Motor Listrik Lincah, Calon Lawan Gesits, PCX Electric dan Viar Q1

Motorisblog.com – Om Bro…!! Setelah Viar Q1 yang resmi dijual, Gesits yang belum jelas kapan rilisnya, dan Honda PCX Electric yang di sewa-kan, kini ada satu lagi, yakni motor listrik Lincah. Yup… kabarnya dia bakal rilis pada bulan keempat tahun ini di dunia persilatan roda dua tanah air.

Om Bro…!! Seperti halnya motor listrik Gesit dan Viar Q1, ‘Lincah’ juga merupakan motor listrik anak bangsa alias motor listrik buatan Indonesia.

‘Lincah’ diproduksi oleh Lincah Group di Kawasan Pusat Industri Kecil (PIK), Cakung, Jakarta Timur.

motor listrik lincah

Saat ini ‘Lincah’ tengah dalam proses administrasi untuk dapat rilis resmi pada bulan April 2019, juga direncanakan untuk dapat dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 nanti. (Business Development Lincah Group, Kristian Sutikno – Kompas, 31/1/2019).

motor listrik lincah

‘Lincah’ menganut model penggunaan baterai seperti motor listrik Honda PCX Electric, yaitu menggunakan 2 buah baterai.

Untuk waktu charging baterainya, dibutuhkan waktu selama 3-4 jam hingga daya terisi penuh.

motor listrik lincah

Jenis baterai yang digunakan ialah lithium-ion yang masing-masing berkapasitas 1 kWh. Kedua baterai yang disebut ‘Dual Bank’ itu bekerja secara bergantian. Dan hebatnya, ‘Lincah’ telah menganut teknologi regeneration selaiknya mobil-mobil listrik kelas premium.

Teknologi ‘Regeneration’ ialah suatu sistem yang mengembalikan energi ke dalam baterai ketika si motor tengah melalui turunan jalan. Dengan teknologi ini, secara teknis, daya baterai tidak akan lantas menjadi cepat terkuras ketika melalui jalanan yang menanjak dan menurun, semisal jalur pegunungan. …karena ada fase dimana daya baterai terisi kembali ketika jalanan menurun.

Baterai ‘Lincah’ diklaim dapat menempuh jarak hingga 120 km ketika berkendara sendirian, dan dapat mencapai jarak 80 km dengan berboncengan atau pun membawa beban barang muatan.

Belum ada informasi yang gamblang perkara detail spesifikasinya… Namun pihak ‘Lincah’ mengatakan bahwa skuter listrik hasil karyanya tersebut setara dengan motor konvensional bermesin 100cc.

Perkara performa, tampaknya ‘Lincah’ masih kalah dari ‘Gesits’. Pasalnya, menurut klaim mereka masing-masing, ‘Lincah’ hanya punya top speed hingga 70 km/jam, sedangkan ‘Gesits’ bisa tembus 120 km/jam.

Tapi itu baru berupa klaim dari mereka berdua. Kita lihat saja nanti, siapa yang duluan muncul dan siapa yang lebih laku dipasaran.

Selain spesifikasi teknis, perkara banderol pun belum gamblang. Namun demikian sudah ada estimasi dikisaran Rp18 juta untuk skuter listrik yang mirip Kymco ini.

Pada awal rilisnya nanti, ‘Lincah’ akan menarget berbagai lapisan masyarakat, termasuk diantaranya ialah driver ojek online. (Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar