Modifikasi Motor Xmax 250 Pakai Shock CBR250RR, Jadi Lebih Empuk

Motorisblog.com – Modifikasi Motor Xmax 250 Pakai Shock CBR250RR – Om Bro…!! Ada referensi dari Mang Kobayogas bagi Om Bro sekalian penunggang Yamaha Xmax yang sekaligus penyuka modifikasi. Atau, setidaknya bagi Om Bro yang ingin Xmax-nya tampil beda dengan menggunakan suspensi Upside Down punya Honda CBR250RR.

Referensi ini datangnya dari Ihsan Motoshop yang disambangi langsung oleh Mang Kobay.

Nah, menariknya, hasil modifikasi menggunakan shock Showa berwarna Gold dengan tutup atas biru anodize tersebut tidak hanya semata-mata merubah tampilan, tapi juga membuat ayunan shock menjadi lebih empuk, dan handling pun menjadi lebih baik.

Itu pengakuan Si Empunya pada Mang Kobay.

Kalau penampilan sih sudah jelas… Jadi lebih gagah dan proporsional. Sesuai dengan dimensi bodinya yang gambot. Apalagi, itu Xmax warna kuning, dipasangkan dengan shock warna emas. Jelas lah matching…

Cara Modifikasi Motor Xmax 250 Pakai Shock CBR250RR

modifikasi motor xmax 250

Secara umum, ada tiga cara modifikasi motor yang dapat dilakukan, yaitu,

Plug & Play (PnP) alias langsung pasang

Ini adalah cara penggantian komponen motor secara langsung tanpa ubahan sama sekali. Cara ini hanya bisa di aplikasikan jika part pengganti memiliki mounting yang sama persis dengan part yang akan diganti.

PnP dengan sedikit ubahan

Cara ini dilakukan dalam modifikasi jika part pengganti terbilang cocok, namun tidak 100% sama mounting dan lain-lainnya. Jadi, harus ada ubahan sedikit agar modifikasi dapat dilakukan secara aman tanpa mengurangi kenyamanan berkendara.

Modifikasi ekstrim

Yang ketiga ini cara modifikasi dimana part pengganti tidak ada kecocokan dengan part yang akan diganti. So, si modifikator harus melakukan perubahan besar pada beberapa bagian. Ada proses potong-sambung pada bagian-bagian yang tentunya membutuhkan perhitungan yang sangat matang supaya hasilnya aman dan nyaman.

Nah, Modifikasi Motor Xmax 250 Pakai Shock CBR250RR ini termasuk kedalam kategori yang kedua. Yakni Pnp dengan beberapa penyesuaian di bagian as segitiga dan ada raiser untuk dudukan stangnya.

Selain itu, dudukan cakram ABS-nya bagian depan juga dibubut sedikit supaya agak masuk ke dalam. Hal ini dilakukan lantaran ada perbedaan pada kaki-kaki Xmax dengan CBR250RR.

Sejatinya, shock USD kepunyaan CBR250RR di desain untuk aplikasi velg kecil, sedangkan XMax bagian velgnya lebih lebar.

Maka jadi harus ada ubahan untuk menyesuaikannya…

Hasil Modifikasi

Seperti yang sudah Mtb singgung di atas, tampilan jadi lebih gagah, ayunan jadi lebih lembut. Selain itu, Bro Ihsan juga mengklain bahwa radius putarnya lebih banyak dibanding modif menggunakan part moge.

Biaya

Ada beberapa bagian yang Bro Ihsan modifikasi, selain shock depan, yaitu knalpot (diganti menggunakan ProSpeed Scooter) dan Shock belakang menggunakan YSS Gold Series khusus XMax.

modifikasi motor xmax 250

Untuk semua modifikasi itu, Om Bro harus menyiapkan budget sebesar Rp12 jutaan.

So… Jika Om Bro berminat, Om Bro bisa hubungi nomor Ihsan Motor yang Mtb dapat dari beritanya Mang Kobay, yakni 08989107358 (Ihsan Motor). (Mtb – Modifikasi Motor Xmax 250).

Tinggalkan Komentar