Motor Custom Chopper Indonesia Ini Buatan Siswa-siswa SMK Tegal

Motorisblog.com – Om Bro…!! Siapa sangka, motor custom chopper Indonesia yang satu ini ialah rakitan para pelajar SMK. Iya Om… Siswa-siswa SMK Bhakti Praja Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Bukan hanya motor chopper saja Om… Mereka juga membuat satu unit motor red rock.

motor red rock smk bhakti praja adiwerna tegal

Menariknya, kedua motor tersebut dibuat dari bahan-bahan yang asalnya ialah limbah logam dari home industry yang berada di lingkungan sekitar sekolah…

Hal menarik lainnya lagi adalah bahwa kedua motor itu benar-benar mereka buat dari nol dengan menggunakan alat manual sederhana… Jadi bukan motor modifikasi. (Adi Fuju Harsono, Kepala Program Studi Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Bhakti Praja Adiwerna – DetikOto, 12/9/2019).

Dibuatnya motor-motor gaul model chopper dan red rock ini ialah merupakan program sekolah dalam rangka mencetak siswa-siswa berdikari…

motor chopper smk bhakti praja adiwerna tegal

Dalam proses pembuatannya, barang-barang bekas yang digunakan ialah untuk bahan rangka, knalpot, jok dan tangki bahan bakar. Sedangkan untuk mesinnya, mereka membeli komponen secara terpisah untuk kemudian di rakit sendiri oleh para siswa.

Jadi bukan menggunakan mesin utuh yang sudah jadi dari sananya ya Om…

Sekarang hasilnya belum sempurna… Wajar Om,, karena alat-alat yang digunakan pun manual sederhana, bukan menggunakan alat industri pabrikan. Tapi pun begitu, kedua motor tersebut tak kalah dari motor-motor buatan bengkel-bengkel motor custom profesional.

Untuk merakit motor-motor itu, para siswa telah menghabiskan waktu selama 4 bulan dengan biaya sebesar Rp6 juta permotor… Yang artinya menjadi Rp12 juta untuk keduanya… (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: