3 Alasan Mengapa Motor Tanpa Kick Starter dari Pabriknya

Motorisblog.com – Om Bro…!! Satu lagi bakal tren baru di dunia persilatan roda dua, yakni sepeda motor tanpa kick starter. Yup… Dikelas motor entry level, saat ini sudah ada beberapa model yang absen pedal engkol.

Om Bro… Di kelas moge dan sebagainya, Mtb jelas tidak tahu pasti kapan mulai absen pedal engkol. Atau memang sejak awal moge tidak pernah ada yang menggunakan engkol…?? Ngga faham deh Om… Tapi yang Mtb ingat, beberapa seri Bajaj Pulsar yang menjadi awal pengenalan tren menghidupkan motor tanpa kick starter pada motor harian di Indonesia…

…sekarang setelah Bajaj pulang ke negeri asalnya, tren tersebut dilanjutkan menjadi motor matic tanpa kick starter oleh Honda dan Yamaha melalui Vario 150, Vario 125 dan Lexi.

Alasan Mengapa Motor Tanpa Kick Starter dari Pabriknya

1. Mengurangi Biaya Produksi

Menurut mekanik Duta Motor Sport Bekasi, Ryan Fasha, alasan utama dimulainya tren ini adalah untuk mengurangi ongkos produksi, yaitu dengan mengurangi rangkaian part kick starter. (DetikOto, 25/3/2019).

2. Sistem Starter Elektrik Jaman Now Sudah Canggih

Alasan kedua di tiadakannya pedal engkol ialah karena sistem electric starter pada motor-motor jaman now telah canggih. Misale saja ACG starter yang digunakan pada produk-produk Honda.

ACG (Alternating Current Generator) ialah sistem starter elektrik tanpa motor penggerak (dinamo)… ACG Starter memiliki banyak keunggulan dibanding starter elektrik model lama, diantaranya:

  • Suara senyap tanpa getaran dan bunyi
  • Mengurangi konsumsi bahan bakar saat menghidupkan mesin
  • Mengisi aki secara otomatis
  • Bisa berjalan pada tegangan aki yang rendah

Itulah dasar lahirnya motor Honda tanpa kick starter…

3. Mengikuti Tren Moge

Namanya moge alias motor gede…

Yang namanya motor gede, jelas mesinnya pun besar.

Logikanya: mesin besar tidak akan efektif menggunakan kick starter.

Lah iya Om… Bayangkan, apakah Om Bro akan kuat mengengkol motor bermesin 500cc ke atas menggunakan?? Ngga kuat Om… Nah, karena alasan itulah moge hanya menggunakan starter elektrik tanpa ada pedal engkol.

Pada kisah selanjutnya, tidak adanya pedal engkol pada moge dan skutik bongsor pun mulai ditiru oleh motor-motor bermesin kecil.

Demikianlah Om… Itulah beberapa alasan mengapa pabrikan mulai menggelontorkan motor-motor tanpa pedal engkol.

Sebagai kompensasi dari tidak adanya pedal engkol, pabrikan kemudian memberikan indikator aki pada panel instrumen (panel meter). Dengan begitu, kita jadi bisa terus memantau kondisi aki agar tetap berada pada tegangan yang seharusnya.

Jika pun telah tiba waktunya aki sowak dan mati, kita bisa mendeteksinya dari indikator tersebut. Dengan begitu kita bisa segera mengganti aki baru sebelum aki lama mati total. Jadi kita tidak harus mendorong motor gegara mesin tidak hidup akibat aki tekor. (Mtb).

6 Hal Penyebab Starter Honda Beat Ngadat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *