motor listrik viar

Motor Listrik Viar, E-Cross dan Q1 Siap Menghadapi Era Baru

Motorisblog.com – Motor listrik Viar – Om Bro…!! Baru-baru ini PT Triangle Motorindo (Viar) baru saja memperkenalkan motor listrik bergenre trail. Namanya Viar E-Cross yang memiliki dua mode berkendara, yakni mode sport sport dan mode standar.

Perkenalan dilakukan di Kawasan Wisata Gunung Pancar, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 9 Mei 2018.

Dengan mode sport, Viar E-Cross menjadi lebih bertenaga dibanding mode biasa.

Dimensi Viar e-Cross

Menurut informasi dari General Manager PT Triangle Motorindo, Haryadi, bobot Viar E-Cross beratnya hanya 50 kg. Sementara dimensinya (panjang × lebar × tinggi) adalah 187 × 78 x 105 cm dan memiliki wheelbase (jarak sumbu roda) sepanjang 126 cm.

motor listrik viar e cross
Mode berkendara Viar E-Cross

Menurut klaim dari pihak Viar, E-Cross dapat menanjak dengan kemiringan hingga 45 derajat.

Om Bro… Meskipun bobot E-Cross hanya 50 kg, tapi dia mampu untuk menggendong beban maksimal hingga 3 kali lipat berat badannya, yakni sampai 150 kg.

motor listrik viar e cross
Viar E-Cross

E-Cross ditawarkan dalam dua varian, yaitu varian Advance dan varian Lite.

Baterai

Perkara waktu pengisian daya, Viar E-Cross membutuhkan waktu 3 jam untuk varian Advance dan 6 jam untuk varian Lite dengan jarak tempuh maksimal hingga 100 km.

Perbedaan waktu pengisian tersebut dapat terjadi karena kapasitas baterai keduanya yang berbeda. Varian Advance menggunakan baterai berkapasitas 60 Volt/32 AH, sementara E-Croos Lite memiliki kapasitas baterai 48 Volt/25 AH dengan tenaga keduanya sama-sama 3.000 watt.

Om Bro sekalian pastinya sudah tahu bahwa sebelum ini pun sudah ada motor listrik Viar berjenis skuter yang diberi label Q1. Jadi Viar E-Cross ini sejatinya bukanlah motor listrik yang pertama dari pabrikan Viar, tapi merupakan motor trail bermesin listrik pertama yang dirakit di Indonesia.

Suspensi

Untuk meredam kejut dimedan off road, E-Cross Advance dibekali dengan suspensi jenis up side down, sementara E-Cross Lite cukup menggunakan suspensi tipe teleskopik.

Ketahanan Terhadap Banjir

Pihak Viar mengklaim bahwa E-Cross dijamin aman untuk menerobos genangan air. Hal itu disampaikan oleh Manajer Divisi Advanture PT Triangle Motorindo, Jack Maulana. Menurutnya, E-Cross sudah melalui berbagai pengujian di genangan airnya sehingga tidak berisiko rusak.

Namun semua itu tentu ada batasannya, yaitu selama air tidak menyentuh bagian atas baterai.

Posisi baterai pada motor listrik Viar E-Cross adalah di atas penggerak motor. Dan untuk seluruh bagian kelistrikan, termasuk soket-soket, baterai dan mesin sudah menggunakan penutup berbahan anti-air atau waterproof.

Potensi Pasar Motor Listrik Viar

Om Bro… Baru-baru ini tersiar kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja berkunjung ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Dan pada kunjungan tersebut Jokowi sempat menunggangi motor listrik dari WIM Motor Zero 8i.

Dari situ mulai terbuka bahwa ternyata pengguna motor listrik di Asmat cukup banyak. Bahkan menurut Corporate Manager PT Triangle Motorindo, Deden Gunawan, Viar Q1 pun telah banyak beredar di Papua sejak resmi diluncurkan pada tahun lalu. Karena itu pula pihak Viar menganggap bahwa potensi pasar motor listrik di Papua tidak diragukan .

Viar Q1
Viar Q1

WIM Motor Zero 8i

WIM Motor Zero 8i menggunakan penggerak listrik 48 volt 1000 watt. Ukuran baterainya 48 Volt 20 Ampere hour dan dapat menempuh jarak 50 hingga 80 km dengan waktu pengisian daya selama 8 jam.

Sementara itu Viar Q1 menggunakan baterai jenis Lithium-ion MF 60V-20Ah dengan estimasi umur 600-800 siklus pengisian dan kapasitas maksimumnya 2 kWh.

Untuk waktu pengisian, Viar Q1 memiliki estimasi pengisian penuh selama 5-7 jam dengan charger 220V-50Hz.

Kesiapan Viar Menghadapi Era Motor Listrik

Menurut pengakuannya, Viar telah melakukan berbagai sosialisasi, mulai dari cara kampanye bersama PLN dan lain-lain.

Viar pun menyebutkan bahwa pihaknya telah siap menyambut era kendaraan listrik.

Om Bro… Viar Motor adalah merk asli Indonesia yang telah 18 tahun berdiri, yaitu sejak tahun 2000. Dan menurutnya, saat ini pemerintah sudah saatnya mengeluarkan regulasi kendaraan listrik demi mengurangi polusi udara di Indonesia.

Pengaruh Kurs Dollar Terhadap Motor Listrik Viar

Belakangan ini nilai tukar Dollar Amerika Serikat (US$) tengah melambung tinggi hingga melampaui Rp14.000. Hal itu tentunya turut mempengaruhi harga motor skuter listrik Viar Q1 karena beberapa komponen dari motor tersebut ada yang masih impor.

Menurut informasi terbaru, harga Viar Q1 kini menjadi Rp17,15 juta dan telah berlaku sejak bulan Maret 2018.

Kenaikan harga tersebut merupakan yang kedua setelah pada awal rilisnya Rp16,2 juta dan pada Februari 2018 naik menjadi Rp16,7 juta.(Mtb).

Harga Motor Listrik Gesits Indonesia Rp24,95 Juta,, Pesanan Sudah 1.500 Unit Lebih

Motor Listrik Lincah, Calon Lawan Gesits, PCX Electric dan Viar Q1

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *