Modifikasi RX King Standar Jadi Cafe Racer

Motorisblog.com – Modifikasi RX King Standar Jadi Cafe Racer – Om Bro sekalian pasti tahu ya, dengan motor yang dijuluki ‘motor jambret’ di jamannya. Iya… Yamaha RX King… Karena karakter tarikan mesin 2 tak yang kencang dan spontan. Ditambah lagi kapasitas mesin 135cc yang kala itu terbilang besar untuk ukuran mesin motor di Indonesia. Pastaslah jika di era 1990-an lalu, RX King sangat jaya di jalanan.

Om Bro… Meskipun secara usia motor RX King sudah tua, namun belakangan ini harganya justru terdongkrak naik lantaran banyaknya peminat dari kaum pehobi motor 2 tak.

Tingginya harga RX King tidak memiliki patokan harga yang pasti. Semua tergantung kondisi dan originalitasnya lantaran RX King saat ini sudah tidak lagi diproduksi oleh Yamaha. Nah… karena stoknya terbatas dipasaran, kemudian peminatnya banyak, maka banyak pula para peminatnya yang berani membayar mahal untuk mendapatkan motor kesukaannya tersebut.

Seperti salah satunya yang pernah terjadi di Otobursa Tumplek Blek 2018… disana ada RX-King yang ditawarkan dengan harga Rp50 juta.

Gileeee… Mendekati harga motor sport 250cc jaman now…

Motor itu adalah milik Gilbert Ciputra dari King’s Club Djakarta yang adalah RX-King Special Edition lansiran tahun 2003. Special edisi ulang tahun RX-King yang ke-20.

Namun sayang… Mtb tidak mendapatkan gambarnya…

Om Bro… Meskipun RX King sudah berusia lanjut, namun para pemiliknya sama sekali tidak identik dengan orang tua. Justru kebanyakannya adalah anak muda. Mereka (penggemar RX King) menganggap bahwa desain RX King tak lekang oleh waktu. Karena itu, meski banyak orang yang telah memodifikasi RX King menjadi sedemikian rupa, tapi banyak juga dari mereka yang tetap mempertahankan originalitasnya.

Belakangan ini, motor RX King yang harganya bisa fantastis justru yang kondisinya original.

Namun demikian, sebagaian penggemar RX King yang sekaligus juga penggemar modifikasi, ada saja yang dapat menarik perhatian dari tampilan beda RX King miliknya. Seperti yang satu ini,

Modifikasi RX King Standar Jadi Cafe Racer

yamaha rx king 1994 modif cafe racer kuning

Hasil modifikasi ini pernah muncul di GIIAS Auto Show 2018, Surabaya. Dimana ada modifikasi RX King 2018 yang wujudnya berubah menjadi sosok motor balap klasik tanpa menghilangkan ciri khas dari Yamaha RX King lansiran tahun 1994 tersebut. Misalnya saja kapasitas mesinnya yang tetap 135cc. Tidak ada oversize pada pistonnya.

Modifikasi tersebut dilakukan oleh Hongkingkong Custom, yaitu bengkel rumahan asal Surabaya.

Hongkingkong Custom merubah tampilan RX King 1994 itu menjadi bergaya cafe racer dengan labur kuning retro ala motor balap klasik khas Britania Raya.

Nicko Pandu Nuswantoro (30), sang modifikator dari Hongkingkong telah mengubah sasis motornya agar lebih presisi antara bagian depan dan bagian buritan. Ubahan dilakukan dengan cara memotong sasis agar motor menjadi lebih landai.

Untuk mendongkrak kesan klasiknya, ban depan dan belakang pun diganti dengan ukuran 18/400.

Sektor mesin dibiarkan dalam kondisi standar. Hanya ada perubahan pada karburator yang diganti menggunakan PE 28.

Lampu depan mengaplikasikan model daymaker supaya kesan cafe racer semakin kental, ditambah pula dengan knalpot scambler.

Selanjutnya, komponen-komponen kelistrikan ditempatkan di bawah mesin. Termasuk aki, CDI dan kiprok, semuanya di bagian bawah. Tentunya dengan diberikan tambahan pengaman.

Menurut Nicko, mesin 2 tak tidaklah sepanas mesin 4 tak, karenanya, masih aman untuk menerapkan komponen kelistrikan dibawah mesin.

Biaya Modifikasi RX King Standar Jadi Cafe Racer

Nicko mengerjakan modifikasi RX King ala cafe racer itu selama 3 bulan dengan total biaya sekira Rp30 jutaan…

Masih menurut Nicko, tingkat kesulitan pada modifikasi RX King 1994 tersebut terjadi pada pengerjaan body depan dan buritan, yaitu pada tangki dan jok.

Sekilas Yamaha RX King

Awal kisah perjalanan RX King di dunia persilatan motor Indonesia dimulai dari Yamaha RX K pada tahun 1980 yang didatangkan ke Indonesia secara Completely Built Up (CBU), langsung dari Jepang. Kemudian dilanjutkan oleh Yamaha RX S di tahun 1981, Yamaha RX Special di tahun 1983, Yamaha RX King Cobra (tahun 1983) dan RX King Master (tahun 1996).

Sempat terlahir pula Yamaha The New RX-King (tahun 2002) yang berlanjut hingga RX King discontinue pada tahun 2008 yang lampau.

Kini… setelah 10 tahun berhenti diproduksi, Yamaha Indonesia menyatakan bahwa part-part (suku cadang) RX King pun berhenti pula produksinya. Namun, hal itu tidak membuat para penggemar surut langkah ke belakang…, bahkan harga RX King dikabarkan semakin memuncak. (Mtb – Modifikasi RX King Standar Jadi Cafe Racer). Sumber: detikOto edisi Senin, 17 September 2018.

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: