modifikasi x ride simple

Modifikasi X Ride Simple tapi Lumayan untuk Touring

Motorisblog.com – Modifikasi X Ride simple. Om Bro…!! Sudah jadi sifat yang manusiawi ketika ada seseorang yang selalu merasa kurang puas akan apa yang telah dimilikinya. Termasuk dalam hal tunggangan roda dua. Nah, ini ceritanya sore tadi Mtb ngantar istri tercinta berbelanja ke toko grosir dan melihat ada satu unit Yamaha X Ride 115 yang terparkir didepan toko tersebut. Tapi si motor sudah dalam keadaan tidak standar pabrikan. Sudah ada sentuhan modifikasi di beberapa bagian.

Sebenarnya sudah sering Mtb melihat motor ini di lokasi ini. Tapi baru kali ini Mtb merasa penasaran untuk menjepretnya.

Sebelumnya Mtb sudah pernah sedikit berbincang dengan si empunya motor yang sekaligus juga pegawai di toko tersebut. Tapi Mtb tidak berkesempatan bertanya banyak karena posisi si empunya sedang dalam jam kerja.

Ya… hoke lah… Mtb meraba-raba saja dalam menyusun artikel ini.

modifikasi x ride simple

Pertama dari samping kanan dan bagian wajah, Mtb mendapati ada tambahan pipa teralis disekitar headlamp, bagian dalam tebeng serta pada bodi dibawah jok. Sebenarnya X Ride 115 pada saat itu sudah tersedia versi berteralis seperti ini. Tapi pada cerita kali ini, si empunya sebetulnya membeli X Ride yang versi standar. Jadi pipa-pipa tersebut adalah merupakan tambahan yang dibuatnya sendiri diluar standar pabrikan.

modifikasi x ride simple

Selanjutnya dibagian wajah ada pula lampu LED tambahan berbentuk kotak dikiri-kanan tebeng, sejajar dengan lampu utama. Kemudian dibagian kaki depan, itu garpu depan disambung hingga (mungkin) sekitar 10 cm.

Mtb pernah bertanya pada si empunya, katanya cara penyambungan pen-nya dengan di bubut. Alasannya karena lebih kuat ketimbang di las.

Dengan lebih panjangnya garpu depan, maka secara otomatis selang minyak rem cakram pun harus diganti dengan yang lebih panjang. Soale kalau pakai selang standar, pastinya jadi kurang panjang. Namun begitu, Mtb perhatikan disc dan master rem-nya masih tetap standar pabrikan.

Bagian lain… velg juga terlihat standar pabrikan. Hanya ada sedikit perubahan warna secara kasat mata. Kemungkinan sudah di cat ulang.

Bagian roda, ban menggunakan jenis semi offroad kali ya? Soale dia punya profil kotak-kotak tapi bukan ban pacul. Profilnya tidak setebal ban tahu pada umumnya.

Beralih ke bagian ekor, ada tambahan topi agak panjang diatas stop lamp. Lalu ke bagian suspensi belakang, shock breackernya masih asli bawaan pabrik, hanya ditambah sambungan variasi yang biasa tersedia ditoko-toko aksesoris motor.

modifikasi x ride simple

Dengan naiknya suspensi depan dan belakang, secara otomatis ground clearance pun pasti naik. Yang pada gilirannya, bagian standar selaku penopang motor saat terparkir pun jadi harus lebih panjang. Dan dalam hal ini, si empunya mengaku bahwa dia menggunakan standar samping punya Kawasaki KLX 150.

Bergeser ke stang bagian dalam… terdapat aksesoris tambahan tempat menyimpan botol minuman pads stang bagian kiri. Nah… ini yang Mtb anggap salah satu kekurangan X Ride, yakni tidak ada rak (console box) dibagian depan.

modifikasi x ride simple

Sementara jika Om Bro alihkan pandangan pada stang bagian kanan, terdapat tempat penyimpanan HP. Ini pas nih kalau Mtb yang pakai. Pas buat mantau aplikasi saat narik ojek online. Wkwkwkwk…!!

Pada batok kepala, panel meter masih tetap bawaan pabrik. Hanya ada sedikit tambahan mika di bagian depan yang menonjol ke atas. Semacam punya motor chips dijaman dulu. Kakakakakakk…!!

Perangkat kaca spion, Mtb lihat pakai standar pabrikan juga. Bagus lah… biar merubah tampilan, faktor safety kudu tetap diutamakan. Betul, Om Bro…?! (Mtb – Modifikasi X Ride simple).

Tinggalkan Komentar