Motor Baru 2019 Honda Berkode K0JA Ternyata Beat 125…!!!??

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sekira satu setengah bulan lalu, ramai diberitakan akan adanya project motor baru 2019 Honda yang berkode K0JA. Dan ketika itu, prediksi yang mengemuka ialah varian baru Beat series yang belum gamblang detailnya. Nah, hari ini Mtb mendapat bisikan bahwa kode tersebut ialah milik Beat 125.

Advertisement

What…??!!

Ngga usah kaget gitu Om… Biasa aja kagetnya. Wkwkwkwkwk…!!

Yup… Bener pisan Om… Pada salah satu artikel Iwanbanaran, episode 14/11/2018 lalu, Lek Iwb memberikan prediksi bahwa kode K0JA yang muncul ialah varian Honda Beat. Tapi masalahnya, …kode project tersebut amat janggal.

Kenapa…??

Karena sebelumnya tidak ditemukan project Honda dengan kombinasi angka 0 (nol) setelah huruf K. Contohnya,

. Kode K47 untuk Honda Blade
. Kode K41 untuk Supra X
. Kode K56F untuk Supra GTR150
. Kode K16/K93 untuk Scoopy
. Kode K81 untuk Beat
. Kode K56 untuk Sonic
. Kode K15 untuk CB150
. Kode K45 untuk CBR150
. Kode K64A untuk CBR250RR
…dan lain-lain

Maka kemudian akan mudah di prediksi ketika muncul kode, misalnya, K15A, K15G, K45A, K45G, dan sebagainya, …karena patokan depannya sudah jelas…

Namun ketika muncul kode K0JA yang tidak mendekati project mana pun, …itu apa artinya…?? Walau pun pada akhirnya ada bocoran bahwa project tersebut adalah Honda Beat. Tapi kemudian kan jadi timbul pertanyaan baru lagi, “Honda Beat yang seperti apa…?”

Maksudnya begini Om…

Kode project Honda Beat itu kan K81 ya Om… maka berarti kode K0JA itu kan jauh pisan, …ngga ada mirip-miripnya dengan K81. Jadi Mtb kira jika benar Project tersebut adalah Beat, maka pastinya varian Beat 2019 yang akan datang bakal mengusung banyak sekali ubahan, …bahkan bisa jadi berubah total…!!

Yup… Tidak tertutup kemungkinan jika Beat 2019 mendatang bakal jadi vaian ‘All New’.

Apa iya…??

Mungkin saja, mengingat usia produksi Beat sudah 10 tahun sejak pertama kali brojol, dan sudah 6 tahun sejak varian injeksi.

Advertisement

Kemudian jika benar Honda akan merombak besar-besaran unit motor sejuta umat itu, kira-kira akan sebesar apa ubahannya…??

Naahhh… disini nih yang bikin Mtb mumet. Soale begini… Meskipun Mtb belum memiliki kesaktian setingkat Lek Iwb, Wak Haji Taufik dan mbah-mbah yang lain, …tapi Mtb juga sudah bisa bertapa di gunung kembar. (Wkwkwkwk…!!). Dan dari hasil tapa brata tersebut, Mtb mendapat wangsit bahwa Honda Beat 2019 bakal seperti ini,
. Injektornya lebih besar
. Kapasitas mesin 125cc
. Bentuk stoplamp berubah
. Panelmeter digital
. Lampu LED
. Pilihan varin CBS
. Pilihan varian ISS
. Pilihan varian keyless

Naahh… sekarang timbul pertanyaan baru… Mau berapa banderolnya…?? Pasalnya jika dilihat dari kelas produknya, Beat itu kan varian skutik termurah dari Honda. Sementara jika dia mengusung ubahan besar, maka kemungkinan banderolnya bakal seperti lagunya Sheila On7, yaitu “melompat lebih tinggi”. Sedangkan pada versi yang ada sekarang saja, yang kapasitas mesinnya hanya 108cc, banderolnya sudah Rp15 jutaan ke atas.

Atau Honda punya cara khusus untuk menekan cost produksi sehingga banderol Beat nantinya tidak melompat terlalu jauh??

Kemudian jika benar kapasitas mesinnya jadi 125cc, apakah Vario 125 masih akan dipertahankan…?? Dan karena Beat merupakan kasta terendah di jajaran skutik Honda, maka jika naik kelas ke 125cc nanti kastanya masih akan menjadi yang terendah…??

Lantas jika karena semua upgrade tersebut kemudian harganya jadi membengkak, apakah nantinya tidak malah jadi boomerang…?? Apa masih akan laris manis…??

Entahlah… Kita lihat saja apa hasilnya nanti. Apakah prediksi motor baru Honda 2019 versi Mtb ini benar atau meleset…??

Sebenarnya menurut nalar Mtb, hampir mustahil Beat akan dirombak sebanyak itu. Tapi kenapa wangsit yang Mtb terima justru seperti itu…?? (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *