Modifikasi Kecil Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur

Motorisblog.com – Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur – “Braakk…!!”, suara dari kolong motor skutik Mtb saat melewati polisi tidur. Dulu Mtb sering berfikir, bagaimana cara membangunkan polisi tidur itu?

Wkwkwkwk…!! Kenapa sih harus dinamai “polisi tidur”?

Tapi ya sudahlah. Kita nggak perlu ngurusin polisi tidur. Karena belum tentu polisi tersebut mau kurus… Wkwkwkwk…!!!

Menurut pengalaman beberapa orang penunggang Honda Spacy, ada 3 poin yang harus diubah jika ingin ground clearance (kolong) motor Spacy Om Bro tidak mentok polisi tidur. Yaitu mengganti ban depan dan belakang dengan ukuran yang lebih besar, serta mengganti shockbreaker belakang Spacy dengan kepunyaan Vario 125.

Mari kita bahas satu-persatu…

1. Mengganti Ban dengan Tipe Tubeless Ukuran 100/80 (depan) dan 110/80 (belakang)
Ukuran ban standar skutik Honda di Indonesia (Vario, Beat, Scoopy, Spacy) adalah 80/90 (depan) dan 90/90 (belakang), tube type (pakai ban dalam). Kemudian, jika Om Bro pernah membaca spesifikasi atau bahkan melihat langsung ban pada Honda PCX 150 adalah tipe tubless 90/90 (depan), dan 100/90 (belakang).

Idealnya, untuk mendapatkan tinggi yang “pas” pada matic Spacy, ukuran ban PCX 150 inilah yang tepat. Tapi ukuran ini agak sulit didapat dipasaran. Bahkan dibengkel resmi Hondapun tidak selalu tersedia.

Nah, untuk menyiasatinya, Om Bro dapat menggunakan ukuran 100/80 didepan dan 110/80 dibelakang.

Bagaimana jika menggunakan ukuran yang lebih besar lagi?

Mtb rasa tidak bisa. Ban akan mentok kanan-kiri kolong motor (arm dan shockbreaker).

2. Mengganti Shockbreaker Belakang dengan Kepunyaan Vario 125
Panjang shockbreaker belakang Vario 125 adalah 32 cm. Jika punya Vario yang panjang itu diterapkan pada Spacy atau Beat, tentu akan menaikkan kolong Spacy hingga 2 cm. Mengingat panjang shock Spacy hanyalah 30 cm.

Tapi menurut Mtb, ini kurang efisien.

Kenapa??

Karena dengan menerapkan shock Vario 125 tersebut, Om Bro jadi harus merubah (mengganti) standard tengah asli bawaan Spacy.

Ko gitu??

Soale dengan mengganti ban tubless ukuran tersebut diatas saja sudah cukup tinggi.

Dengan ukuran ban itu saja, Mtb coba berdirikan motor dengan standar utama (standar tengah/standar double), kemudian Mtb intip space ban belakang ke tanan… Ternyata hanya tersisa +/- 0,5 cm. Artinya, jika Om Bro menaikkan shock breaker dengan milik Vario 125 sekaligus juga meng-upgrade ukuran ban, maka standar ori Spacy yang tengah jadi menggantung. Tidak bisa digunakan secara normal. Selain itu, motor juga akan jadi terlalu miring ketika menggunakan standar samping.

honda spacy fi 2013

Jadi kesimpulannya…

Om Bro pilih salah satunya saja… Mau upgrade ban saja atau mau ganti shock belakang saja. Soale kalo di kerjakan dua-duanya, nanti standar tengah jadi mubah. Ngga bisa di gunakan.

Jika pun Om Bro tetap ingin mengaplikasikan keduanya, maka Om Bro harus merombak standar tengah. Entah dengan menambahkan (menyambung) plat baja dibawah standar tengah, atau bahkan mengganti standar tengah dengan kepunyaan motor lain…

Note:
Untuk aplikasi pada Beat dan Vario 110, Mtb belum punya sumber yang terpercaya. Tapi ketika Mtb intip kolong Vario 110 dan Beat, Mtb kira hasilnya akan sama dengan Spacy. Jadi, cara ini bisa di aplikasikan pada Beat dan Vario 110 juga. (Mtb).

18 tanggapan untuk “Modifikasi Kecil Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur

  • 1 April 2019 pada 17:32
    Permalink

    jadi kira2 pake standar samping pake siapa ya bro biar ga terlalu miring spacy nya? gw udah lakuin 2 hal yg bro saranin diatas.. jdnya miring bgt nih motor. kalo yg standar tengah masih aman

    Balas
    • 1 April 2019 pada 22:18
      Permalink

      Sy sendiri belom coba ganti standar samping. Iya sih jadi miring banget, tapi sejauh ini masih aman. Sy sendiri lebih suka pake standar tengah Om… Standar samping dipake sesekali aja kalo emang perlu banget.

      Lagi pula, konon, penggunaan standar tengah pada saat parkir lebih baik dibanding standar samping. Istilah singkatnya, suspensi (shockbreaker) jadi ada istirahatnya. Ngga selamanya menahan bobot badan motor. Pengaruhnya shock jadi lebih awet.

      Balas
  • 20 Mei 2019 pada 23:08
    Permalink

    Yth. motorisblog.com mohon informasi/review selama anda menggunakan motor Honda Spacy yg telah di ubah ukuran ban & shocbreakernya itu, apakah kekurangan & kelebihannya (terutama dari segi kemanan & kenyaman selama berkendara). Tksh.

    Balas
    • 20 Mei 2019 pada 23:29
      Permalink

      Singkat aja ya Om… Biar ngga kepanjangan narasinya…

      Shockbreaker ngga saya ubah. Itu cuma saran kalo misale dirasa masih kurang tinggi. Lagi pula jika diganti shock yang lebih panjang sekaligus ban lebih besar, resikonya standar tengah jadi menggantung. Jadi saya kira dengan upgrade ukuran ban saja sudah cukup.

      Dengan upgrade ban depan-belakang saja sisa space ban ke tanah saat pake standar tengah tinggal 1 cm kurang lebih. Jadi kalo ganti shock yang lebih panjang 2 cm, pastinya standar tengah jadi menggantung.

      Secara keamanan, stang jadi kurang responsif buat manuver. Soale ukuran ban lebih besar dari standar pabrikan. Tapi itu ngga lama Om… Setelah seminggu-dua minggu, kalo udah terbiasa sih rasanya enak aja Om…

      Secara kenyamanan dapet banget Om… Ketemu jalan rusak, ketemu lobang, itu feel hantamannya mampu di redam dengan baik karena ukuran ban lebih besar. Jadi laju motor lebih stabil. Ngga mudah limbung. Kalo kata orang Jawa / Sunda disebutnya jadi “tambleg”. Enak pisan buat ditarik sampe mentok gas.

      Tapi jangan di biasain ngebut lah. Bahaya. Lagian top speed spacy kan ngga kenceng-kenceng amat. Mesinnya juga cuma 108cc.

      Kekurangannya di akselerasi. Tarikan awal jadi rada lambat. Kalo di lampu merah, berasa banget saya ketinggalan melulu dari skutik-skutik yang masih pake ban standar pabrikan. Tapi ya kembali lagi… Saya sendiri ngga suka betot gas sekaligus, jadi sejauh ini ngga masalah buat saya.

      Dari awal pas ganti ban yang pertama, sampe sekarang saya pake ukuran ban di atas standar pabrikan.

      Tapi jangan terlalu besar ukuran bannya juga Om… Maksimal 110/80 untuk ban belakang. Lebih dari itu, ban mentok ke shock & arm.

      Ban depan maksimal 100/80. Jangan lebih. Kalo lebih, mentok juga ke shock depan.

      Balas
      • 17 Juni 2019 pada 23:53
        Permalink

        Kalo saya, lebih baik ganti shock punya vario cbs yg lebih tinggi 2 cm dng ban ukuran standar depan 80/90-14 dan belakang 90/90-14, karena sudah aman dari poldur, beban CVT lebih ringan & lebih awet daripada narik ban lebih besar dari ukuran standar, masih bisa standar tengah, standar samping bisa di-las tambah besi, busi NGK Platinum, oli Xten, kanvas rem Aspira depan belakang (awet, tahan panas, pakem), biaya ganti ban lebih hemat dng ukuran standar, lampu depan LED RTD 25 watt 6 led (3 led lampu dekat kuning, lampu jauh 3 led kuning & 3 led putih), ban Aspira Premio Terreno (bagiku ban terbaik utk matic, kembang offroad tapi tak licin jika hujan, tak licin menginjak cat putih marka jalan, lebih stabil di jalan beralur pasir yg dikerok utk diaspal lagi, mencengkeram jalanan tanah becek, ukuran lengkap mulai 70/90-14, 80/90-14, 90-90/14, 100/90-14, dan ukuran ring 17 juga ada). Daya tahan ban terreno ini diatas 10 ribu (tergantung gaya nyetir, kondisi jalan, gaya mengerem, cuaca, cara menyimpan motor, dll).

        Silahkan dicoba …

        Balas
        • 18 Juni 2019 pada 00:13
          Permalink

          Mantap Om… Makasih tambahannya…

          Balas
  • 13 Juni 2019 pada 08:51
    Permalink

    Numpang tanya om,
    Klw shock depan spacy pakai punya scoopy 2019 bisa gak ya?

    Balas
    • 13 Juni 2019 pada 22:26
      Permalink

      Sy ngga dapet referensinya Om… Coba kalo Om Bro lagi servis motor sambil sharing-sharing ke montirnya. Barangkali disana bisa dpt jawaban yang tepat.

      Balas
      • 17 Agustus 2019 pada 12:17
        Permalink

        Maaf mas bro.. kalau spacy injek standar apa bisa pakai ban ukuran 100/90.. kok saya tanya di saat mau beli ban ukuran 100/90 katanya gak bisa.

        Mungkin sampean yg pernah coba bisa kasih refrensi pengalaman nya.

        Balas
        • 17 Agustus 2019 pada 22:54
          Permalink

          Kalo 100/90 sy blm pernah coba Om… Tapi sy pake ukuran 110/80 di roda belakang bisa banget.

          Kalo sebatas perkiraan,, sy rada yakin 100/90 juga bisa. Soale setelah di pasang pada velg standar, hasil dari 110/80 tidak akan jauh dari 100/90.

          Malahan secara lebar tapak ban,, 110 jelas lebih lebar dari 100. Itu pun sy pake aman.

          Mungkin si penjual yang bilang ngga bisa itu dia cuma takut salah. Khawatir kalo Om Bro nantinya complain & bannya di kembalikan ke penjual. Begitu asumsi sy.

          Balas
          • 19 Agustus 2019 pada 21:47
            Permalink

            Kalau menurut sampean cocok tidak bila ban depan spacy pakai 80/90 dan belakang pakai 100/90..

            Terlalu nungging tinggi belakang tidak..?

          • 19 Agustus 2019 pada 21:52
            Permalink

            Sy kira ngga akan berasa terlalu nungging Om… Masih normal.

            Kalo mau lebih seimbang kayaknya sih lebih enak ukuran depannya 90/90. Lebih seimbang dengan ukuran 100/90 di belakang. Tapi itu cuma bayangan sih,, soale sy sendiri blm pernah coba langsung.

  • 12 Juli 2019 pada 12:10
    Permalink

    Saya mau ninggikan spacy sy juga sesuai saran di blog ini. Sayangnya baru aja digantiin ban belakang dengan ukuran standar 90/90 sm sodara sy.
    Akhirnya sy putuskan ganti ban depan dulu sesuai saran yakni dgn ukuran 100/80.
    Setelah dipasang, langsung cus dipake jalan. Hasilnya tidak memuaskan, ban depan nyangkut slebor bagian dalam yg sambungan tengah. Sy bawa ke beberapa bengkel resmi / variasi, sarannya ada hrs ninggiin shock dan ganti ban standar.
    Setelah diam termenung beberapa saat, nemu ide buat dituker aja.
    Ane bawa ke tempat jual ban (semacam planet ban) buat di lukir. Jadi konfigurasi spacy ane skg:
    Ban depan 90/90
    Ban belakang 100/80

    Polisi tidur dah g gasruk lagi dan makin antep setelah modif pake roller 9gr + peer cvt 1500rpm.

    Balas
    • 12 Juli 2019 pada 22:29
      Permalink

      Nah itu betul. 90/90-nya yang dipasang di depan. Mantep Om. Makasih tambahan sharingnya.

      Balas
  • 21 Juli 2019 pada 05:20
    Permalink

    Saya ganti shock Vario dan ganti ban belakang 110.80. Tidak nyangkut polisi tidur, bisa standar tengah.

    Balas
    • 21 Juli 2019 pada 22:39
      Permalink

      Siap. Mantap Om… Makasih tambahan reviewnya.

      Balas
  • 6 Oktober 2019 pada 22:48
    Permalink

    Selamat malam Om,
    kalo sokbleker depannya biar tingga saya harus ganti apanya ya
    terima kasih

    Balas
    • 6 Oktober 2019 pada 22:54
      Permalink

      Sy blm punya remomendasi Om… Barangkali Om Bro bisa konsultasikan sama bengkel modifikasi.

      Temen sy pengguna Yamaha Xride sih ada yang di modif sambung as shock. Tapi sy ngga paham itu apakah aman atau ngga.

      Balas

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: