Motor matic injeksi kena banjir

Motor Matic Injeksi Kena Banjir Justru Handal, Apa Iya?

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Ternyata motor matic injeksi kena banjir justru malahan lebih kuat ketimbang motor karburator. Alasannya ialah lantaran mesin injeksi lebih rapat dan lebih aman ketimbang mesin karbu.

Advertisement

Tapi meskipun begitu, bisa saja motor matic injeksi kemasukan air melalui filter udara atau melalui knalpot, jika kondisinya sampai terendam.

So, dalam kondisi terendam, maka tidak ada istilah motor matic tahan banjir, karena pada saat terendam dalam kondisi mesin mati, maka seperti yang Mtb singgung tadi, air akan mudah masuk melalui filter ataupun knalpot.

Efek knalpot motor kemasukan air ketika motor terendam seperti itu, maka jelas motor bakalan mogok total lantaran air juga merasuki ruang bakar.

Motor matic injeksi kena banjir
Motor Matic Kena Banjir

Penanganan Motor Matic Injeksi Kena Banjir

Bagaimana cara memperbaiki motor yang terendam banjir?

KeluarkanĀ oli mesin motor

Advertisement
, ganti oli baru lantaran oli lama sudah terkontaminasi air.

Selain itu jeroan mesin juga harus Om Bro bersihkan, yang untuk lebih singkatnya Om Bro harus bawa motor ke bengkel.

Kecuali jika Om Bro memiliki keahlian mekanis dan memiliki peralatan lengkap untuk menangani prosedurĀ servis motor kena banjir.

Hokeh, kembali ke tema motor matic injeksi terendam banjir.

Alasan Mesin Injeksi Lebih Handal dari Karburator

Mtb sendiri belum pernah mengalami menerobos banjir menggunakan motor injeksi. Hanya pernah melakukan hal tersebut menggunakan motor karburator pada zaman old.

Ketika itu Mtb pernah berhasil dan pernah pula gagal hingga motor mogok akibat air masuk ke dalam mesin.

Om Bro. Pada dasarnya motor injeksi lebih aman ketimbang motor karburator dalam hal menerjang banjir, asalkan motor terus bergerak dan tidak terendam untuk waktu yang lama.

Tapi lain cerita jika si motor terendam banjir hingga mencapai saringan udara.

Jika motor terendam sedemikian rupa, maka hampir pasti air akan masuk melalui filter udara, terus menjalar ke throttle body dan merasuki intake, hingga ke dalam ruang bakar.

Dan jika sudah seperti itu, maka motor akan mogok hingga Om Bro membawanya ke bengkel untuk menjalani pembongkaran dan pembersihan mesin.

Selain itu, motor injeksi jika terendam banjir juga riskan pada komponen fuel pump, ECU (Engine Control Unit) dan spul (yang merupakan penghasil listrik).

Dalam kasus seperti itu, motor injeksi rentan rusak dalam hal sensor suhu mesin, sensor tekanan udara, sensor suhu udara, sensor bukaan gas, sensor oksigen dan sensor putaran crank shaft. (Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno – Viva (28/11/2018)).

Pamungkasnya, motorĀ injeksi vs karburator ialah sama dalam hal resiko kerusakan saat terendam banjir dalam keadaan diam.

Namun motor injeksi lebih tahan dalam hal menerobos banjir, asalkan topi busi masih dalam kondisi bagus. Syaratnya Om Bro harus dapat mengendalikan motor sehingga tidak menutup putaran gas yang dapat mengakibatkan mesin mati karena kemasukan air. (Mtb).

Advertisement

6 komentar untuk “Motor Matic Injeksi Kena Banjir Justru Handal, Apa Iya?”

  1. kebetulan ane kena banjir gan. nah setelah kena ane coba kuras dan ganti federal oil yang baru buat mesinnya. itu aman gak yah min?

  2. Mau nanya om bro motor saya barusan kena banjir dijalanan trus saya dorong karna motor suruh di dorong akibat macet, Teruss pas dinyalain di gas si motor sempet ga jalan itu kenapa yaa??? Kira kira berpengaruh ke mesin ga om???

    1. Kalo ngga segera ditangani, jelas pengaruh ke mesin. Jadi harus segera ditangani.

      Cara penanganannya, langsung ganti oli mesin. Kalo motornya matic, ganti oli gear juga.

      Kalo motor karbu, servis juga karburator’nya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *