Dari keempat baling-baling tersebut kemudiam akan dihasilkan daya dorong total sebesar 364 kg.

Tempat duduk pengendara dapat disesuaikan posisinya menggunakan joystick di area dashboard. Sementara ketinggian terbangnya ialah 5 meter menurut anjuran pabrikan, dan dapat ditambah atau dikurangi, sesuai kebutuhan. …dengan kecepatan maksimal hingga 96 km/jam…

Beberapa fungsi dan fitur keamanan pada Hoverbike diantaranya,

. LIDAR, ialah sistem komputer penjaga stabilitas dan bantuan navigasi pada berbagai kondisi cuaca,
. Sistem peringatan kesalahan operasional, termasuk fungsi pendaratan darurat, peringatan visual dan suara, serta filter anti gangguan,
. Saklar off untuk mematikan Hoverbike pada situasi ketika benar-benar akan jatuh,
. Sistem keamanan pasif, diantaranya zona deformasi, power fences dan sistem pelindung pengendara,

***

Saat ini Hoverbike telah digunakan oleh polisi Dubai, …tentunya setelah melalui serangkaian pelatihan.

Selain dijual pada kepolisian Dubai, Hoverbike juga telah dapat dibeli oleh warga sipil Amerika. …iya tentu dengan syarat mengikuti pelatihan penggunaannya terlebih dahulu.

Hoverbike dijual seharga US $150.000 atau sekira Rp1,2 miliar, sedangkan untuk biaya pelatihannya adalah sebesar US $10.000 atau sekira Rp141 juta.

Lokasi pelatihannya berada di dalam fasilitas khusus milik Hovarbike di Watsonville, California. Waktu pelatihannya selama 3 hari dengan akomodasi yang dijamin selama 3 malam, termasuk pakaian seragam latihan.

Pamungkas… Meskipun nantinya Hoverbike dijual secara bebas, Mtb kira tidak semua orang bisa menggunakannya, meski dia memiliki banyak uang. Pasalnya, …belum semua negara punya regulasi yang mengatur penggunaan motor terbang. (Mtb – Motor terbang dijual).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: