Motor Pertama di Indonesia Ternyata Bermesin 1.500cc, Tapi Powernya…??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Siapa sangka ternyata motor pertama di Indonesia sudah ada sejak masa penjajahan Belanda… Atau lebih tepatnya sejak tahun 1893. Yakni satu tahun sebelum mobil pertama masuk Indonesia. Begitulah informasi yang Mtb ciduk dari web resmi Federal Oil yang dikutip dari buku ‘De Duivelswagen‘ (Kreta Setan). (26/2/2019).

Uniknya, meskipun saat itu Indonesia tengah diduduki oleh Belanda, tapi notor pertama masuk Indonesia tidaklah dibawa oleh orang Belanda, melainkan orang Inggris yang bernama John C.Potter .

Betul Om… Motor pertama kali di Indonesia dimiliki oleh Potter yang dipesan langsung oleh dirinya sendiri dari pabrik ‘Hildebran und Wolfmuller‘ di Munchen, Jerman.hildebran und 1893 motor yang pertama masuk ke indonesia

Serunya, ternyata roda belakang motor ini tidak digerakkan oleh rantai, melainkan dengan kruk as langsung. Benar-benar mesin yang unik jika disandingkan dengan mesin-mesin sepeda motor jaman now.

Selain hanya unik secara sistem penggerak, motor yang kini telah berusia ratusan tahun itu pun telah memiliki konfigurasi yang hebat. Mesinnya dual silinder horizontal berpendingin air dengan kapasitas total 1.500. Uwooww kan Om…??

Tapi jangan dikira karena kapasitas mesinnya besar, lantas powernya pun akan luar biasa. Patut kita sadari bahwa dikala itu teknologi dunia persilatan mesin masihlah jauh dari kata canggih. Terbukti motor milik Potter yang berkubikasi 1,5 liter pun hanya punya power sebesar 2,5 DK saja di kitiran mesin 240 rpm. Jauh pisan dibanding mesin-mesin jaman now.

Dan jangan pula dikira mesin motor tersebut dapat di starter kemudian cuss dengan mudah seperti motor-motor jaman now. Karena ternyata sebelum berkendara, Potter harus menghidupkan dan menstabilkan dulu mesin motornya selama 20 menit.

Lah, kalau mesin seperti itu masih di gunakan di jaman now, alamat telat terus setiap hari Om Bro menuju ke tempat kerja.

Tapi yaa itu dulu. Itu kisah motor pertama masuk ke Indonesia…

Lain dulu-lain sekarang… Dunia persilatan otomotif berkembang amat pesat. Kini, motor sudah memiliki banyak pisan model. Dari mulai skutik, road bike, sport, motor hybrid, bahkan motor listrik pun sudah banyak. Tinggal Om Bro sesuaikan saja dengan kebutuhan, selera, dan kemampuan Om Bro masing-masing. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *