Motor Baru Honda 2019, Tiga Sudah Rilis di GIIAS 2018

Motorisblog.com – Motor baru Honda 2019. Om Bro…!! Pameran otomotif GIIAS merupakan ajang bagi agen pemegang merek (APM) mobil dan motor dalam mengenalkan produk-produk barunya. Termasuk salah satunya PT Astra Honda Motor yang memperkenalkan secara resmi tiga motor barunya, yakni Honda Forza 250, Honda Super Cub C125 dan moge CRF1000L Africa Twin Adventure Sport.

Nah… kali ini Mtb hanya akan membahas dua di antaranya, yakni Forza dan Supercub.

Honda Forza 250

Gelaran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang dimanfaatkan oleh Honda dalam rangka rilis skutik bongsor Forza 250 yang termasuk kategori motor premium di Indonesia. So… ini bisa jadi ancaman serius bagi Yamaha Xmax, meski secara harga, Xmax masih jauh lebih murah. Pasalnya, meski jauh lebih mahal, Honda dan Yamaha masing-masing punya konsumen loyal yang sulit saling beralih satu sama lain.

Mencontoh perjalanan PCX vs Nmax, pihak Nmax tetap bisa bertahan dalam jumlah penjualan. Awalnya, Nmax sanggup mengasapi penjualan PCX lantaran harga yang jauh lebih murah. Selanjutnya, meski PCX sudah diproduksi secara lokal dan memiliki banderol yang tidak selisih jauh, namun loyalitas pecinta Nmax sudah tak tergoyahkan. Angka penjualan Nmax hingga saat ini masih jauh di atas PCX.

So… melihat riwayat tersebut, sepertinya Forza 250 pun tidak akan mudah “merongrong” pasar Xmax. Apalagi riwayat Forza serupa dengan PCX, yakni di awali dengan produk CBU yang notabene berbanderol jauh lebih tinggi dibanding produksi lokal. Namun… seperti pula PCX yang terus mengancam Nmax, maka Forza pun sepertinya akan terus membayang-bayangi Xmax.

Sebenarnya, secara teknologi dan fitur, harga Forza memang tidak berlebihan. Tapi kembali lagi… Fitur berlimpah dari PCX pun nyatanya ngos-ngosan ketika harus mengejar angka penjualan Nmax.

Spesifikasi, fitur dan harga Honda Forza 250

Honda Forza 250 mengusung fitur electrical adjustable windscreen, yaitu alat pengatur ketinggian windshield secara elektrik. Jiga dibekali Honda Selectable Torque Control (HSTC) alias fitur pengontrol traksi untuk mencegah ban slip pada segala kondisi jalan.

Pada bagian speedometer, Honda Forza telah menggunakan digital panelmeter…

Honda Forza 250 mengusung mesin 250cc SOHC liquid cooled PGM FI. Power maksimum yang dapat dicapai sebesar 17,3 kW/7500 rpm.

Bodi gambot, tentu bannya pun gambot. Forza menggunakan ban tubeless berukuran 120/70-15 pada roda depan dan 140/70-14 di belakang.

Disektor keamanan, Forza telah dilengkapi rem cakram depan dan belakang dengan sistem ABS 2 channel. Sementara bagian penerangan, lampu jenis LED sudah di aplikasikan disemua bagiannya, yakni lampu depan, lampu belakang serta lampu pada cover spion. Juga dilengkapi passing lamp dan lampu hazard untuk situasi darurat.

Sistem keamanan lainnya ialah Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Sementara untuk keperluan komunikasi, Forza juga memberikan DC socket untuk mengisi daya smartphone pada rak depan.

Bagasi bawah jok ekstra lega. Pihak Honda mengklaim bahwa bagasi Forza 250 tersebut mampu melahap dua helm sekaligus dengan barang bawaan lainnya.

Honda menawarkan Forza 250 dalam tiga pilihan warna, yaitu Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, dan Mat Gunpowder Black Metallic dengan banderol Rp70 jutaan (on the road Jakarta).

Honda Super Cub C125

motor baru honda 2019
Honda Super Cub C125

Mengusung desain model jadul, Honda Super Cub 125 menawarkan fitur-fitur modern.

Jadi istilahnya, ini motor jaman now yang dibalut desain unik ber-aura retro.

Super Cub C125 bermesin injeksi 125cc SOHC dua katup, empat percepatan dengan sistem pendingin udara. Diameter dan langkah piston 52,4 x 57,9mm dengan rasio kompresi 9,3:1 mampu mengeluarkan daya 6.76kW/7.500. Sementara torsi maksimalnya 9,79 Nm/5.000 rpm.

Pada bagian panel meter, C125 menggunakan speedometer kombinasi analog dan digital yang dipisahkan dengan dua lingkaran krom. Lingkaran luar memuat jarum speedometer analog dan lampu pemberitahuan, sementara lingkaran dalam memuat tampilan digital.

Sistem penerangan Honda Super Cub C125 semuanya telah menggunakan lampu LED.

Disektor keamanan, Honda membekali Super Cub C125 dengan fitur Honda Smart Key System yang telah terintegrasi alarm anti maling dan Answer Back System.

Fitur Answer Back sistem aman memberikan indikator berkedip saat diaktifkan sehingga mempermudah Om Bro saat mencari posisi motor di parkiran.

Bagian rangka Super Cub C125 berbasis frame C110, yakni “backbone” dengan pipa baja tabung.

Berat bersihnya kendaraan 107 kilogram.

Di bagian kaki-kaki, C125 menggunakan suspensi depan tipe teleskopik. Rodanya memakai velg alumunium 17 inci dengan ukuran ban depan 70/90-17 dan ban belakang 80/90-17 jenis tubeless.

Honda Super Cub C125 menawarkan tiga varia warna, yakni Pearl Niltava Blue, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black dengan banderol Rp55 juta (on the road Jakarta).

Banderol Honda Super Cub C125 senominal Rp55 jutaan telah menjadikannya sebagai motor bebek termahal se-Indonesia untuk saat ini. Namun, meskipun harganya paling mahal, nyatanya kuota sebanyak 40 unit yang disediakan di ajang GIIAS 2018 sudah nyaris habis pada saat artikel ini dibuat.

Pihak Honda menyatakan, jika memang permintaannya terus naik, Honda akan menyesuaikan dengan kebutuhan (menambah jumlahnya).

Om Bro…!! Honda telah menunjukkan totalitasnya pada C125. Salah satunya terlihat dari kapasitas muatannya yang hanya diperuntukkan bagi satu pengendara saja, tanpa tempat duduk boncenger. Rupanya Honda benar-benar ingin mempertahankan keaslian desain Super Cub seperti pada saat pertama kali meluncur di tahun 1958 lalu. (Mtb – Motor baru Honda 2019).

Tinggalkan Komentar