modif shock nmax

Modif Shock Nmax Lama Pakai Shock Tabung, Berapa Biayanya?

Motorisblog.com – Modif shock Nmax. Om Bro…!! Kalau kita bicara desain bodi dan performa mesin, Mtb rasa Yamaha Nmax sudah mantap dikelasnya. Dan itu bukan hanya perasaan Mtb saja… Terbukti dari penjualan bulanan, Nmax selalu unggul dibanding kompetitor terdekatnya, yakni Honda PCX. Tapi sayangnya, untuk generasi lama, ada lumayan banyak keluhan perkara suspensi Nmax yang cenderung keras.

Semua keluhan tersebut sebenarnya sudah direspon sangat baik oleh Yamaha, yakni dengan perbaikan di generasi berikutnya. Yamaha telah mengaplikasikan shock model tabung pada generasi baru Nmax yang mana lebih baik ketimbang versi lama. Rebound sedikit lebih lembut untuk yang versi subtank rear suspension.

Tapi bagaimana dengan konsumen lama yang sudah terlanjur membeli?

Jika sekiranya memang dirasa Om Bro ingin sekali menggantinya, bisa sih modif shock Nmax lama dengan kepunyaan versi baru. Tapi biayanya lumayan, berkisar Rp1,6 jutaan jika menggunakan shock original Nmax versi baru.

Ko, mahal?

Karena ada 3 part yang harus diganti, bukan hanya sepasang shock saja.

Apa sajakah itu?

Modif shock Nmax lama menggunakan shock Nmax baru

modif shock nmax
Ganti shock Nmax lama pakai shock tabung Nmax baru

Dari update blognya Lek Iwb (iwanbanaran.com), dikisahkan seorang tetangga Lek Iwb, yakni Kang Indra baru saja mengganti suspensi belakang Nmax miliknya dengan suspensi tabung original Nmax versi baru. Disana dijelaskan bahwa ada 3 bagian yang harus diganti, yaitu,

Sepasang suspensi

Bagian pertama ialah shock breakernya itu sendiri. Suspensi model tabung OEM Yamaha nmax 2018 (Kayaba) di dealer resmi Yamaha punya banderol Rp630.000/pcs. Berarti jadi Rp1.260.000 sepasang.

Kode partnya ialah 2DP-F2210-20-00.

Ganti box bagasi

Nmax versi baru menggunakan desain box bagasi yang berbeda dengan versi lama. Yaitu disesuaikan dengan model shocknya.

Pada Nmax versi subtank rear suspension, ada tonjolan yang memang disesuaikan pada posisi terpasangnya tabung suspensi.

Kalau dipaksakan bisa juga sih dengan memberi cowakan (melubangi) box bagasi. Tapi itu judulnya jadi merusak lah ya… Jadi ada lubang dibagasi. Nantinya jadi tidak aman jika Om Bro membawa barang-barang kecil didalam bagasi. Bisa jatuh keluar lewat lubang itu.

So… Lebih baik mengganti saja box bagasinya seharga Rp232.000.

Rear fender (spakbor belakang) juga harus diganti

Sama seperti box bagasi, desain spakbor juga berbeda antara Nmax lama dan Nmax baru. Pada Nmax baru, ada cekungan keluar yang dialokasikan sebagai lokasi tabung dari suspensi tersebut.

Harga spakbor belakangnya Rp55.000.

Jadi, dari ketiga part tersebut, totalnya adalah Rp1,547,000. Ditambah jasa pemasangan Rp85.000, maka total akhirnya adalah Rp1.633.000.

Bagaimana hasilnya?

Jelas berubah. Ayunan suspensi sedikit lebih baik… Tapi tidak total menghilangkan ciri khas suspensi tipe stiffnya Yamaha. Artinya, ngga empuk-empuk amat.

Faktor lain yang juga turut mempengaruhi kelembutan suspensi adalah karena Nmax menggunakan velg berdiameter 13 inch. Tidak seperti umumnya matic lain yang diameter velgnya 14 inch.

Hukum fisikanya, semakin kecil diameter roda, maka goncangan pun makin terasa. (Hukum fisika apa bukan ya? Wkwkwkwk….!! Maaf kalau salah).

Lantas, kenapa Yamaha harus menggunakan diameter roda yang lebih kecil dibanding produk lain?

Karena tentu ada sisi positifnya juga. Diameter pelek yang lebih kecil membuat distribusi tenaga dari mesin ke roda menjadi lebih responsif. Tarikannya jadi spontan. Selain itu juga, diameter kecil dibalut ban gambot pun mendukung tampilan motor yang lebih padat.

Sekilas perubahan Yamaha Nmax versi subtank rear suspension

Yamaha pada tahun 2017 memberikan sedikit perubahan pada Nmax 155 setelah 2 tahun eksistensinya di dunia persilatan motor. Perubahan terjadi pada speedometer, dimana kini menggunakan display backlight negatif LCD hitam dengan shape speedometer bagian dalam mengkotak. Tidak berubah total. Case (rumah) speedometernya masih tetap sama, yakni membulat seperti pada versi lawasnya.

Bagian lain yang berubah ialah itu tadi. Yamaha memberikan pilihan suspensi model tabung dari vendor KYB untuk diterapkan pada Nmax 155 VVA. Hasilnya… selain hanya lebih baik dalam kinerjanya, subtank suspension juga mendukung tampilan menjadi lebih gagah. (Mtb – Modif shock Nmax).

Tinggalkan Komentar