Honda spacy fi 2013

10 Penyebab Motor Matic Injeksi Mati Mendadak & Solusinya

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro!! Cara paling mudah namun berat saat motor matic injeksi mati mendadak adalah dengan mendorongnya ke bengkel terdekat. Wkwkwkwk…

Advertisement

Tapi bagaimana jika letak bengkel yang terdekatnya ternyata jauh??

Nah. Itulah yang akan kita bahas kali ini. Yaitu bagaimana caranya supaya saat motor matic injeksi mati mendadak dalam perjalanan, kita tidak harus mendorongnya.

Om Bro. Mtb pernah beberapa kali mendapati biker skutik (baik Yamaha ataupun Honda) yang tengah kerepotan karena mesin motornya mogok. Termasuk Mtb sendiri juga pernah mengalaminya: mesin skutik Honda Spacy milik Mtb tiba-tiba mati saat Mtb menutup grip gas.

Kadang kalau lagi kumat, Mtb juga merasa Spacy ini serasa “ngga narik” saat Mtb buka gas. Bahkan justru serasa mau mundur. Lah padahal motor kan ngga punya gigi mundur selayaknya mobil. Hix hix hix…

4 Penyebab Motor Matic Injeksi Mati Mendadak

Penyebab dari mogoknya skutik itu sendiri bisa beragam, namun disini Mtb hanya akan membahas beberapa saja berdasarkan pengalaman Mtb sendiri.

Menurut hasil penelusuran Mtb, beberapa penyebab yang paling umum menjadi penyebab motor matic injeksi mati mendadak adalah:

1. Kompresi Bocor

Kebocoran kompresi merupakan salah satu hal yang sering menjadi penyebab mesin motor mogok.

Bukan hanya pada motor bermesin matic saja, tapi bisa terjadi pada semua jenis motor.

Kebocoran kompresi terjadi akibat keausan yang menimbulkan adanya rongga diantara piston dan dinding silinder, atau bisa juga disebabkan oleh lemahnya ring piston.

Penyebab terjadinya keausan atau melemahnya ring piston bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

Usia Motor yang Sudah Cukup Lanjut

Seiring waktu, komponen di dalam mesin akan menjadi aus, termasuk salah tiganya adalah piston, ring piston dan dinding silinder.

Pada motor-motor era 1990-an, biasanya kebocoran kompresi baru akan terjadi setelah usia motor mencapai 10 tahun atau lebih. Namun pada motor-motor jaman now, pada usia 5 tahun saja kadang sudah berpotensi terjadi kebocoran kompresi.

Sering Mengangkut Beban Berat

Ini yang Mtb alami. Motor Spacy Mtb pernah digunakan sebagai armada niaga selama beberapa tahun, yaitu menjadi armada sales motoris freelance.

Karena pekerjaan yang mengangkut beban berat setiap hari, maka Spacy Mtb pun jadi lebih cepat “sakit-sakitan” dibanding motor orang lain yang penggunaanya hanya sebagai alat transportasi harian saja.

Kotoran dari BBM

Penggunaan bahan bakar yang kurang bagus pun bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran kompresi.

BBM berkualitas rendah kadang mengandung kotoran semisal belerang.

Kotoran dari BBM tersebut terbawa masuk ke ruang bakar dan bergesekan dicelah antara piston dan dinding silinder sehingga lama kelamaan akan menimbulkan goresan dan sumbatan.

Nah, karena rpm (putaran mesin) motor matic relatif lebih tinggi dibanding mesin motor manual, maka ada kecenderungan motor bermesin matic lebih cepat mengalami kebocoran kompresi dibanding motor bertransmisi manual.

2. Mesin Kebanjiran Bensin

Hal ini paling banyak terjadi pada motor-motor jaman old. Tapi tidak tertutup kemungkinan terjadi juga pada motor-motor baru.

Hal itu ditegaskan dengan adanya petunjuk ‘penanganan mesin kebanjiran bensin’ yang Mtb ciduk dari dalam buku panduan manual Honda Spacy FI, Honda Fit X dan Vega R Yamaha.

3. Injektor dan Saluran Bahan Bakar Kotor

Setelah mengalami kejadian mesin mati mendadak, Mtb bawa Spacy Mtb ke salah satu bengkel resmi Honda di Banjar Patroman. Dan dari mekanik disana, Mtb mendapatkan penjelasan bahwa injektor dan saluran bahan bakar motor Mtb kotor. Itulah sebabnya Spacy Mtb mudah mogok gegara suplai bahan bakar tidak lancar.

4. Mesin Mengalami Overheat (Panas Berlebih)

Mtb pernah mengalami hal ini pada saat mudik lebaran di tahun 2012.

Dalam perjalanan dari Tangerang menuju Ciamis, Jawa Barat, mesin Yamaha Vega R yang Mtb tunggangi tiba-tiba mati saat Mtb melintasi kemacetan diruas Jl. Soekarno – Hatta, Bandung.

Dengan agak susah payah Mtb menepi. Rada panik sih, tapi kemudian mesin bisa menyala kembali setelah Mtb istirahat beberapa saat lamanya.

Mengatasi Masalah Motor Matic Injeksi Mati Mendadak

Hasil dari mengulik buku panduan manual motor Mtb, penanganan pertama untuk masalah seperti ini adalah:

Cara-1

  • Topang motor dengan standar utama (standar tengah)
  • Putar kunci kontak ke posisi ‘On’
  • Buka putaran gas penuh, kemudian tekan tombol starter elektrik selama beberapa detik (jangan lebih dari 5 detik)
  • Jika mesin hidup, segera tutup gas

Jika sekali belum berhasil, cobalah menyalakannya dengan cara normal.

Jika masih belum berhasil juga, ulangi lagi prosedur tersebut dari urutan awal.

Cara-2

  • Putar kunci kontak keposisi ‘Off’
  • Buka putaran gas ke posisi terbuka penuh
  • Injak pedal kick starter beberapa kali
  • Kemudian On-kan kunci kontak
  • Coba nyalakan mesin dengan cara normal

Jika belum berhasil, ulangi dari langkah pertama.

Jika dari kedua cara diatas belum berhasil setelah beberapa kali, istirahatkan dulu motor untuk beberapa saat.

Dengan beristirahat selama beberapa menit, suhu mesin dan kompresi akan kembali normal sehingga mesin dapat dinyalakan kembali.

Apakah cara ini bisa berhasil??

Mtb berhasil pada New Vega R Mtb, Honda Spacy FI Mtb dan Mio Sporty milik orang tak dikenal yang Mtb tolong ketika dia mogok dalam perjalanan.

Mtb terpaksa menolong orang tersebut dipinggir jalan.

Kenapa??

Karena kalau di tengah jalan pasti akan mengganggu lalu lintas, bahkan bisa tertabrak kendaraan lain. Wkwkwkwk…

Selanjutnya: misale dengan dua cara diatas itu tetap tidak berhasil, maka itu berarti ada masalah lain yang lebih berat. Sebaiknya bawa motor Om Bro ke bengkel untuk di otopsi.

Wkwkwkwk, salah. Maksudnya untuk diperiksa lebih lanjut.

Bagaimana cara membawanya ke bengkel??

Di sesuaikan saja dengan kemampuan Om Bro. Jika Om Bro kuat mengangkatnya, Om Bro boleh mengangkat dan menggendong motor Om Bro sendiri sampai ke bengkel terdekat. Namun jika Om Bro merasa terlalu berat, maka Om Bro dorong saja motornya. Tidak usah digendong.

Wkwkwkwk… Becanda melulu nih Om Bro. Padahal Mtb lagi serius.

Penyebab Lain

Selain masalah yang sudah Mtb sebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab mesin motor mati mendadak.

Diantaranya:

5. Setelan Klep tidak Tepat

Kerenggangan klep yang terlalu rapat juga dapat mengakibatkan mesin motor mati tiba-tiba.

6. Komponen Pengapian Mati

Ada beberapa komponen yang berhubungan dengan sistem pengapian, yaitu:

Busi mati

Untuk pemeriksaan awal:

  1. Om Bro buka busi
  2. Kemudian dengan busi terpasang di topi (padud-nya), tempelkan kepala busi pada blok mesin
  3. Lantas starter mesin
  • Jika api busi berwarna biru, berarti busi dalam keadaan baik
  • Namun jika api busi berwarna merah atau bahkan tidak ada percikan api, itu artinya busi tersebut sudah tidak layak pakai atau bahkan busi mati

Segera ganti busi sesuai dengan spesifikasi motor Om Bro masing-masing.

Untuk mencegah kejadian seperti itu terulang kembali, biasakan untuk mengganti busi secara rutin setiap 6.000 km atau 8.000 km atau setiap 10.000 km (tergantung anjuran di buku panduan manual motor Om Bro masing-masing).

Pada dasarnya busi memang memiliki batas usia pemakaian normal.

Busi yang digunakan hingga melewati batas pemakaian normal, akan menimbulkan efek negatif bagi mesin.

Betul Om. Busi yang sudah melewati usia pakai normal, meskipun masih ada percikan apinya, dia sudah tidak bisa menciptakan pembakaran sempurna.

Advertisement

Jika busi yang sudah lemah tetap terus dipakai, maka lama kelamaan akan menimbulkan tumpukan kerak di ruang bakar.

Timbulnya kerak tersebut ialah lantaran pembakaran yang tidak sempurna.

7. Koil mati

8. Sepul mati

9. CDI mati

CDI adalah otak dari pengapian mesin.

Pada dasarnya CDI bawaan pabrikan sangatlah awet. Jarang terjadi kerusakan pada CDI, kecuali jika Om Bro sudah mengganti CDI original motor Om Bro dengan produk aftermarket.

Tapi walaupun begitu, bukan berarti CDI original tidak dapat rusak. Tetap ada potensi kerusakan meski CDI motor Om Bro masih original sekalipun.

10. Oli Susut

Setelah selama 7 bulan melakukan observasi terhadap Honda Spacy FI milik Mtb, akhirnya Mtb mendapatkan jawaban yang sangat simple namun juga sangat vital.

Ternyata hal yang paling penting namun sering dianggap sepele adalah masalah volume oli yang berkurang. Hal ini sangat erat kaitannya dengan poin pertama diatas, yaitu perkara kebocoran kompresi.

Hokeh, kita cekidot bahas satu-persatu di TKP.

Kebocoran Kompresi

Secara teknis Mtb tidak bisa menjabarkan dengan detail, lantaran memang Mtb tidak memiliki keahlian mekanis. Namun secara sederhana: ‘kebocoran kompresi adalah kondisi dimana ada celah antara piston dengan dinding silinder’.

Hubungan Antara Kebocoran Kompresi dengan Volume Oli Mesin

Dengan adanya kebocoran diantara piston dan dinding silinder, maka oli mesin dapat masuk keruang bakar dan ikut terbakar bersama bensin.

Tapi kok knalpot nggak ngebul??

Menurut hasil penelusuran Mtb, jika kebocorannya masih kecil, maka asap dari knalpot tidak akan tampak secara kasat mata.

Namun hal itu dapat diketahui dengan susutnya volume oli mesin.

Mitos Mengenai Penguapan Oli

Selama ini sudah banyak isu yang menganggap bahwa oli mesin dapat menguap, padahal menurut Mtb hal itu adalah mitos belaka.

Iya benar oli mesin dapat menguap, tapi penguapannya tidak akan signifikan.

Mtb sudah belajar mengendarai motor sejak tahun 1994 dan memiliki motor sendiri sejak tahun 2008. Artinya sudah selama 12 tahun Mtb merawat motor sendiri.

Faktanya selama ini Mtb tidak pernah mengalami yang namanya oli mesin menguap dalam jumlah banyak. Bahkan Mtb pernah mengadakan uji coba dengan cara tidak mengganti oli mesin selama 4 bulan. Nyatanya pada saat Mtb ganti oli, jumlah penyusutannya tidak sampai 50 ml.

Penyusutan yang hanya sedikit masih sangat aman karena saat Mtb cek pada deepstick, volume oli masih berada diantara batas atas dan batas bawah.

Lalu apa yang membuat oli mesin menyusut secara drastis??

Ya itu tadi, masalah teknis semisal kebocoran kompresi atau pun kebocoran pada blok mesin.

Mengatasi Mesin Mogok oleh Kebocoran Kompresi

Sialnya Mtb sangatlah lambat dalam menangkap masalah ini dari TKP.

Mtb sudah sering mengalami mogok dan sudah lama mengalami penyusutan oli mesin, tapi Mtb selalu acuh. Hingga suatu saat Mtb berangkat ke Jakarta dari Ciamis pada tanggal 6 September 2017 menunggang Honda Spacy kesayangan. Ketika itu baru beberapa puluh kilometer perjalanan saja Spacy Mtb mogok di Tasikmalaya.

Kemudian Mtb hidupkan kembali mesin Spacy dengan prosedur yang biasa Mtb lakukan, yaitu seperti pada penjelasan di atas.

Setelah 2 bulan 12 hari di Jakarta, Mtb mengalami 2 kali mogok, tapi Mtb masih acuh saja.

Kemudian, pada tanggal 18 November 2017 Mtb meluncur dari Jakarta kerumah kakak di Batujaya, Karawang. Maksudnya sih mau mudik ke Ciamis, tapi mampir dulu kerumah saudara.

Esok harinya, Minggu (19/11/2017) Mtb melanjutkan perjalanan dari Batujaya menuju Ciamis.

Tapi ketika baru sampai Pasar Rengasdengklok, Sipanci kembali mogok.

Disini Mtb baru mulai menemukan ide:

Meskipun Mtb sudah menguasai Sipanci setiap kali mogok, namun tetap saja Mtb ingin lancar serta selamat selama perjalanan jauh tersebut.

Saat itu Mtb menepi, kemudian cek volume oli dan menghidupkan mesin kembali.

Saat di cek, volume oli masih berada diatas batas bawah. Artinya seharusnya masih aman.

Mtb sempat berfikir akan melakukan service ringan (tune up) dalam perjalanan tersebut tapi tidak jadi, mengingat jarak yang harus Mtb tempuh masih sangat jauh.

Jika Mtb service motor dahulu, kemungkinan yang pasti Mtb akan kemalaman dalam perjalanan menuju Ciamis.

Mana musim hujan pula saat itu.

Akhirnya Mtb hanya menyempatkan mampir ke AHASS Cemara Agung Motor dibilangan Klari, Karawang, untuk membeli sebotol oli AHM SPX2.

Tanpa menunggu lama, Mtb segera tuangkan oli tersebut kedalam mesin hingga sekira sebanyak 200 ml, padahal saat itu volume oli masih berada diambang batas bawah.

stick tutup oli

Artinya Mtb mengisi mesin Sipanci dengan jumlah oli yang melebihi batas normal.

Dan memang benar. Setelah ditambah oli baru, ketinggian volumenya mencapai setengah dari panjang stick pengukur.

Artinya Mtb menuangkan oli terlalu banyak.

Tapi masa bodo. Mtb pengen tahu hasilnya.

Apa hasilnya??

Ternyata Om setelah itu Sipanci larinya malah jadi ngacir. Lancar dan ringan tanpa ada gejala tersendat sedikitpun, apa lagi sampai mogok lagi. Blabar pisan nggak ada masalah. Sipanci tetap ngacir walaupun kepanasan dari Karawang sampai Padalarang dan kehujanan dari Padalarang sampai Tasikmalaya dan terus kegrimisan sampai Ciamis. Bahkan sempat menghajar banjir saat melintasi Jl. Soekarno Hatta, Bandung.

Disini ada kenyataan yang bertentangan dengan teori mekanis.

Logikanya: dengan memberikan oli terlalu banyak pada mesin, maka putaran mesin akan menjadi lebih berat lantaran kurangnya ruang sirkulasi.

Tapi nyatanya tidak. Sampai dirumah, keesokan harinya Mtb sharing sana-sini, Googling sana-sini dan mendapati bahwa semua mengatakan cara Mtb adalah salah.

Tapi hingga akhirnya Mtb punya uang untuk servis besar, Sipanci tidak ada masalah apa-apa. Bahkan masalah kemogokan yang pernah ada pun justru malah berkurang banyak.

Jadi kesimpulannya: melebihkan volume oli dapat menjadi solusi darurat yang efektif untuk mengatasi masalah mesin motor matic mati tiba-tiba karena kehilangan kompresi.

Tapi tentu saja ini hanya solusi sementara. Jika keuangan memadai, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih mendalam di bengkel terpercaya.

Nah Om, sekian dulu dari Mtb tentang penyebab dan cara menangani motor matic injeksi mati mendadak.

Selamat menikmati mogok.

Wkwkwkwk… Maaf. Salah. Maksudnya: selamat berkendara dan keep safety riding. (Mtb).

Advertisement

27 komentar untuk “10 Penyebab Motor Matic Injeksi Mati Mendadak & Solusinya”

    1. Lah, kebalik, Om. Kalo mesin 4 tak, dimasukin oli ke tangki justru yang tadinya idup juga malah jadi mati.

      Kalo misale motor udah sering mogok, mending servis besar aja, Om. Selain pengapian dan kelistikan, endapan kotoran di ruang bakar & pada area klep juga bikin motor sering mogok. Juga kalo kompresi udah bocor (loss)… motor juga sering mogok.

      Kalo motor sekelas 150cc ke bawah, untuk sekedar pembersihan ruang bakar & skir klep di bengkel umum ngga akan sampe abis 500rb. Kecuali kalo ada part-part yang diganti yang harganya mahal.

      Bengkel umum tapi… kalo bengkel resmi lain ceritanya.

      Saya bersihkan ruang bakar, skir klep & ganti piston (seher + korter) juga cuma abis 375 ribu (Honda Spacy FI). Sekarang lancar, ngga pernah mogok-mogok lagi.

      Iya tentunya pas servis sambil cek pengapian juga… saya kebetulan pengapian & kelistrikan masih normal. Jadi cuma 3 poin di atas tadi; pembersihan ruang bakar, skir klep & ganti seher + korter.

        1. Sejauh ini yang saya tahu sama Om… Rata-rata sesama motor Jepang untuk yang sekelas, biasanya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam masalah-masalah seperti ini.

  1. Padat dan bukan teoritis tapi praktikal. Terimakasih. Jarang saya dapat pemecahan lengkap.
    Permasalahan tergambar jelas sehingga saya dapat gambaran penyebab Sonic saya sering mati saat los gas.
    Udah 1.5 tahun ke beberapa AHASS tetap tidak terpecahkan, sampai sebal akhirnya cuma pakai kalau terpaksa.
    Masalahnya kompleks antara jenis oli, setting ECU, perilaku pemakaian, ubahan transmisi, sampai ke histori sejak dulu beli.

    Tetapi terimakasih dan saran terus menulis.
    Salam.

  2. Mas motor beat fi sy ga bisa ngalah kalau di stater,,tp kalau di engkel masih bisa nyala tp kadang ga lama mati sendiri,,dan tarikan gas nya berat banget terus tiba2 mati sendiri itu kenapa yach tolong penjelasannya..terimakasih

    1. Sebenarnya saya bukan montir. Saya tidak begitu paham pada masalah teknis. Tapi sederhananya begini,

      …dijaman sekarang, hampir semua motor (termasuk Beat FI) hampir seluruh sistemnya menggunakan listrik. Termasuk dalam hal pembakaran pun motor-motor sekarang memerlukan suplay energi listrik. Injektornya pun demikian…

      Jadi dijaman sekarang aki sangat besar pengaruhnya, bukan hanya untuk kebutuhan starter electrik, lampu sein dan klakson saja.

      Kesimpulannya, saya menduga masalahnya ada pada electrical motor Sista. Entah akinya sudah mati, sekring putus, atau pun hal lainnya yang masih menjadi bagian dari sistem kelistrikan Honda Beat FI.

      Jadi judulnya ini mah harus ke bengkel. Lebih baik bengkel resmi…

  3. Hari ini nex 2 gua mengalami mati mesin tiba2, saya coba cara pertama tapi gak berhasil, coba cara kedua setelah beberapa kali percobaan akhirnya berhasil, thanks atas sarannya…

    1. Kemungkinan antara 3 hal…

      1. Loss kompresi
      2. Setelan klep
      3. Busi

      Dari ketiga itu yang sering terjadi ialah loss kompresi. Biasanya mogoknya kalo mesin lagi panas… umumnya kalo jalanan lagi macet.

      Tapi ngga selalu begitu juga. Ada kemungkinan lain semisal overheat.

      Tetangga sy yang punya Mio M3 kalo tiba-tiba mogok dijalan, dia istirahat dulu. Sekira 15 menit kemudian mesin udah mau hidup lagi.

      Sy pake Honda Spacy juga sama kayak gitu.

      Motor mertua sy Mio Sporty Karbu juga kadang sama kayak gitu.

  4. Baru aj meminang soul gt 2013,,

    Mesin masih enak sbenenrnya alus dan ga sd brisik sama sekali,,cuman setelah setelan langsam nya kyak ga stabil om. . .makanya saya masukin dealer dlu(jjur karna pertama kali punya matic)

    Kta mekanik nya dari injektornya. . .oke tanpa bas bis bus langsung di tangani,,ganti oli,,ganti busi. . .
    Nah setelah siang kluar dealer resmi,,malemnya malah nimbul masalah,,ya itu sering mati sendiri saat lewat jalan jelek n mengharuskan lepas gas/tutup gas total,,yg sebelumnya saya ambil ni mtor di bali. . .saya bawa ke banyuwangi. . .rata” perjalanan 180km an malah ga ad masalah ap”. . .

    Kira” masalahnya dimana ya mas?

  5. Sangat bermanfaat,motor sy jga spacy lagi mogok nih akhirnya menepi di pinggir jalan sambil ngopi hehe,harus nunggu beberapa menit biar hidup lagi ,,

  6. Mas sya mau nanya jadi gini motor beat saya jika mesin panas suka mati saya coba on-kan injektornya ndak bunyi “nging” saya coba starter ndak mau nyala kalo di engkol juga sama ndak mau nyala juga kira kira apanya ya mas yg bermasalah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *