Motor Listrik Gesits Bakal Diborong Ribuan Unit Untuk Babinsa

Motorisblog.com – Om Bro…!! Kabar menggembirakan datang lagi dari motor listrik Gesits. Lah iyaa… setelah Presiden Jokowi yang berniat membeli 100 unit, kali ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun mengajukan usulan Gesits sebagai kendaraan operasional para Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Menariknya, Panglima bukan hanya menyebutkan jumlah “ratus” seperti Presiden, tapi Beliau menyebut “beberapa ribu”.

Waaahhh… Mantabs, Om Bro… Langsung laris manis ini karya anak bangsa…

“Yth. Bapak Presiden @jokowi, Setelah saya melihat foto Bapak mengendarai sepeda motor bermerek Gesits karya anak bangsa ini, muncul ide mengalokasikan beberapa ribu unit untuk operasional Babinsa. Infrastruktur listrik di pelosok desa akan memudahkan proses pengisian baterenya,”

Begitu bunyi akun Twitter Panglima @TjahjantoHaditwitter panglima tni tentang motor gesits

Memang, selain lantaran karya anak bangsa, karakteristik motor listrik yang ramah lingkungan pun sangat patut di pertimbangkan untuk menjadi motor masa depan.

Sekelumit kisah motor listrik Gesits…

…sebelum diproduksi oleh perusahaan industri, Gesits telah dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur. Bukan hanya ITS, ketika riset, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) pun turut berperan.

Setelah terbentuk prototipe, Menristekdikti pun tergerak untuk mambawa proyek ini ke dalam dukung pemerintah melalui beberapa BUMN, yaitu,

. PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON)
. PT Pindad (Persero)
. PT Len Industri (Persero)
. PT Pertamina (Persero)
. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) melalui PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
. PT Gesits Technologies Indo (GTI) (Swasta).

Gesits bukanlah motor listrik biasa. Dia telah dibekali dengan teknologi Adaptive Digital Display (ADD) 5,8 inch pada dashboard dengan teknologi smartphone di dalamnya.

Display tersebut akan menampilkan informasi kecepatan, jarak tempuh, sisa daya baterai dan lain-lain. Bahkan via display ini nantinya Om Bro akan bisa tahu lokasi gerai-gerai pertukaran baterai. Jadi semacam ada GPSnya gitu…

Naahh, pada bagian ADD terkoneksi internet inilah peran PT Telkomsel menjadi sangat besar…

Baterai yang digunakan oleh Gesits ialah lithium-ion 5000 kWh (kilo-watt-hour). Daya jelajahnya mampu menempuh 70 km dengan kecepatan 80 km/jam.

Kemudian pamungkasnya yang paling klimaks bagi Mtb… yaitu… saat di tanya oleh awak media perkara payung hukum, Presiden menjawab dengan tegas,

“Enggak usah lah payung-payungan (payung hukum). Nambahin urusan saja senangnya. Asal kompetitif, barangnya bagus, konsumen pasti serbu. Hukum bisnis ya begitu.” (Viva, 8/11/2018).

Ini tentu dukungan sangat besar dari Presiden bagi Gesits… Mantap pisan dah pokona mah… So, kita tunggu saja, semoga nanti Gesits benar-benar bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri. (Mtb – Motor Listrik Gesits).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: