Mobil Terfavorit di Indonesia Telah Mencapai 2 Juta Unit Produksi

Motorisblog.com – Mobil terfavorit di Indonesia. Om Bro…!! Meskipun sudah bertahun-tahun Avanza menjadi mobil sejuta umat… Meskipun belakangan ini Xpander juga susul-menyusul penjualannya dengan Avanza, tapi keduanya masih terbilang baru di dunia persilatan mobil. Terutama Mitsubishi Xpander… So, kita belum tahu akan mampu eksis berapa lama kedua mobil tersebut.

Berbeda dengan Toyota Kijang yang terbukti telah puluhan tahun eksis dijalanan Indonesia.

Om Bro…!! Jika dilihat dari usia peredaran dan jumlah produksinya, mobil terfavorit sepanjang masa di Indonesia ialah Toyota Kijang. Terbukti dengan jumlah produksinya yang telah mencapai 2 juta unit di Indonesia.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 1 berhasil mencetak seri Kijang hingga 2 juta produksi bersama dengan lahirnya Kijang Innova Tipe V warna White Pearl bertransmisi matik pada akhir Juni 2018 lalu yang ditujukan untuk ekpor ke Saudi Arabia.

mobil terfavorit di Indonesia
Toyota Kijang Innova tipe V

Produksi total seri Kijang ke 2 juta tersebut sekaligus mengukuhkan porsi 57% dari jumlah total mobil Toyota dari pabrik TMMIN yang telah mencatat angka lebih dari 3,5 juta unit.

Sekilas tentang Kijang, mobil terfavorit di Indonesia

Kijang adah bentuk respons Toyota akan kebijakan Pemerintah Indonesia dalam pengembangan industri nasional dibidang alat angkut serbaguna pada pertengahan era 1970-an. Toyota Indonesia merancang Kijang sesuai dengan karakter spesifik pasar dan kondisi geografis Indonesia.

mobil terfavorit di indonesia
Toyota Kijang 1977

Toyota menciptakan generasi pertama Kijang dengan konsep Basic Utility Vehicle (BUV) pada Juni 1977. Kemudian setelahnya, Toyota mengembangkan Kijang menjadi bukan lagi sekedar mobil BUV, namun menjadi mobil serba guna.

mobil terfavorit di indonesia
Toyota Kijang 1981

Toyota Kijang Generasi kedua lahir pada tahun 1981 dan tidak lagi berkonsep kendaraan angkutan barang (commercial). Konsepnya berkembang menjadi mobil keluarga alias Multi-Propose Vehicle (MPV).

mobil terfavorit di indonesia
Toyota Kijang Super 1986

Pengembangan Kijang terus dilakukan bukan hanya dalam hal konsep desain, namun juga dengan terus menambah Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Bermula dari 19% pada generasi pertama, naik menjadi 30% di generasi kedua, 40% di generasi ketiga (Kijang Super/1986) hingga 53% pada generasi keempat (Kijang Kapsul/1997).

mobil terfavorit di indonesia
Toyota Kijang Kapsul 1997

Tidak berhenti sampai disitu, kandungan lokal Toyota Kijang terus meningkat pada generasi kelima (seri Innova) hingga 75%. Bakan mencapai 85% pada generasi keenam (Grand New Kijang Innova).

Keberhasilan Toyota Indonesia dalam peningkatan kandungan lokal tentu bukanlah hasil kerja sendirian. Faktor lain yang mendukungnya adalah dengan berkembangnya jumlah pemasok lokal yang mulanya hanya 8 perusahaan pada tahun 1977 menjadi 139 perusahaan dimasa sekarang.

Evolusi Toyota Kijang dari kendaraan komersial berteknologi sangat sederhana diera 1970-an, kini telah menjadi MPV global yang diakui dunia.

Nama Toyota Kijang tak lepas dari pengaruhnya terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional secara signifikan. Toyota Kijang series juga telah mampu menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk pasar domestik dan ekspor berstandar internasional. Dan yang Mtb fikir paling penting, kemajuan industri otomotif nasional sudah barang tentu mampu menyerap banyak tenaga kerja Indonesia.

Terakhir… Toyota Kijang juga merupakan “pembuka jalan” bagi model-model mobil Toyota lainnya untuk bisa diproduksi secara lokal di Indonesia. (Mtb – Mobil terfavorit di Indonesia).

Tinggalkan Komentar